pasar berjangka adalah apa lur

Pasar Berjangka adalah pasar tempat jual beli komoditas, mata uang asing, dan surat berharga yang penyerahannya dilakukan, pada waktu mendatang seperti pasar devisa berjangka atau forward market, pasar tunai atau future market adalah pengertian pasar berjangka dari Otoritas Jasa Keuangan.

Individu atau seseorang yang ingin bertransaksi pada pasar berjangka harus memenuhi syarat terlebih dahulu dengan membuat akun pada pialang yang terdaftar.

Pada pasar berjangka tersedia fungsi kliring dan penyelesaian. Sederhana, pasar berjangka adalah pasar yang terdapat banyak komoditas berjangka, indeks berjangka, serta opsi kontrak yang berjangka pada saat dilakukan perdagangan.

Walaupun pada pasar berjangka antara pembeli dan penjual tidak saling mengetahui, diwajibkan adanya kesepakatan dengan pengikat kontrak. Hal ini dilakukan sebagai standarisasi dalam pelaksanaan pasar berjangka ini.

Pengertian Pasar Berjangka

Pada paragraf diatas sudah dijelaskan dengan rinci bahwa pasar berjangka adalah futures market dimana prose jual belinya terdapat kontrak futures berlangsung. Kontrak yang diberlakukan pada mekanisme pelaksanaan pasar berjangka adalah standarisasi dari pasar berjangka itu sendiri.

Kontrak yang dibuat sebagai mekanisme standar dari pasar berjangka berisi tentang kesempatan untuk membeli atau menjual komoditas berupa kuantitas, kualitas, waktu, jenis, serta jangka waktu yang disepakati.

pasar berjangka contohnya apa saja lur

Dalam kotak pasar berjangka tidak ada pasar sekunder. Seluruh kontrak yang bersangkutan dengan subjek kontrak wajib didaftarkan pada otoritas bursa setempat sampai kontrak diciptakan oleh bursa, dan seluruh kontak di pasar berjangka merupakan kontak primer.

Dalam pasar berjangka hanya barang berkomoditas saja yang harganya dinegosiasikan. Dengan kata lain pasar berjangka adalah wadah untuk menghindari resiko, sebab adanya kontrak berjangka, sehingga faktor yang menyebabkan harga komoditas primer dapat diperkecil.

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Penyelesaian Transaksi Di Pasar Berjangka

Ada 4 cara untuk menyelesaikan transaksi pada pasar berjangka untuk menutup posisi. Cara –cara tersebut yaitu transaksi secara likuidasi, transaksi secara tukar menukar fisik berjangka, transaksi secara penyerahan fisik aset turunan, dan transaksi secara tunai.

Penjamin Transaksi Pada Pasar Berjangka

Pasar berjangka memiliki kontrak derivatif yaitu kontrak yang sering kali memiliki tingkat harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan asset acuan atau underlying asset. Hal ini akan membuat salah satu pihak akan mengalami kerugian yang tidak bisa dihindari ketika bertransaksi.

Transaksi yang aman adalah ketika para pihak yang terlibat melakukan kewajibannya dan tidak memiliki alasan untuk menghindari kewajibannya tersebut. Sehingga akan tercipta situasi kondisi perdagangan pasar berjangka yang aman.

Tapi, hal ini sangat sulit diterapkan pada transaksi kredit, dan silit mengatur penetapan batas transaksi, dan rumit untuk memberikan peraturan kepada setiap pelaku transaksi. Sebab itulah pasar berjangka menjadi kehilangan daya tariknya.

Untuk menghindari hal yang tidak menyenangkan terbut. Di pasar berjangka terdapat lembaga kliring yang berfungsi untuk menjamin seluruh hak, dan memastikan kewajiban seluruh pihak yang terlibat pada transaksi pasar berjangka.

Lembaga kliring akan melakukan fungsi substitusi untuk transaksi kontrak berjangka yang sebelumnya sudah didaftarkan oleh anggota kling pembeli dan penjual.

Berikut dibawha ini adalah cara Lembaga kliring untuk penjamin dan mengelola resiko yang nanatinya akan dihadapinya yaitu:

  • Melakukan pembinaan serta pengawasan kepada setiap anggota kliring dengan melihat kondisi setiap keuangan para anggota
  • Melakukan pemungutan dan pengelolaan margin
  • Melakukan Penyesuaian harga harian
  • Melakukan pemisahan dana anggota kliring pada seitan rekening yang terpisah
  • Dana Klriing
  • Menaliukan penggukangan janji bayar yang dihindari.

Contoh Lembaga Yang Mengatur Pasar Berjangka

Lembaga independen yang sering disebut self regulatory organizations atau SRO merupakan lembaga yang mengatur seluruh transaksi pada pasar berjangka. Berikut dibawah ini adalah beberapa lembaga yang mengatur regulator pasar berjangka di beberapa negara.

  • Australia, Australian Securities and Investments Commission (ASIC)
  • China, China Securities Regulatory Commission (CSRC)
  • Hong Kong , Securities and Futures Commission (SFC)
  • India, Securities and Exchange Board of India (SEBI)
  • Singapore, Monetary Authority of Singapore, MAS)
  • Inggris, Financial Services Authority (FSA)
  • Amerika, Commodity Futures Trading Commission (CFTC)
  • Indonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).
  • Prancis, French Commission des Operations de Bourse (COB)
  • Jerman, Bundesaufsichtsamt Fur der Wertpapierhandel (BAWE)
  • Irlandia, Central Bank of Ireland (CBI)
  • talia, Commissione Nazionale per le Società e la Borsa (CONSOB)
  • Belanda, Securities Board of Netherlands (STE)
  • Québec, Commission des Valeurs Mobilières du Québec (CVMQ)
  • Afrika Selatan, Financial Services Board of South Africa (FSB)
  • Spanyol, Comisión Nacional del Mercado de Valores (CNMV)
  • Malaysia, Securities Commission Malaysia (SC Malaysia)

Pelaku Di Pasar Berjangka

Setelah kamu mengetahui pengertian pasar berjangka serta beberapa contoh lembaga yang mengatur regulasi dari pasar berjangka, kini kamu juga harus mengetahui tentang pelaku yang terlibat pada transaksi berjangka di Indonesia.

Pasar berjangka di Indonesia diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka komoditi, yang berfungsi untuk menetapkan regulasi pada pasar berjangka.

Seluruh orang yang sudah melakukang pendaftaran melalui pilang yang merupakan penengaj akan ditunjuk oleh bursa dan dapat bertansaski di pasar berjangka.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Fungsi- Fungsi Pasar Berjangka

Pasar Berjangka memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Transaksi Margin

Transaksi adalah transaksi pada kontrak berjangka yang biasanya sekitar 1/10 dari nilai penjualan sebenarnya

Standarisasi Kontrak

Sudah ditransaksikan melalui pasar berjangka dan memiliki jumlah nilai yang ditentukan dengan sistem lot.

Hedging

Pembelian dua buah kontrak yang dilakukan oleh pembeli yang menutup kontrak kapan saja bahkan sebelum kontak jatuh tempo.

Short-selling

Jual kosong merupakan potensi untuk melakukan transaksi jual dulu yang bersamaan dengan menunggu harga turun dan kemudian membelinya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah,demikianlah informasi dari pasar berjangka yang harus kamu ketahui.

Instagram