Pelajari Lambang Negara Singapura, Makna, Sejarah dan Penggunaan

Penggunaan lambang negara Singapura diumumkan pada 3 Desember tahun 1959 untuk pertama kalinya bersamaan dengan hari pelantikan Yang di-Pertuan Negara Singapura yakni Yusof Ishak. Di tahun inilah Singapura pada akhirnya mempunyai pemerintahan sendiri setelah dikeluarkan dari Malaysia sebelumnya.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Selain menjadikan Singapura bisa terbebas dari belenggu dari kekuasaan Inggris. Negara Singapura juga mempunyai bendera resminya sendiri yang sah dan sekarang sudah dikenal oleh dunia.

Lambang Singapura

Pelajari Lambang Negara Singapura, Makna, Sejarah dan Penggunaan

Lambang Singapura merupakan simbol heraldik yang mewakilkan negara kepulauan di Asia Tenggara yang diadopsi pada tahun 1959 di mana Singapura telah memerintah negaranya sendiri tanpa Kerajaan Inggris. Lambang pusat yakni pelindung merah dengan adanya 5 bintang putih berada di bagian atas bulan sabit putih seperti halnya bendera Singapura.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Pendukung dari adanya benteng pertahanan yakni Singa dan juga harimau sebagai hubungan bangsa yang sebelumnya dekat dengan Malaysia karena menjadi negara bagian pada tahun 1963 sampai 1965. Sementara itu untuk lambang singa mengartikan Singapura itu sendiri sebagai merdeka dengan sendirinya setelah ditendang oleh Malaysia.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Makna Lambang Negara Singapura

Lambang negara ini terdiri atas perisai dengan warna merah pada bagian tengah bulan sabit serta 5 bintang warna putih seperti bendera Singapura sebagai simbol nasional lain dan panji nasional bagi kapal sipil.

Warna merah yang ada melambangkan arti persaudaraan serta persamaan pada derajat manusia dan putih melambangkan kesucian dan juga kebaikan.

Bulan sabit sebagai lambang negara muda yang sedang maju dengan adanya lima bintang melambangkan 5 prinsip dari Singapura yakni demokrasi, perdamaian, kemajuan, persamaan dan keadilan.

Pada bagian kiri perisai ada seekor singa berdiri melambangkan Singapura dan sebelah kanan harimau melambangkan Melayu yang pernah ada hubungan sejarah di masa lalu dengan kata Majulah Singapura sebagai motto.

Sejarah Lambang Negara Singapura

Saat Singapura mempunyai pemerintahan tahun 1959, perdana menteri Lee Kuan Yew membuat lambang negara baru untuk mengganti lambang negara dari Kerajaan Inggris yang telah digunakan sejak lama.

Komite membentuk perancangan simbol negara dengan ketua wakil perdana menteri Toh Chin Chye yang mencari lambang serta bendera untuk negara Singapura sebagai persatuan negara.

Lambang negara dan bendera dibuat 2 bulan lebih oleh Toh dan anggota komite yang lainnya. Lalu hukum dibangun di Singapura dalam mengatur lembaga negara Singapura dan disetujui November 1959 dan pertama kalinya bendera, lambang negara dan lagu kebangsaan ditunjukkan pada 3 Desember 1959.

Penggunaan Lambang Singapura

Di tahun 1959 otoritas moneter negara Singapura telah menerbitkan koin untuk kedua dari negaranya. Lambang negara dari Singapura ditempatkan pada sisi koin yang dikelilingi tulisan resmi Singapura yakni Cina, Melayu, Tamil dan Inggris serta tahun percetakannya.

Di tahun 1987 koin Dollar selanjutnya diedarkan yang menggunakan desain sama dan menurut dari otoritas moneter Singapura bahwa lambang negara sudah muncul pada semua mata uang sejak seri Anggrek pada tahun 1967. Sementara itu untuk lambang negaranya sendiri juga digunakan pada medali seperti halnya medali Darjah Utama Termasek dan Sijil Kemuliaan.

Aturan Menggunakan Lambang Negara

Dalam menggunakan lambang negara Singapura telah tercantum pada undang-undang untuk Lambang, Bendera dan Lagu Kebangsaan Singapura dan penggunaannya dibatasi oleh pemerintah. Bagi setiap orang ataupun kelompok dilarang keras untuk mencetak, produksi, memamerkan ataupun menjual lambang negara tanpa ada ijin menteri informasi, komunikasi dan seni.

Namun dalam suatu tertentu akan diperbolehkan, selain itu juga dilarang untuk menggunakan simbol yang menjadi bagian dari editan lambang negara. Bagi mereka yang ingin menambahkan lambang negara pada hasil karya tulisnya harus dengan ijin dari menteri terkait sebab lambang negara hanya bisa digunakan pemerintah resmi serta menteri untuk bangunan maupun dokumen.

Bendera Singapura

Bendera Singapura ini tidak jauh berbeda dengan bendera Indonesia sebagai negara tetangga karena warna yang dimilikinya sama yakni merah dan putih. Akan tetapi untuk bendera Singapura ada tambahan bulan sabit serta 5 bintang dengan susunan bundar dan setiapnya mengandung makna tersendiri.

Warna merah mempunyai makan persaudaraan serta kesamaan semua manusia dan putih melambangkan kesucian juga kebaikan, sementara untuk bulan sabit lambang dari mulut Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang jelas sangat mirip ketika tersenyum. Bendera Singapura ini selalu dikibarkan pada bulan Agustus dalam 1 bulan sebagai perayaan hari kebangsaan negara Singapura.

Lagu Kebangsaan

Lagu kebangsaan negara Singapura yakni Majulah Singapura yang digubah oleh zubir Said tahun 1958 untuk lagu Dewan Kota Singapura. Setelah Singapura merdeka maka lagu kebangsaan tersebut resmi dan menurut hukumnya hanya boleh dinyanyikan dengan lirik Melayu.

Lagu digubah dengan kunci G Mayor dan tahun 2001 secara resmi dinyanyikan dengan kunci F Mayor sebagai aransemen lebih megah dan mengilhami. Lagu kebangsaan juga dinyanyikan pada upacara sekolah serta kamp untuk angkatan bersenjata, sementara untuk rakyat dapat menyanyikannya pada perayaan nasional seperti halnya parade hari nasional.

Patung Merlion

Nama dari Singapura tidak akan terlepas dengan lambang negara Singapura yakni patung merlion karena sebagai patung dengan kepala Singa. Hampir wisatawan yang datang ke Singapura mengenal lambang negaranya yakni patung merlion dan memang menjadi ikon menarik yang ditampilkan oleh negara Singapura ke kancah dunia.

Perancangan patung merlion sendiri pada tahun 1964 dengan badan ikan dan kepala singa sebagai logo Singapore Tourist Promotion Board dan bentuknya ikan menggambarkan bahwa Singapura sebagai desa nelayan. Dengan demikian nama dari Singapura menjadi terkenal dengan ikon yang cukup unik dan dianggap sebagai lambang negara.

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai pembahasan lambang negara Singapura yang bisa menambah pengetahuan untuk kamu. Lambang negara yang ada di Singapura merupakan hasil dari proses perjalanan sejarah.