Bisnis Kosan 10 Kamar – Belajar Bisnis Kos

Bisnis kosan 10 kamar sempat ramai diperbincangkan. Berbisnis kost-kostan merupakan bisnis yang akan memberikan kamu untung yang sangat banyak. Akan tetapi kamu tidak bisa langsung membuat bisnis kost-kostan kamu menjadi besar.

Segala bisnis termasuk bisnis kost-kostan memerlukan beberapa tahap dan proses agar nantinya menjadi bisnis besar yang menjanjikan dan tentunya membuat tabungan kamu semakin gendut.

Kamu perlu melihat banyak sisi, salah satunya satu dalam sisi modal. Seberapa sanggup kamu mengeluarkan modal untuk bisnis kost-kostan.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Kamu harus menghitungnya dengan sangat akurat dan tidak boleh ada kesalahan. Agar nantinya bisnis kos-kosan yang kamu bangun menghasilkan hasil yang maksimal.

Kamu dapat memulai bisnis kos-kosan dari membangun sekiat 10 kamar kost. Dimana 10 kamar kos dengan modal yang dipergunakan dengan baik, nantinya akan membuat kamu mendulang untung.

Nah, buat kamu yang ingin memulai bisnis kosan mulai dari 10 kamar. Mari simak pembahasan di bawah ini tentang simulasi perhitungan dan keuntungannya berbisnis kos-kosan.

Biaya Membuat Bisnis Kosan 10 Kamar

Bisnis Kosan 10 Kamar – Belajar Bisnis Kos

Dibawah ini akan diberikan contoh perhitungan pembuatan 10 kamar kosan dimana seluruh biaya sudah termasuk biaya membeli tanah. Silahkan disimak dengan baik!

Contoh perhitungan biaya pembuatan kosan 10 kamar

Bapak Adi ingin membangun kosan dengan luas kamar 3×4 meter. Tanah yang ia miliki yaitu sebesar 12 meter persegi.

Harga tanah yang ia beli per meter perseginya yaitu 1 juta. Maka untuk membangun setiap kamar kostnya biaya yang ia keluarkan sekitar 2 juta per meter persegi.
Rincian Biaya:

- Biaya membeli tanah : 120 m2 x 1 juta = 120 juta
- Bangun kos 1 kamar : 12 m2 x 2 juta = 24 juta

Kesimpulannya untuk membangun 10 kamar dengan perhitungan diatas Pak Adi membutuhkan biaya 240 juta yang didapatkan dari perhitungan:

Biaya membangun 10 kamar kos = 24 juta x 10 kamar = 240 juta.

BIaya total keseluruhan untuk mambangun 10 kos kamar, dihitung mulai dari membeli tanahnya yaitu:

120 juta (biaya beli tanah) + 240 juta (biaya bangun 10 kamar kos) = 360 juta.

Perhitungan Balik Modal

Setelah melihat rincian seperti diatas, kamu bertanya-tanya uang sebanyak itu kapan akan balik modal? Nah, untuk menjawab pertanyaan kamu, mari simak perhitungannya dibawah ini!

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Perhitungan Balik Modal 10 Kamar Kos

Misalkan harga sewa setiap kamarnya yaitu 400 ribu/ bulan maka perhitungan balik modalnya yaitu:

10 kamar kos dengan modal 360 juta, harga sewanya harus mencapai angka tersebut agar balik modal yang berate harga setiap kamarnya yaitu 36 juta.

Harga sewa 36 juta akan kamu dapatkan atau balik modal yaitu sekitar 90 bulan atau 7,5 tahun. Dengan perhitungan.

Balik Modal = 36 juta / 400 ribu = 90 bulan atau 7,5 tahun

Kesimpulannya dari perhitungan diatas kamu akan mendapatkan modal kamu kembali selama 7,5 tahun. Tapi kamu harus ingat banyak hal-hal yang berubah yang dipengaruhi banyak faktor.

Kamu bisa mengubah angka-angka tersebut sesuai kemampuanmu dengan metode perhitungan yang sama.

Tips Sukses Bisnis Kosan 10 Kamar

Setelah kamu mengetahui seberapa besar biaya yang diperlukan dan berapa lama balik modal. Kini, saatnya kamu harus mengetahui tips-tips agar kosan 10 kamar kamu mendapatkan profit yang sangat maksimal sehingga tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Berikut dibawah ini adalah tips sukses bisnis kosan 10 kamar, yang akan membuat bisnis kosan kamu berkelanjutan dan sesuai harapan

1. Mengurus Perizinan

Sebelum kamu membangun kos-kosan kamu harus mencari tahu tentang perizinan apa saja yang diperlukan agar kos-kosan kamu tidak menimbulkan masalah nantinya. Salah satu perizinan yang harus kamu miliki yaitu Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan banyak dokumen lainnya yang harus kamu sempurnakan.

Agar kos-kosan yang kamu bangun tidak menimbulkan masalah. Kamu harus mendapatkan izin tetangga bahwa kamu ingin mendirikan kos-kosan.

Izin tetangga tersebut berguna untuk pegangan kamu, dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Promosi Kosan

Setelah kos-kosan 10 kamar milik mu berdiri dengan gagah dan cantik. Kamu harus mulai berpromosi agar orang-orang di lingkungan tersebut atau orang-orang yang sedang membutuhkan kos-kosan mengetahui bahwa ada kosan 10 kamar yang kosong dan baru di bangun.

Biasanya orang akan sangat tertarik dengan bangunan baru karena bersih dan lingkungannya pasti akan sangat nyaman.

Kamu bisa promosi lewat media sosial yang gratis. Atau pasang iklan di akun-akun besar di kota kamu agar penyebaran iklannya lebih luas, dan kamu lebih cepat mendapatkan pelanggan.

3. Menjaga Kebersihan Kosan

Meskipun Kosan kamu didalamnya tidak ada penghuninya, kamu harus tetap rajin membersihkan isi dari kamar kosan tersebut. Agar kamar tidak rusak dan lembab jadi apabila nanti ada yang ingin mengisi kamar kosan tersebut sudah siap dan bersih.

Kebersihan juga merupakan salah satu faktor kesuksesan dari bisnis kos-kosan. Kamu harus mampu menjaga dan merawat kebersihan lingkungan kosan kamu.

4. Keamanan

Tips sukses kosan 10 kamar selanjutnya yaitu memperhatikan aspek keamanan. Karena seperti yang kamu ketahui kejahatan di kos-kosan sangat tinggi.
Oleh karenanya kamu sebagai pemilik kos harus menyiapkan dengan baik keamanan kosan. Seperti adanya security dan cctv di sudut-sudut luar kosan untuk meminimalisir kejahatan yang ada.

Demikianlah informasi bisnis kosan 10 kamar yang wajib kamu ketahui. Berbisnis kosan tidak bisa langsung besar, meskipun kamu memiliki modal yang sangat banyak kamu harus memulainya dari kecil untuk belajar mengelola kosan.

Karena jika kamu memulainya dari suatu yang besar sedangkan kamu tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Bisnis kosan yang seharusnya memberikan kamu keuntungan nantinya malah akan menimbulkan kerugian yang tidak kamu inginkan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Jadi, buat kamu yang ingin menjadi juragan kos-kosan bisa mulai dari kosan 10 kamar yang keuntungannya akan kamu dapatkan secara bertahap, sambil kamu belajar mengelola kosan ini. kamu bisa membangun pintu kosan lainnya.

Instagram