Memahami Arti Bendera Singapura dan Sejarah Adanya Bendera

Apa arti Bendera Singapura? Seperti yang diketahui bahwa bendera Singapura cukup mirip dengan bendera Indonesia karena terdapat dua garis horizontal di bagian atas warnanya merah dan di bagian bawah warnanya putih. Untuk bendera resmi di Singapura pada bagian merah terdapat buan sabit dengan warna putih dan dikelilingi oleh adanya lima bintang dengan susunan pentagon.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Bendera negara Singapura sebagai lambang identitas dari negaranya sehingga sangat penting bagi kabinet dalam membuat sebuah ide brilian yang nantinya dapat mewujudkan keyakinan serta aspirasi dari rakyat Singapura.

Arti Bendera Singapura

Memahami Arti Bendera Singapura dan Sejarah Adanya Bendera

Warna merah yang ada pada bendera lambang negara Singapura sebagai peringatan yang menunjukkan adanya rasa persatuan pada semua penduduk Singapura. Sementara itu untuk warna putih yang digunakan pada bendera melambangkan rasa kemurnian serta kebajikan dan bulan sabut digunakan dalam mengelola rasa kemudahan di negara Singapura menjadi negara maju.

Kelima bintang yang ada pada bendera dan tersusun dengan bentuk pentagon memberikan perwakilan cita-cita yang telah diasosiasikan bahwa Singapura sebagai negara demokratis. Dengan demikian kelima bintang artinya menarik perhatian, demokrasi, kemajuan, perdamaian dan keadilan.

Sejarah Bendera Singapura

Bagaimana sejarah Bendera Singapura? Yuk, kita ikuti dari jaman dahulu, sampai sekarang.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

1. Abad ke-19

Pada awal abad 1, perusahaan India Timur Britania yang menjadi bagian dari Kerajaan Inggris mempunyai pos perdagangan di negara Singapura dan seperti sebagian besar tempat lainnya yang ada di dunia. Hal ini dikarenakan bendera tersebut dikibarkan dengan bendera garis berwarna merah dan putih yang menggunakan lambang Union Jack dari Inggris di bagian sudut kiri atas.

Lalu, Singapuraion berubah menjadi Penang dan Malaka yang dikenal dengan Pemukiman Selat, sementara untuk bendera yang digunakan yakni warna biru dengan bendera Inggris pada kiri atas serta ada lingkaran warna putih di kanan. Di bagian putih ini ada warna merah dengan bentuk seperti belah ketupat, garis putih bentuk Y dan 3 mahkota pada garis putih tersebut.

2. Tahun 1942

Menginjak pada tahun 1942, Jepang akhirnya juga menjajah Singapura seperti halnya yang dilakukan di Indonesia. Selama musim liburanan, bendera Jepang ini digunakan menjadi bendera Indonesia.

Akan tetapi bidang Jepang kemudian berhasil sesudah melakukan peperangan dengan Amerika Serikat di tahun 1945. Sejak saat itulah, Inggris akhirnya kembali dengan bendera yang sebelumnya yakni menggunakan lambang bendera persatuan Inggris serta menggunakan lambang putih, merah serta mahkota di kanan.

3. Tahun 1959

Singapura mendapatkan masa pemerintahan miliknya sendiri setelah banyak persoalan yang terjadi. Hingga pada akhirnya bisa menggunakan bendera yang menjadi lambang dari negara Singapura itu sendiri.

Bendera Singapura seperti yang dilihat sekarang ini tanpa ada tambahan ataupun pengurangan apapun. Sehingga negara Singapura bisa berdiri tegak dan mempunyai lambang negara yang resmi dan sah.

4. Tahun 1963

Pada tahun ini Singapura bergabung bersama Tanah Melayu yang bersamaan dengan Serawak dan juga Sabah, lalu sekarang ini dikenal dengan sebutan Malaysia. Akan tetapi Singapura kemudian dapat dikeluarkan serta memutuskan untu mendirikan republik sendiri ketika tahun 1965.

Pembuatan Bendera Negara Singapura

Dalam membuat bendera yang menjadi lambang negara Singapura ini ada campur tangan Dr.Toh Chic dengan peranannya yang sangat penting yang diberikan tugas dari Komite untuk bisa mengembangkan bendera untuk lambang negara Singapura. Ia mempelajari bendera dan merekomendasikan pada kabinet mengenai kemungkinan desain yang sudah dibuatnya.

Sebelumnya ia pernah ragu dengan pilihan warna merah dan putih karena akan membuat bingung perbedaan pada negara Indonesia dan Polandia. Akan tetapi pada akhirnya Majelis Legislatif Singapura memutuskan untuk mengesahkan bendera merah putih di tahun 1959 dan sekarang dikenal oleh dunia.

Singapura Mempunyai Jenis Bendera

Singapura tidak hanya memiliki bendera merah putih saja dengan adanya lambang bulan sabit dan juga bintang. Singapura mempunyai bendera lain seperti halnya bendera sipil, pemerintah, standar kepresidenan, bendera perwira, angkatan bersenjata. Setiap masing-masing bendera menggunakan desain yang berbeda juga dan setiap bendera mempunyai tujuan digunakan hingga maknanya yang berbeda.

Pengenalan Bendera Negara Singapura

Bendera merah putih yang dijadikan sebagai lambang negara Singapura dengan bulan sabit dan bintang. Bendera pertama kalinya dikenalkan pada dunia tangal 3 Desember 1959 ketika pelantikan Yang di-Pertuan Negara pertama yaitu Encik Yusof Ishak.

Ide ini langsung diciptakan oleh komite dengan ketua Wakil Perdana Menteri yakni Dr. Toh Chin Chye. Keberadaan bendera yang baru ini menggantikan bendera Union Jack yang sudah berkibar lama di Singapura sampai 140 tahun yakni tahun 1819 sampai 1959.

Kemiripan Bendera Negara Singapura dan Indonesia

Bendera Singapura sangat mirip dengan bendera negara Indonesia, di mana Singapura menggunakannya sejak negera tersebut merdeka dari Malaysia 9 Agustus 1965. Warna bendera yang mirip dengan negara tetangga ini memiliki perbedaan yang mudah untuk dikenali yakni bulan sabit dan lima bintang dengan susuan bundar.

Meskipun warnanya sama namun setiap bendera negara memiliki ciri khas dan perbedaannya masing-masing seperti warna merah sebagai lambang persaudaraan kecocokan semua manusia dan putih kesucian. Sedangkan arti bulan sabit lambang dari negara muda sedang maju dan lima bintang sebagai prinsip yang harus dipegang teguh negara Singapura.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Kapan Mengibarkan Bendera Negara Singapura?

Bendera Singapura sebagai menjadi lambang negara yang selalu dikibarkan oleh semua rakyat Singapura. Waktu pengibarannya setiap bulan Agustus selama 1 bulan penuh sebagai bentuk perayaan hari kemerdekaan bagi negaranya.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan negara Indonesia yang selalu mengibarkan bendera pada bulan Agustus sebagai peringatan hari Kemerdekaan. Namun selain itu juga ada hari besar yang menganjurkan untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian mengenai bendera Singapura sebagai lambang negara dengan warna merah putih dan ada bulan sabit serta 5 bintang. Setiap elemen yang ada pada bendera menyimpan makna tersendiri bagi rakyat Singapura.

Instagram