Artikel Transfez tentang Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Singapura

Artikel ini membahas tentang rincian biaya kuliah dan biaya hidup di Singapura  mulai dari biaya pendidikan di kampus, biaya tempat tinggal, sampai dengan detail biaya makan dan kehidupan sehari-hari lainnya.

Apa kamu sedang mencari pendidikan berkualitas di tempat yang menakjubkan? Maka Singapura mungkin adalah jawaban dari pertanyaanmu. Selain kaya akan budaya, Singapura juga merupakan negara yang paling modern dan memiliki banyak peluang untuk menyambut masa depan yang gemilang.

Sudah sejak lama, Singapura diakui secara internasional sebagai negara tercerdas dan teraman di dunia dengan investasi terbaik. Sehingga tidak mengherankan kalau para turis dan pelajar berbondong-bondong datang ke negara ini.

Artikel Transfez tentang Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Singapura
Sumber: Instagram/nus_singapore

Singapura memiliki 4 bahasa resmi: Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil. Kebayakan warga disana adalah bilingual dan bahasa Inggris dengan cepat menjadi lingua-franca, sehingga pelajar internasional tidak perlu mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.

Siapa yang tidak ingin belajar di Singapura? Salah satu alasannya adalah sebagian besar universitas di negara ini menempati peringkat tertinggi di dunia. Saat ini, 2 universitas di Singapura masuk ke dalam jajaran top 15 universitas terbaik dunia. Negaranya sendiri menduduki posisi 15 sebagai negara yang memiliki standar tinggi untuk pembelajaran menurut QS Best Student Cities.

Dengan alat pengajaran, teknologi, dan fasilitas penelitian yang modern dan canggih, menjadikan universitas-universitas di Singapura menggali dan memupuk kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan siswa.

Biaya Kuliah di Singapura

Biaya pendidikan di Singapura tergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih. Faktor utama dari perbedaan nominal biaya adalah kewarganegaraan. Di Singapura, terdapat 4 kategori berbeda yaitu:

1. Biaya subsidi tahunan yang harus dibayar oleh warga negara Singapura
2. Biaya subsidi tahunan yang harus dibayar oleh penduduk permanen
3. Biaya subsidi tahunan yang harus dibayar oleh siswa internasiona
4. Biaya non-subsidi tahunan

Secara umum biaya subsidi per tahun untuk belajar di universitas negeri adalah sekitar SGD 8.000 – 9.000 (IDR 84 – 94 juta). Sedangkan untuk biaya perkuliahan non-subsidi dan siswa non-Singapura adalah SGD 10.000 (IDR 105 juta).

Rekomendasi Universitas Terbaik di Singapura

Institusi pendidikan tinggi di Singapura menawarkan berbagai program jurusan untuk siswa lokal dan internasional, terutama universitas swasta yang banyak menyediakan program beasiswa dan pertukaran pelajar. Dibawah ini adalah beberapa universitas terbaik yang kami rangkum untuk kamu.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Vietnam
Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

1. National University of Singapore (NUS)

Pada awalnya, NUS dibentuk sebagai sekolah medis di tahun 1905 dengan jumlah siswa 23 orang dan hanya sekedar bertujuan untuk melayani masyarakat. Saat ini, lebih dari 100 tahun, NUS telah tumbuh pesat dengan memiliki 3 kampus yang terdiri dari 17 fakultas dan 154 program Pascasarjana.

Sebagai universitas unggulan di Singapura, NUS terus berkomitmen melayani negara dan masyarakat dengan menyediakan program pendidikan yang inovatf dan siap memberikan dampak untuk revolusi industri 4.0 dan seterusnya. Pada tahun 2020, NUS masuk dalam 25 jajaran universitas terbaik dunia menurut QS World University Rankings.

• Program Sarjana reguler: EUR 17.750 – 24.300 (IDR 299 – 397 juta) per tahun
• Program Sarjana kedokteran, kedoktern gigi, dan musik: EUR 75.700 – 99.450 (IDR 1.3 – 1.7 miliar) per tahun
• Program Master regular: EUR 22.200 – 40.800 (IDR 363 – 667 juta) per tahun
• Program Master kedokteran gigi: EUR 59.600 (IDR 974 juta) per tahun

2. Nanyang Technology University

Diresmikan pada Juli 1991, NTU awalnya dibangun sebagai fasilitas pengajaran, dan saat ini telah berubah menjadi universitas global dan intensif berbasis penelitian. NTU ditetapkan sebagai model pendidikan dan kehidupan masa depan karena telah menciptakan benda-benda canggih seperti teknik biomedis, energi dan lingkungan bersih, biologi komputasi, sistem cerdas, nanoteknologi dan komunikasi nirkabel. Kesemua penelitian tersebut merupakan penemuan pertama di dunia.

• Program Pascasarjana regular: SGD 17.550 (IDR 184 juta) per tahun
• Program Pascasarjana untuk fakultas ekonomi: SGD 20.100 (IDR 210 juta) per tahun
• Program Pascasarjana untuk fakultas kedokteran: SGD 74.900 (IDR 782 juta) per tahun
• Program Pascasarjana untuk fakultas teknik: SGD 38.300 (IDR 400 juta) per tahun
(*biaya diatas sudah termasuk subsidi untuk pelajar internasional)

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

3. Singapore Management University

Setelah NUS dan NUT, pada tahun 1997 pemerintah Singapura memperdebatkan gagasan untuk universitas ke-3 terbaik negara tersebut, kemudian Wakil Perdana Menteri, Dr. Tony Tan, mencetuskan bahwa SMU harus menjadi berbeda dan unik. SMU menyediakan 6 fakultas, baik untuk program Sarjana dan Pascasarjana: akuntansi, bisnis, ekonomi, IT, hukum, dan ilmu sosial.

Ciri khas dari universitas ini adalagh menghasilkan penelitian multi-disiplin yang relevan dalam membahas isu-isu di Asia. Selain itu, SMU juga berkolaborasi dengan peneliti dan universitas terkemuka dari AS, UK, Cina, dan India.

• Program Sarjana fakultas ekonomi: SGD 44.770 (IDR 468 juta) per tahun
• Program Sarjana fakultas hukum: SGD 47.320 (IDR 494 juta) per tahun

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

4. Emeritus Institute of Management

EMERITUS menawarkan program pendidikan manajemen yang berkolaborasi dengan divisi pendidikan eksekutif dari: MIT Sloan, Columbia Business School, Executive Education, dan Tuck School of Business di Dartmouth.

• Sertfikat kursus: INR 161. 833 (IDR 31 juta) untuk 10 bulan
• MBA Eksekutif: INR 450.000 (IDR 85 juta) untuk 2 tahun
• Program Eksekutif: INR 195.000 (IDR 37 juta) untuk 9 bulan

Biaya Hidup di Singapura

Singapura menduduki salah satu peringkat tertinggi sebagai negara termahal. Hal ini disebabkan karena tingginya standar hidup di sana. Siswa internasional membutuhkan sekitar EUR 700 – 1.500 (IDR 12 – 25 juta) per bulan, tergantung dari kota tinggal yang dipilih.

Biaya Akomodasi

Biaya hidup di Singapura untuk akomodasi. Besarnya biaya akomodasi tergantung dari tipe, lokasi, dan jumlah orang yang menempati. Namun kebanyakan universitas menawarkan asrama mahasiswa dengan harga yang lebih terjangkau. Umumnya, pelajar internasional lebih tertarik untuk menyewa tempat di luar kampus bersama roommate.

• Sewa apartemen: EUR 1.100 – 1.300 (DR 18 – 22 juta) per bulan belum termasuk biaya tambahan untuk utilitas (air dan listrik) sekitar EUR 80 – 140 (IDR 1.4 – 2.3 juta).
• Asrama kampus: EUR 200 – 850 (IDR 4 – 14 juta) per bulan termasuk dengan makanan, layanan laundry, televisi, dan internet.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Biaya Makan

Biaya hidup di Singapura untuk makan. Tips paling tepat untuk menghemat pengeluaran adalah dengan memasak bahan makanan di rumah. Tapi jika kamu ingin membeli makanan di luar, berikut rinciannya:

• Restoran: EUR 43.50 (IDR 711 ribu) per porsi
• Belanja di pasar atau supermarket: EUR 175 – 275 (IDR 3 – 5 juta) per bulan

Biaya Transportasi

Biaya hidup di Singapura untuk transportasi. Untuk tarif transportasi dibebankan per jarak yang ditempuh. Biaya travel ber-AC mungkin sedikit mahal. Namun biasanya siswa mendapat diskon 50% untuk semua transportasi. Untuk naik kereta dan bus, biaya yang dikenakan adalah EUR 75 (IDR 2 juta) per bulan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah ulasan lengkap mengenai biaya kuliah dan biaya hidup di Singapura. Biaya dapat berubah di waktu tertentu sesuai dengan tahun akademik. Dapatkan kemampuan dan pengalaman yang menjanjikan di Singapura.

Instagram