Flora dan Fauna di Singapura di Tempat Wisata Menarik untuk Dikunjungi

Singapura memiliki banyak flora dan fauna yang sangat mengagumkan dan tersedia berbagai macam. Flora dan fauna di Singapura ini banyak terdapat di kawasan bukit Timah sebagai cagar alam baik untuk flora dan fauna.

Cek Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk bayar BPJS

Meskipun sebagai negara yang terbilang memiliki wilayah sangat kecil di lingkup Asia namun bukan berarti Singapura tidak mempunyai flora dan fauna. Sehingga tidak hanya terlihat dari segi kota yang memiliki gedung pencakar langit di segala arah dan sisi perkotaan.

Flora dan Fauna di Singapura di Tempat Wisata Menarik untuk Dikunjungi

Tempat Wisata Flora dan Fauna di Singapura

Ketersediaan flora dan fauna bahkan bisa dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat menarik di Singapura. Inilah beberapa tempat yang memiliki kawasan flora fauna dan bisa dikunjungi secara langsung:

1. Garden by The Bay

Salah satu atraksi yang dapat dikunjungi seperti halnya Garden by The Bay dengan kecanggihan dari mahakarya dari tangan manusia dan keindahan dari flora alaminya semakin bersatu. Daya tarik yang ditawarkan oleh tempat wisata ini adalah Flower Dine Conservatory, Supertree Groove dan juga Cloud Forest Conservatory.

Flower Dome adalah rumah kaca terbesar yang ada di sunia dengan luasnya mencapai 1,2 hektar dengan musim semi sepanjang tahun yang memiliki festival tulip disebut dengan Tulipmania Rediscovered dan disulap seperti zaman persia kuno.

Menariknya cloud florest sebagai bagian dari rumah flora langka yang asalnya dari ketinggian kurang lebih 2.000 mdpl.

2. Singapura Zoo

Apabila ingin mengenal flora dan fauna di Singapura salah satunya dengan mengunjungi Singapura zoo yang tersedia berbagai macam hewan lucu dan pastinya langka. Waktu kunjungan sebaiknya dilakukan pada pukul 08.00 sampai 18.00 namun alangkah baiknya datang pada pagi hari agar lebih puas menikmati keindahan Singapura zoo dan isinya.

Untuk berkeliling di kawasan Singapura zoo ini akan lebih menghemat tenaga dan waktu dengan naik Guided Tram Ride. Dengan demikian tidak perlu melihat sekelilingnya berjalan kaki hingga 1 km lebih.

3. Singapore Botanic Gardens

Salah satu tempat yang merupakan kawasan flora dan fauna di Singapura dengan usianya telah mencapai 163 tahun ini berada di kawasan pinggiran distrik perbelanjaan Orchard Road di Singapura. Taman ini menduduki posisi ketiga taman dan satu-satunya taman tropis yang menjadi situs warisan dunia UNESCO.

The Botanic Gardens sudah mendapatkan peringkat sebagai objek taman wisata terbaik sejak tahun 2013 silam. Kebun raya telah berdiri sejak tahun 1859 di lokasinya yang sekarang ini.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

4. Cagar Alam Lahan Basah Sungei Buloh

Cagar alam Sungai Buloh sebagai tempat flora dan fauna di Singapura ini merupakan cagar lahan basah pertama kalinya yang ditetapkan oleh negara Singapura. Selain hal itu sebagai penunjang kepentingan global sebagai titik perhentian untuk burung yang telah migrasi dan masuk ke cagar alam tersebut.

Cagar alam yang satu ini mempunyai luas kawasan sekitar kurang lebih 130 hektar dan telah terdaftar sebagai Taman Warisan ASEAN sejak tahun 2003. Di dalamnya cagar alam ini terdapat flora dan fauna yang sangat banyak dan juga beragam.

5. Bukit Timah

Flora dan fauna di Singapura yang selalu terlupakan adalah bukit Timah sebagai kawasan wisata untuk pendakian ke puncak Timah. Dengan datang ke bukit tertinggi di Singapura ini akan menemui berbagai macam flora dan fauna di sepanjang jalan.

Hal ini dikarenakan bahwasannya bukit Timah merupakan salah satu bukit yang dijadikan sebagai cagar alam untuk flora dan fauna di dalamnya. Tidak heran jika bervariasi mengingat keberadaan flora dan fauna sudah sangat beragam sehingga harus hati-hati saat berkunjung.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Program yang Berhubungan Flora di Singapura

Dalam menggalakkan banyak tumbuhan di Singapura terdapat beberapa program yang hubungannya dengan flora. Inilah beberapa program dengan tema flora di Singapura:

1. Rencana Hijau Singapura 2012

Salah satu program yang telah dibuat sejak tahun 2002 dan Rencana Hijau Singapura 2012 merupakan cetak biru secara nasional untuk 10 tahun. Hal ini bertujuan untuk membangun lingkungan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

2. Program Community In Bloom

Program di Singapura yang mendorong para masyarakat untuk melakukan kegiatan cocok tanam di are hijau. Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama guna menciptakan taman agar bisa dinikmati oleh semua orang yang berkunjung.

3. The Singing Forest

Koleksi baru pepohonan asli yang sangat menarik ini didirikan di daerah Southern Ridges guna menyediakan berbagai varian sumber makanan yang tepat. Selain itu juga digunakan sebagai tempat berteduh dan bersarangnya berbagai macam burung.

Saat mengunjungi program yang satu ini maka bisa dilakukan penanaman tambahan dari jenis pohon yang sesuai akhirnya dapat memberi peluang kesempatan untuk belajar. Dengan demikian semua orang bisa lebih menghargai berbagai macam koleksi dari burung yang ada dan pohon.

4. Proyek Penjaga Alam

Program Penjaga Alam merupakan salah satu program pertama kalinya bagi siswa sekolah dasar yang memiliki fokus pada hutan lokal dan penghuni flora fauna. Adanya program ini mampu mengembangkan minat dari para kaum muda serta menanamkan apresiasi di dalamnya pada hutan di Singapura.

Program yang satu ini melalui siswa lapangan teoritis serta lapangan mengenai delapan topik yang nantinya akan terlaksana selama 2 tahun. Kegiatan ini dilakukan di Bukit Timah serta cagar akan Central Catchment dengan tujuan membina relawan muda untuk melindungi warisan alam.

5. Hutan Raksasa Sembcrop

Galeri hidup pohon raksasa yang digunakan untuk penelitian dan pendidikan. Dengan demikian dana atas program pendidikan hijau nantinya bermanfaat bagi masyarakat dan bentuk upaya guna meningkatkan keberagaman hayati di kawasan kota di Singapura.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian penjabaran terkait flora dan fauna di Singapura yang dapat kamu ketahui. Selain tempat wisata yang menyimpan flora fauna juga terdapat program yang berhubungan dengan flora.

Instagram