Pulau Terbesar di Singapura dan Pulau Hasil Proses Reklamasi

Singapura merupakan negara kecil namun sangat indah dan modern mengingat memang sebagai negara maju. Meskipun begitu juga memiliki pulau terbesar di Singapura dengan tambahan pulau kecil sebanyak 62 pulai di kawasan sekitarnya.

Cek Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk beli pulsa

Semua pulau yang ada di Singapura mengalami perkembangan sebab dilakukan pengurukan tanah di laut atau reklamasi pantai yang belakangan ini sangat marak. Hal itu dilakukan karena penduduk di Singapura sangat padat dan kekurangan lahan untuk tempat tinggal sehingga harus melakukan reklamasi pantai yang dimilikinya.

Pulau Terbesar di Singapura dan Pulau Hasil Proses Reklamasi

Pulau di Singapura

Singapura memiliki 63 pulau yang sudah termasuk daratan Singapura atau Pulau Singapura namun sebenarnya nama aslinya adalah Pulau Ujong. Pulau terbesar di Singapura tidak hanya Jurong akan tetapi juga terdapat pulau lain seperti Tekong, Ubin dan Sentosa dari beberapa pulau kecil lainnya.

Hasil daratan dari Singapura meluas yang sebelumnya 581,5 km persegi tahun 1960-an menjadi 704 km persegi karena dilakukan reklamasi dan meluas hingga 100 km persegi di tahun 2030. Proyeknya terkadang dengan menggabungkan pulau kecil dan membentuk pulau besar yang bisa berguna untuk jangka panjang.

Pulau Ujong sebagai Pulau Terbesar di Singapura

Pulau Ujong atau dalam bahasa Melayu artinya pulau ujung ini lebih dikenal dengan pulau Singapura. Salah satu pulau utama yang ada di Singapura dan ditempati oleh penduduknya untuk menjalankan semua kegiatan.

Luas yang dimiliki oleh pulau ini kisaran 710 km persegi dan jumlah penduduk yang mendiaminya sekitar 5.076.700 jiwa sehingga menjadikannya sebagai pulau terbanyak ke 12 di dunia. Sementara itu untuk titik tertingginya di pulau ini yakni Bukit Timah di ketinggian 165 meter dan menjadi pusat pemerintahan juga bisnis di Singapura.

Pulau Jurong

Pulau terbesar di Singapura tidak hanya pulau Ujong saja, pulau lainnya seperti pulau Jorong yang cukup besar di Singapura. Pulau Jurong merupakan salah satu pulau buatan terbesar di Singapura dan berlokasi di sebelah barat daya negara Singapura.

Pulau ini pada mulanya terbentuk karena ada penggabungan dari tujuh pulau kecil di Singapura. Luas pulau kurang lebih sekitar 32 km persegi dan pulaunya dijadikan sebagai area pusat industri Jurong.

Pulau Tekong

Pulau terbesar di Singapura yang lainnya adalah pulau Tekong. Pulau Tekong merupakan pulau yang terbentuk secara alami terbesar kedua di Singapura dengan luasnya mencapai 24.43 km persegi.

Namun pulau Tekong ini terus mengalami perkembangan karena dilakukan pengurukan tanah di kawasan pantai bagian utara dan selatan dari pulau Tekong. Menariknya pulau ini lebih dekat dikunjungi dari Johor Malaysia dibandingkan dituju langsung dari Singapura.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Pulau Sentosa

Pulau besar lain yang ada di negara Singapura adalah pulau Sentosa dengan luas yang dimilikinya hingga 4.71 km persegi dan banyak digunakan sebagai tempat berlibur. Pulau inui adalah salah satu lokasi yang berada di simbol negara Singapura yakni Merlion.

Sama halnya dengan beberapa pulau yang lainnya, pulau Sentosa semakin hari makin bertambah sebab selalu diadakan reklamasi pantai di wilayahnya dengan mengimpor pasir dari teritorial Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau Sentosa terbagi menjadi 4 wilayah dengan gambaran sebagai area hiburan berbeda, berikut uraiannya:

• Imbiah Lookout yang kebanyakan telah diisi oleh berbagai macam tempat belajar sangat ramah bagi anak-anak. Hal ini seperti Discover of Singapore, taman kupu-kupu dan lain sebagainya
• Siloso paint berisikan adanya beberapa taman di bawah laut yang sangat indah dan mengagumkan
• Pantai yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam kegiatan seperti halnya berjemur hingga bermain bersama di tepian pantai bersama keluarga
• Resort World Sentosa sebagai salah satu lokasi yang banyak menyediakan tempat hiburan menyenangkan berupa Universal Studio Singapore.

Pulau Ubin

Dibandingkan dengan pulau yang telah disebutkan di atas, pulau ubin termasuk pulau kecil dengan luasnya hanya sekitar 10 km persegi berada di timur laut negara Singapura berdekatan di samping Pulau Tekong dan lebih dekat dari Johor, Malaysia. Di pulau inilah banyak sekali tambang granit yang telah ditinggalkan dan menurut penduduk sekitar dikenal dengan sebutan Pulau Batu Ubin.

Batu yang ada di pulau ini digunakan untuk membuat ubin lantai pada masa lalu dan dikenal dengan jubin. Masa depan dari pulau Ubin berada di tangan penduduk Singapura akan tetapi status yang dimiliknya sebagai saksi gaya hidup kuno lambat laun akan lenyap dimakan oleh usia.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Daftar Pulau Lain di Singapura

Selain dari daftar pulau yang telah disebutkan masih banyak pulau lain yang ada di negara Singapura. Pulau yang ada di Singapura terdapat 63 pulau, inilah beberapa daftar dari pulau di negara Singapura:

• Pedra Branca
• Pulau Anak Bukom atau Pulau Anak Bukum
• Pulau Biola
• Pulau Berkas
• Pulau Brani
• Pulau Buaya
• Pulaua bajau di Poyan Reservoir

Luas Negara Singapura

Pulau terbesar di Singapura memang tidak banyak, pasalnya Singapura merupakan negara kecil dengan populasi sangat banyak mencapai 5.61 juta jiwa dari data 2016 dan memiliki luas wilayahnya hanya sekitar 721.5 km persegi. Sebagai negara kecil, Singapura memiliki penduduk yang sangat padat di negaranya sehingga seringkali dilakukan pengurukan pinggiran pantai.

Tanpa adanya hal tersebut maka semua penduduknya tidak bisa tinggal mengingat banyak tempat yang sudah penuh. Namun negara padat penduduk ini memiliki kualitas hidup yang sangat baik dari lingkungan bersih tanpa polusi udara.

Letak Astronomis

Letak astronomis negara Singapura ini sesuai dengan kondisi geografisnya setiap negara. Negara Singapura berada di 1o 15’ Lintang Utara – 1o35’ Lintang Utara dan antara 103o40’ Bujur Timur dan 104o Bujur Timur.

Dengan kamu mengetahui letak astronomis maka akan jauh lebih mudah mengetahui lokasi keberadaan negara Singapura hingga batasan di negara Singapura. Setiap negara memiliki letak astronomis berbeda tergantung dari negara tersebut.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah daftar pulau terbesar di Singapura yang dapat kamu ketahui. Dengan begitu bisa mengetahui program pemerintah dalam proses membuat pulau baru lagi.

Instagram