Mengenal Tradisi Singapura yang Masih Rutin Diterapkan Sampai Sekarang

Singapura tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya sangat memukau bagi siapa pun yang mengunjunginya. Tradisi Singapura masih cukup banyak sampai sekarang ini yang tidak diketahui secara langsung oleh wisatawan mancanegara.

Berbagai macam festival budaya sering digelar di Singapura yang cukup indah dan rutin dilakukan. Meskipun Singapura sudah sebagai negara maju namun tidak pernah melupakan tradisi dan budaya yang ada.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Tradisi Singapura yang Masih Rutin Diterapkan

Mengenal Tradisi Singapura yang Masih Rutin Diterapkan Sampai Sekarang

1. Transfer Angka Hoki

Pemandangan budaya yang satu ini akan kerap dilakukan pada perayaan Tahun Baru China yakni Imlek. Perayaan ini akan membuat antrian sangat panjang pada mesin ATM karena setiap orang akan mengirimkan sejumlah uang pada rekeningnya sendiri dan uang tersebut bukanlah uang biasa akan tetapi merepresentasikan angka hoki untuk tahun ini.

Dari sejumlah warga Singapura dari peranakan Thionghoa banyak yang memenuhi antrian tersebut untuk melakukan setor uang di pertama musim semi tradisional di Singapura. Tidak hanya untuk mengirimkan uang saja namun juga waktu transaksinya yang harus disesuaikan pada prediksi hoki supaya bisa mendapatkan keberuntungan.

2. Ritual Waisak

Pada perayaan hari Waisak di Singapura sangat unik karena ada ritual tersendiri yakni dengan melepaskan burung dari sangkar ke udara. Hari Raya Waisak dianggap sebagai lambang datangnya hari baru serta perayaan akan adanya nilai yang telah ditinggalkan sang Buddha untuk umatnya.

Hal ini tentunya bisa menjadikan sebuah ritual yang sangat menyenangkan karena ada banyak orang yang melakukannya sehingga sangat meriah. Dengan banyaknya ribuan burung dilepaskan serta terbang bebas di angkasa pada perayaan kelahiran sang Buddha tengah berlangsung.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

3. Budaya Khas

Banyaknya keragaman penduduk dengan latar belakang yang berbeda. Sehingga tidak heran jika tradisi Singapura ini banyak macamnya karena ada campuran dari budaya Britania, Cina, Melayu dan juga India hingga adanya peranakan.

Sementara itu untuk orang asing yang telah membentuk sebanyak 42 persen penduduk Singapura serta memiliki peranan yang sangat penting dalam budaya Singapura. Dengan demikian membuat budaya yang ada sangat banyak dan cukup beragam.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

4. Masakan Singapura

Makan dan belanja ketika datang ke Singapura memang menjadi salah satu hiburan secara nasional warga Singapura. Masakan yang ada di Singapura merupakan bentuk nyata adanya bukti keberagaman serta difusi dari budaya yang ada di negara Singapura.

Hal itu juga dipengaruhi dengan adanya tradisi Singapura dari Britania, Cina, Tamil, India, Melayu dan bahkan Indonesia. Masakan yang umum di Singapura seperti halnya sate, kepiting pedas, nasi lemak hingga nasi ayam Hainan yang sangat terkenal.

5. Seni

Dari tahun 1990-an, pemerintah dari negara Singapura sudah melakukan promosi sebagai pusat seni serta budaya terlebih pada seni drama yang menjadikan Singapura sebagai gerbang antara Timur dan Barat kosmopolitan.

Puncaknya usaha yang dilakukan oleh pemerintah yakni dengan adanya pembangunan Esplanade. Pusat seni drama dengan kelas atas yang dibuka sejak lama dan mengagumkan.

6. Festival Pertengahan Musim Gugur

Festival yang ada ini sebagai tradisi Singapura dan menandai akhir panen pada musim gugur sekaligus waktu untuk berdoa serta memanjatkan rasa syukur pada dewa. Festival yang dilakukan ini setiap hari ke 15 pada bulan kedelapan pada kalender Han Cina.

Hal penting yang membuat festival ini makin meriah yakni kehadiran dari lentera dengan banyak bentuk di jalanan Singapura. Tentu keindahan ini tidak akan lengkap sebelum adanya kehadiran dari kue bulan.

7. Singapore Night Festival

Jenis dari festival jalanan yang selalu diadakan dalam 2 akhir pekan guna merayakan seni serta warisan dari budaya Singapura yang sangat kaya. Terdapat banyak hal yang bisa kamu lihat dan lakukan pada festival unik di Singapura ini.

Tidak hanya menonton musik namun juga ada pertunjukan lainnya seperti halnya teater, pemutaran film, instalasi cahaya dengan penuh warna hingga penampil jalanan yang tengah berkeliling dan akan kamu lihat pada satu gedung di Singapura.

8. Festival Sungai Hong Bao sebagai Tradisi Singapura

Salah satu festival yang dilangsungkan pada NS Square Marina Bay yang menjadi salah satu tradisi integral untuk melakukan perayaan Tahun Baru Imlek di Singapura. Kamu akan menyaksikan lentera unik yang memberikan gambaran tokoh ataupun legenda Tiongkok dan 12 hewan zodiak Cina.

Kamu juga akan diberikan berbagai macam wahana hiburan, opera, karnaval ataupun pertunjukan jalanan. Selain itu tidak akan ketinggalan dengan adanya pesta kembang api dan juga makanan yang dapat menaikkan selera makan.

9. Festival Hungry Ghost

Festival yang dikenal dengan zhong Yuan Jie kini asalnya dari tradisi Tao serta Buddha dengan penganut ritual untuk memberikan makanan serta menghormati orang yang telah mati namun berkeliaran di bumi. Festival diadakan dalam 2 bulan dengan banyak makanan untuk persembahan.

Selain itu festival juga membakar uang serta berbagai macam barang yang ditujukan pada hantu dan uniknya ada pertunjukan opera juga. Keunikan lainnya yakni bangku pertama dibiarkan kosong karena dipercayai kalau itu khusus untuk hantu.

10. Tradisi Singapura Parade Chingay

Meskipun untuk Parade Chingay dilakukan pada perayaan Tahun Baru Cina, namun pada dasarnya parade ini ditujukan pada semua etnis yang ada di Singapura. Dengan demikian kamu akan menyaksikan berbagai macam budaya dengan kemegahan tampilan yang ditawarkan.

Tidak hanya memberikan penampilan untuk tarian saja namun juga pertunjukan dengan mengusung tema budaya. Parade Chingay juga memperlihatkan adanya perkembangan teknologi melalui penataan cahaya, robot yang menari hingga kemegahan dari mobil hias.

11. Festival Thaipusam

Festival agama Hindu yang selalu dirayakan sebagai bentuk penghormatan pada Dewa Subramaniam. Keunikan dari festival yang dilakukan ini yakni kavadi, kanopi dengan bentuk setengah lingkaran dan dihias batang kayu dibawa oleh peziarah.

Kamu bisa melihat banyak orang yang akan menusuk bagian dari tubuh mereka menggunakan batang besi. Bagi wanita dan anak-anak yang usianya 16 tahun ke bawah membawa pot susu untuk persembahan Dewa Murugan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian mengenai tradisi Singapura yang masih ada sampai sekarang ini. Kamu akan melihatnya jika datang ke Singapura pada waktu yang tepat.

Instagram