Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan

Menginginkan penghasilan lebih yang menguntungkan untuk jaminan masa depan dengan cara berinvestasi. Salah satu kegiatan penanaman modal yang sangat menjanjikan untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Sekarang ini banyak kalangan yang melirik bisnis properti salah satunya investasi rumah kontrakan. Kebutuhan akan rumah hunian yang kian naik seiring berjalannya waktu tidak akan membuat harganya menurun dan justru selalu naik.

Investasi Properti Rumah Kontrakan Sangat Menggiurkan di Indonesia

Indonesia masih berada pada backlog atau bisa dikatakan defisit rumah sebab rendahnya tingkat pasokan jika dibandingkan dengan kebutuhannya. Data tahun 2020 dari pemerintah, backlog perumahan kurang lebih 7.64 unit terdiri atas 6.48 juta rumah bagi masyarakat dengan penghasilan rendah.

Dengan melihat data tersebut bisa dikatakan bahwa banyak sekali orang yang sedang membutuhkan tempat tinggal. Terdapat kesenjangan di antara kebutuhan hunian rumah dan ketersediaan rumah, karena masih banyak orang yang sampai sekarang ini belum bisa memenuhi kebutuhan primer khususnya di kota besar.

Cara Memulai Investasi Menjanjikan Rumah Kontrakan

Memandang usaha properti rumah kontrakan memang terlihat sepele dan sangat sederhana. Akan tetapi kamu perlu mempertimbangkannya karena bisa mengoptimalkan penghasilan lebih besar.

Kamu bisa memulai bisnis properti ini dengan modal kecil asal mengetahui strategi dalam melakukannya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai bisnis properti rumah kontrakan.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Mencari daerah kawasan industri

Kawasan industri akan selalu tumbuh seiring berjalannya waktu yang ditandai dengan adanya pabrik. Tidak hanya itu saja kawasan ini juga tumbuh pusat perekonomian, pemukiman baru, komersil, menambah rantai ekonomi serta bisnis.

Akan tetapi penggeraknya yakni pegawai pabrik, mereka bisa mendapatkan uang serta membutuhkan banyak hal agar bisa menunjang kehidupan. Salah satunya kebutuhan primer hidup manusia papan, sandang dan pangan.

Membandingkan harga tanah setiap kawasan untuk investasi

Kunci dari membuka bisnis properti untuk rumah kontrakan dengan melakukan survei harga tanah di setiap kawasan. Untuk kamu yang ingin melakukan penanaman modal pada rumah kontrakan bisa mencari harga tanahnya rendah.

Sebab harga tanah merupakan faktor utama dalam sebagai penyumbang besar kecilnya modal yang kamu miliki. Makin kecil modalnya maka semakin besar untuk kamu mendapatkan keuntungan atas kembalinya modal awal.

Membandingkan rate

Membuka bisnis rumah kontrakan tidak bisa langsung buka dan menawarkan begitu saja. Kamu harus bisa membandingkan rate atas berapa harga sewa dari kontrakan untuk setiap bulannya.

Kamu bisa melontarkan pertanyaan ini saat melakukan pembelian tanah yang akan dibangun sebagai rumah kontrakan. Sebab jika kamu memasang harga terlalu tinggi dari rate sekitar maka rumah kontrakan kamu tidak akan laku, begitupun dengan memasang harga cukup rendah bisa membuat kamu merugi.

Memprediksi masa depan

Cara yang lain untuk memulai investasi properti rumah kontrakan dengan memprediksi mada depan dari perkembangan daerah. Sehingga kamu harus mengetahui kondisi sekitar apakah akan ada perkembangan untuk beberapa tahun ke depan.

Kamu bisa melakukan perkiraan tersebut dengan cara melihat pembangunan infrastruktur, tingkat dari kegiatan ekonomi hingga rencana lain yang sumbernya dari pemerintah. Karena prediksi ini akan berpengaruh besar pada keberadaan bisnis properti rumah kontrakan kamu.

Keberadaan lokasi tanah

Setelah kamu melakukan langkah di atas maka mulailah dengan hal yang lebih spesifik. Yakni melakukan pemilihan lokasi dan temukan lokasi yang cukup strategis dekat dengan fasilitas umum, sedang berkembang, aman dan nyaman sebagi tempat hunian.

Denah lokasi rumah kontrakan

Dalam hal ini kamu perlu untuk membuat perencanaan untuk secara matang bagaimana denah rumah kontrakan. Biasanya rumah untuk kontrakan karyawan pabrik dengan model bentuk petak.

Kamu perlu mempertimbangkan juga untuk menyediakan area parkir, ruang terbuka, tumbuhan hijau agar bisa membuat suasana nyaman bagi penghuninya. Denah seperti ini sangat penting di kota besar untuk menarik minat calon penghuni rumah kontrakan.

Ketersediaan sumber air

Kamu tidak boleh melewatkan pemeriksaaan cara untuk mendapatkan air di kawasan tersebut mudah atau sulit. Meskipun jarang sekali orang yang berpikir tentang hal ini namun ketidaktersediaan air bersih bisa menjadi sebuah masalah besar.

Pastinya kamu tidak mau capek untuk membangun rumah kontrakan namun tidak dapat menjadi tempat hunian jika tidak ada air bersih. Sehingga penting untuk kamu memikirkan hal kecil seperti ini yang justru menimbulkan masalah besar.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Keuntungan Investasi untuk Rumah Kontrakan

Banyak pertimbangan pastinya untuk memulai bisnis properti rumah kontrakan. Berikut terdapat beberapa keuntungan dari membuka rumah kontrakan di kota besar:

Rumah kontrakan mempunyai banyak peminat

Seiring meningkatnya ekonomi di kelas menengah yang isinya adalah kaum muda memunculkan kesadaran diri untuk hidup mandiri setelah menikah. Akan tetapi seringkali pasangan baru ini tidak mempunyai cukup dana untuk mempunyai rumah sendiri yang mengharuskan menyewa rumah atau mengontrak.

Minat sewa rumah di kalangan masyarakat kota masih terbilang cukup tinggi seperti rumah yang berada pada ruang publik vital. Seperti halnya pusat belanja, terminal, perkantoran, tempat untuk akses angkutan umum, rumah sakit dan lainnya.

Harga sewa terus meningkat setiap tahunnya

Seiring meningkatnya harga dari pasaran tanah dan rumah membuat harga sewa untuk rumah kontrakan juga meningkat pesat. Banyak sumber yang menyarakan untuk harga sewa rumah kamu tidak kurang dari 5 persen dari harga jual rumah.

Capital gain relatif tinggi

Capital gain merupakan keuntungan yang akan kamu dapatkan dari melakukan investasi. Saat melakukan penanaman saham maka kamu secara otomatis mendapatkan keuntungan lebih besar.

Hal itu tentunya jika dibandingkan dengan jenis dari penanaman modal untuk properti yang lainnya seperti tanah. Rumah kontrakan tentunya bisa memberikan penghasilan yang tinggi untuk kamu.

Demikianlah beberapa penjabaran untuk kamu tentang investasi properti rumah kontrakan yang dapat dipelajari. Rumah kontrakan mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan tinggi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram