Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website

Apa yang kamu tahu tentang strategi pemasaran tempat hiburan? Tempat hiburan yang paling menarik di Indonesia yakni destinasi wisata alam ataupun buatan. Mengingat sekarang ini banyak tempat wisata baru yang membutuhkan strategi pemasaran untuk dikenalkan pada publik.

Banyaknya tempat wisata ini karena meningkatnya keinginan masyarakat untuk mencari hiburan setelah melakukan banyak kegiatan setiap hari. Berkunjung ke tempat hiburan bisa membuat pikiran menjadi lebih fresh dan tidak jenuh lagi.

Peluang pasar pada bagi wisatawan

Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website

Sebelum membahas mengenai bagaimana strategi pemasaran yang digunakan untuk promosi tempat wisata, kita lihat peluang pasar di Indonesia. Pergerakan kunjungan wisata sekarang ini banyak didominasi oleh kaum millenials yang terlihat dari berbagai macam foto dan video terunggah di media sosial.

Maka dari itu tempat wisata mempunyai potensi yang sanat menjanjikan, meskipun dengan wisata baru sekalipun ketika diunggah di media sosial maka banyak kemungkinan akan viral. Hal inilah yang menjadikan tempat wisata banyak dikenal oleh kalangan masyarakat dalam waktu cepat.

Cara Wisatawan dalam Merencanakan Perjalanan Wisata

Di era digital ini mengunjungi sebuah tempat sudah bukan perkara yang sulit untuk dilakukan. Pasalnya para wisatawan sekarang bisa merencanakan perjalanan ke tempat hiburan wisata dengan mencari kelengkapan informasi di internet.

Berikut ini beberapa fase dari pada wisatawan dalam membuat perencanaan perjalanan ke tempat hiburan yang banyak mengalami perubahan:

1. Mendapatkan informasi secara lengkap di internet

Kemudahan dalam menggunakan media sosial membuat semuanya menjadi serba cepat. Salah satunya dalam mendapatkan informasi seputar tempat wisata atau hiburan.

Banyak orang melakukan perjalanan karena mendapatkan informasi dan rekomendasi. Baik itu dari cerita secara langsung oleh teman, kerabat dan keluarga ataupun dari foto juga video yang tengah beredar di media sosial.

2. Mencari informasi serta membuat perencanaan

Tanpa disadari keberadaan dari media sosial ini sebagai platform untuk melakukan strategi pemasaran terbaik. Saat kamu mendapatkan informasi dari media sosial, maka akan mencari informasi secara detailnya.

Pada fase ini biasanya akan bertanya secara langsung pada pemilik akun media sosial ataupun mencarinya di mesin pencarian. Maka dari itu, ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi destinasi wisata untuk menyediakan informasi secara lengkap kepada calon pengunjungnya.

3. Melakukan reservasi

Pemilihan ini biasanya jika memang waktunya sudah bener-benar matang, maka seseorang akan mengurus beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk bepergian. Bahkan ia akan membuat reservasi pada tiket wisata agar tidak kehabisan apalagi jika ke tempat hiburan pada hari libur panjang.

Dengan begitu destinasi bisa menyediakan informasi terkait nomor telepon, fasilitas yang disediakan, harga tiket masuk ataupun cara melakukan reservasi sebagai bentuk strategi pemasaran. Informasi yang lengkap akan memudahkan calon pengunjung mempertimbangkan untuk datang ke lokasi.

4. Mencari dan mendapatkan pengalaman di destinasi

Tempat hiburan sebagai lokasi yang tepat untuk berburu hal unik seperti oleh-oleh, souvenir, pakaian dan lainnya. Dalam kunjungan ke tempat hiburan tidak mungkin bagi wisatawan tidak membelanjakan uangnya, hal inilah yang memberikan pengalaman bagi para wisatawan.

5. Membagikan pengalaman

Keberadaan media sosial sebagai tempat untuk menyampaikan banyak hal. Salah satunya bagaimana pengalaman wisatawan setelah berkunjung ke sebuah tempat hiburan.

Jika para wisatawan merasa senang saat berada di lokasi, pengalaman ini akan dibagikan di media sosial. Maka penting bagi tempat wisata mempunyai akun media sosial agar termention dan menaikkan citra dari tempat wisata.

Strategi Pemasaran Tempat Hiburan

Melakukan pemasaran secara digital tidak lantas mematikan keberadaan pemasaran konvensional. Jika dilakukan secara seimbang maka akan saling menguatkan dan berpotensi mendatangkan banyak wisatawan.

Namun kita juga harus mengikuti perkembangan teknologi dalam dengan memanfaatkan platform digital. Inilah strategi guna memasarkan tempat hiburan menggunakan media digital:

1. Membuat Google My Business atau Google Bisnisku untuk strategi pemasaran

Google Bisnisku merupakan aplikasi gratis yang disediakan oleh Google dalam mengatur keberadaan dari tempat hiburan. Google Bisnisku dapat digunakan untuk melakukan interaksi dari pengelola dengan calon wisatawan secara online.

Manfaat dari penggunaan Google Bisnisku antara lain:

• Membuat tempat hiburan lebih terkenal dan memudahkan dalam akses oleh para calon wisatawan
• Memudahkan calon wisatawan dalam menemukan lokasi wisata sebab terdapat alamat lengkap yang dapat diakses dengan menggunakan Google Maps
• Memberikan kemudahan bagi para wisatawan untuk menilai atau meninggalkan ulasan atas pengalaman selama di lokasi tempat hiburan atau wisata
• Memudahkan pengelola dari tempat hiburan untuk menganalisa tren dari perjalanan para wisatawan

2. Membuat konten di website

Website merupakan salah satu platform yang tepat untuk kamu mengoptimalkan sajian konten. Konten yang diusung terkait informasi secara lengkap dari tempat wisata sebagai literasi bagi para calon wisatawan sebelum berkunjung.

Pengembangan website ini bisa dengan mudah menyajikan foto ataupun video yang mempunyai resolusi berkualitas tinggi. Tempat wisata yang memiliki website dianggap mempunyai pengelolaan secara profesional.

3. Mengoptimalkan penggunaan media sosial

Dalam melakukan strategi pemasaran sangat tepat jika kamu memanfaatkan media sosial untuk mendistribusikan konten menarik dari tepat hiburan. Media sosial menjadi platform untuk promosi yang sangat efektif.

Maka dari itu pihak pengelola dari lokasi tempat hiburan bisa menggunakan berbagai macam pilihan media sosial. Seperti halnya Instagram, Twitter, Facebook, Youtube ataupun Tiktok.

4. Menjalin hubungan kerjasama

Kerjasama memberikan potensi yang cukup besar dalam memasarkan tempat hiburan ke publik dalam lingkup yang lebih luas lagi. Banyak sekali conten creator sekarang ini yang mempunyai channel Youtube ataupun Instagram dengan pengikut banyak.

Dengan begitu gerakan dari pihak tersebut akan membawa pengaruh besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Kerjasama yang dilakukan bisa dengan fotografer, travel blogger, travel vlogger, selebgram atau yang lainnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui mengenai strategi pemasaran pada tempat hiburan. Dengan memanfaatkan media digital mampu meningkatkan kunjungan dari wisatawan.

Instagram