Daftar Pemimpin di Singapura

Tahukan kamu daftar pemimpin Singapura dari dulu hingga kini? Singapura merupakan negara pulau yang letaknya dipisahkan oleh Selat Johor, Malaysia dan Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura. Negeri yang dijuluki The City of Lion atau Kota Singa ini termasuk negara yang maju di Asia.

Singapura merupakan negara republik parlementer di wilayah Asia Tenggara. Negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri sebagai pemerintah dan Presiden sebagai kepala negara ini memiliki sistem pemerintahan yang dimodelkan setelah Westminster yang secara umum dibagi menjadi tiga cabang meliputi legislatif terdiri dari Presiden dan Parlemen. Eksekutif terdiri dari Menteri Kabinet dan pemegang jabatan yang dipimpin oleh Perdana Menteri serta Yudikatif atau Kehakiman.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura

Berdasarkan hasil yang dilansir oleh situs Parlemen Singapura, Legislatif bertugas untuk membuat hukum negara, Eksekutif untuk menjalankan hukum dan Yudikatif bertugas sebagai yang menafsirkan hukum melalui pengadilan.

Perdana Menteri Singapura menduduki sebagai kepala pemerintahan. Saat ini, Lee Hsien Loong merupakan orang yang menduduki jabatan sebagai Perdana Menteri Singapura. Sedangkan Presiden merupakan Kepala Negara Singapura.

Sejarah Pemerintahan Negara Singapura

Daftar Pemimpin di Singapura

Berdasarkan data dari situs Kantor Perdana Menteri Singapura, dilansir bahwa Singapura mewarisi sistem hukum yang didasari oleh hukum inggris pada saat dimana ia menjadi negara merdeka dan berdaulat pada tahun 1965.

Daftar Pemimpin Singapura

Sebagai pusat keuangan terdepan ketiga di dunia, Singapura juga merupakan sebuah kota kosmopolitan yang berfungsi untuk memegang peran penting dalam hal keuangan dan perdagangan yang ada di dunia karena lokasinya yang strategis yakni dikelilingi oleh pasar negara berkembang. Maka dari itu, peran dari pemimpin negara di Singapura sangatlah penting. Berikut ini adalah daftar pemimpin Singapura sepanjang masa.

1. Yusof Ishak (1910-1970)

Presiden Singapure Ke-1

Lahir di Perak, Negeri-Negeri Melayu Bersekutu dengan Ayah keturunan Minangkabau dan Ibu berdarah Melayu. Yusof merupakan seorang anak sulung yang lahir dalam sebuah keluarga dengan jumlah anggota keluarga sebanyak sembilan orang.
Yusof dilantik menjadi kepala negara (Yang di-Pertuan Negara) Singapura pada tanggal 3 Desember 1959 sekaligus menjadi orang Singapura pertama yang memegang jabatan tersebut.

Saat Singapura keluarg dari masa Federasi Malaysia dan merdeka pada 9 Agustus 1965, status beliau diubah menjadi presiden negara kepulauan hingga tahun 1970 saat Yusof meninggal.

2. Benjamin Sheares (1971-1981)

Presiden Singapure Ke-2

Benjamin Henry Sheares lahir di Singapura, 12 Agustus 1907 dan meninggal pada umur 73 tahun di Singapura, 12 Mei 1981. Ia merupakan presiden republik Singapura kedua setelah Yusof Ishak. Ia dikaruniai 3 putra dan naik takhta pada 2 Januari 1971 serta menjabat hingga ia meninggal dunia.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

3. C. V. Devan Nair (!923-2005)

Presiden Singapure Ke-3

Memiliki nama asli Chengara Veetil Devan Nair, beliau lahir di Melaka, 5 Agustus 1923 dan meninggal di umurnya yang ke-82 tahun di Kanada, 6 Desember 2005. Beliau merupakan seorang presiden ketiga Singapura yang dilantik oleh Parlemen pada 23 Oktober 1981.

Pindah dari Malaysia ke Singapura karena keluarga saat umur 10 tahun, membuat Nair menerima pendidikan awalnya di Sekolah Dasar Rangoon Road dan setelah itu di Victoria School. Pada tahun 1940, ia lulus ujian Senior Cambridge.

Ketika perang dunia II berakhir, ia mulai mengajar di St. Joseph’s Institution kemudian di St. Andrew’s School dan bergabung dengan Partai Aksi Rakyat pada tahun 1954.

Setelah Malaysia dan Singapura pisah, ia memutuskan untuk menetap di malaysia dengan membentuk Partai Aksi Demokratik, namun setelah itu ia kembali ke Singapura untuk turut membantu membangun NTUC (National Trade Union Congress; Kongres Perburuan Nasional).

4. Wee Kim Wee (1985-1993)

Presiden Singapure Ke-4

Seorang pria yang dilahirkan pada 4 November 1915 di Singapura ini mengenyam pendidikan awal di Pearl’s Hill School. Ia memutuskan untuk meninggalkan Raffles Institution setelah dua tahun untuk bekerja di perusahaan surat kabar The Straits Times sebagai kerani pada Januari 1930 saat usianya masih 15 tahun, setelah itu di jabatan pengiklanan dan berita.

Dilantik sebagai Jaksa Pendamai (Justice od the Peace) pada tahun 1966 dan dianugerahi dengan Bintang Bakti Masyarakat pada kerja awamnya pada tahun 1963 serta mendapatkan anugerah Pingat Jasa Gemilang karena jasanya dalam bidang diplomasi pada tahun 1979.

Menjadi presiden keempat pada tanggal 30 Agustus 1985 oleh Parlemen. Ia mulai berumah tangga pada 1936 dengan istrinya Koh Sok Hiong dan dikaruniai dengan tujuh orang anak.

5. Ong Teng Cheong (1993-1999)

Presiden Singapure Ke-5

Ong lahir di Singapura pada tanggal 22 Januari 1936 dan menjabat menjadi presiden dilantik oleh Parlemen sebagai Presiden Singapura kelima.

Ong sempat dipilih ke Parlemen dan menjabat sebagai anggota parlemen selama 21 tahun pada tahun 1972. Ia menjabat sebagai presiden hingga tahun 1999 dan meninggal pada tahun 2002.

6. Sellapan Ramanathan (1924-2011)

Presiden Singapure Ke-6

Presiden keenam Singapura ini lahir di Singapura pada tanggal 3 Juli 1924 dan meninggal saat umurnya yang ke-92 tahun pada 22 Agustus 2016 silam.

Ia mengenyam pendidikan pertamanya di tanah kelahirannya yakni Singapura dan mulai memutuskan untuk bekerja sebelum taman sekolah. Saat perang dunia II berakhir ia memutuskan untuk bekerja sambil belajar hingga ke sekolah menengah dan akhirnya diterima masuk ke Universitas Malaya di Singapura hingga berhasil meraih gelar Sarjana dalam Ilmu Sosial.

7. Tony Tan Keng Yam (2011-2017)

Presiden Singapure Ke-7

Pria kelahiran Singapura, 7 Februari 1940 (berusia 82 tahun) ini merupakan mantan Presiden Singapura yang menduduki jabatannya pada 1 September 2011 hingga 31 Agustus yang dilantik oleh Parlemen.

Sebelum menjabat dengan jabatan presiden, Tan sempat menduduki posisi Wakil Perdana Menteri dan Menteri Koordinasi Pertahanan dan Keamanan Singapura.

8. Halimah Yacob (2017-Sekarang)

Presiden Singapure Ke-8

Jabatan Presiden Singapura saat ini diduduki oleh sang politikus yakni Halimah Yacob yang merupakan presiden wanita pertama di Singapura.

Wanita dengan ayah berdarah India dan ibu berdarah Malaysia ini lahir pada tanggal 23 Agustus 1954 yang saat ini berusia 67 tahun. Karir politik Halimah Yacob dimulai sebagai anggota partai pemerintah yaitu partai Aksi Rakyat, kala itu ia menjabat sebagai ketua parlemen Singapura ke-9.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah daftar pemimpin Singapura, yang harus kamu ketahui sebagai tambahan ilmu pengaetahuan umum kamu. Jika ada informasi yang perlu ditambahkan, bisa menghubungi kami di instagram/transfez.id