traveling ke belanda kanal

Artikel ini membahas tentang tips penting bagi Anda yang berniat melakukan traveling ke Belanda.

Traveling ke Belanda merupakan salah satu impian bagi sebagian besar orang dan mungkin termasuk Anda. Nah, jika Anda sedang berencana untuk traveling ke Belanda, ada baiknya untuk  untuk tahu lebih banyak hal mengenai Belanda termasuk bagaimana cara ke sana, transportasi yang ada di sana dan juga kapan waktu terbaik untuk berkunjung.

Jangan khawatir, kami akan merangkum beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai panduan liburan ke Belanda sebagaimana berikut ini.

Waktu Terbaik untuk Traveling Ke Belanda

Belanda merupakan negeri 4 musim dan setiap musimnya memiliki daya tertarik serta pesona tersendiri. Berikut adalah gambaran waktu terbaik untuk mengunjungi Belanda setiap musim yaitu:

Musim Semi di Akhir April Sampai Mei

Pada akhir April, cuaca yang hangat dan tidak terlalu fluktuatif seperti di Maret hingga awal April. Pada tanggal 27 April, Anda bisa melihat kemeriahan King’s Day.

Musim Panas di Bulan Agustus

Di bulan Agustus biasanya angka kunjungan turis akan terjadi penyusutan yang kemungkinan diawali sejak bulan Juli di Belanda yang mana dapat membuat Anda lebih menikmati kota tanpa takut keramaian yang berlebihan. Pada bulan Agustus akan ada banyak festival, seperti Pride di Amsterdam Lowlands dan Into The Great Wide Open.

Sepanjang Musim Gugur

Salah satu waktu terbaik untuk traveling ke Eropa adalah di saat musim gugur karena Anda akan dapat melihat daun-daun yang menguning dan memerah serta udara yang tidak lagi panas tapi belum terlalu dingin di Belanda.

traveling ke belanda sungai

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Musim dingin di bulan Desember hingga Januari

Belanda cukup menyenangkan apabila dikunjungi menjelang natal dan tahun baru. Namun, apabila Anda enggan berkunjung saat sedang ramai, maka waktu terbaik untuk ke sana adalah di bulan Januari.

Penginapan di Belanda

Harga penginapan di Belanda memang tidak terlalu murah, namun jika ingin mengorbankan privasi, Anda dapat menginap di hostel dengan kamar di dorm. Dorm merupakan tipe kamar dengan banyak tempat tidur susun, dimana Anda akan menginap dengan 6 orang atau lebih di satu ruangan.

Untuk menginap di kamar tipe tersebut, Anda cukup merogoh kocek kurang dari Rp400.000 semalam. Sedangkan untuk kamar pribadi dengan double atau twin bed, maka bersiaplah untuk membayar di atas Rp800.000 untuk satu malam.

Transportasi di Belanda

Saat traveling ke Belanda dan ingin berkeliling, disarankan untuk menyewa sepeda karena ini merupakan alat transportasi yang umum dipakai oleh orang Belanda. Selain itu, Anda juga bisa berjalan kaki untuk mengunjungi satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Terlebih lagi, banyak tempat wisata yang memiliki jarak cukup berdekatan. Belanda juga memiliki jaringan transportasi GVB yang terdiri dari bus, metro dan trem.

Budget Traveling ke Belanda

Salah satu hal yang paling penting sebelum berlibur adalah menentukan dan melakukan estimasi biaya untuk liburan ke Belanda. Apabila Anda melakukan berbagai aktivitas liburan di Belanda kurang lebih yang Anda butuhkan adalah sekitar 16 juta rupiah.

Jika Anda berencana untuk traveling ke Belanda, maka Anda harus menyiapkan dana sekitar 16 jt agar liburan Anda menjadi lebih menyenangkan tanpa perlu khawatir akan biaya. Bujet menjadi faktor utama selama liburan, maka cobalah disiplin dengan bujet yang telah ditentukan, supaya Anda tidak mengalami overbudget.

Siapkan Uang Tunai

Belanda adalah salah satu negara yang menggunakan mata uang Euro. Selain di bandara dan kota besar seperti Amsterdam, tidak terlalu mudah mendapati money changer, sehingga disarankan Anda sudah memiliki mata uang Euro ketika sampai di Belanda.

Besaran pecahan sebaiknya tidak lebih dari 50 Euro karena banyak sekali toko atau restoran yang menolak pembayaran dengan pecahan 100 Euro. Disarankan untuk selalu menyimpan uang koin selama Anda bepergian di Belanda karena banyak hal yang pembayarannya memerlukan koin, di antaranya adalah vending machine, locker penitipan koper di stasiun, mesin top up kartu transportasi, dan sebagainya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Bulgaria
Cara Kirim Uang ke Belgia
Cara Kirim Uang ke Austria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang

Bahasa

Hampir semua orang di Belanda dapat berbahasa Inggris dan mereka sangat senang membantu, sehingga tidak perlu khawatir soal komunikasi. Namun, akan sangat baik jika Anda dapat mengucapkan beberapa kata dasar Bahasa Belanda seperti dank “u wel” (terima kasih banyak), “goede morgen/middag/avond” (selama pagi/siang/sore), “astublieft” (silakan), dan “tot ziens” (sampai jumpa).

Warga lokal akan sangat mengapresiasinya Anda, karena mereka akan merasa Anda sedang mencoba menghargai mereka.

traveling ke belanda trem
Photo by redcharlie on Unsplash

Aktivitas yang Wajib Dilakukan Selama Traveling ke Belanda

Saat liburan ke Belanda, tentu saja Anda tidak ingin melewatkan momen berkesan. Banyak aktivitas dan tempat wisata yang berada di Belanda yang wajib Anda coba dan kunjungi.

Menggunakan sepeda untuk berkeliling dan eksplor

Sepeda merupakan alat transportasi orang Belanda, maka hal ini tentu saja yang wajib dilakukan agar bisa menikmati dan merasakan menjadi warga lokal. Lagipula sewa sepeda di Belanda cukup terjangkau dan jalur sepeda di seluruh kota sudah sangat baik.

Berlayar di atas kanal

Berlayar di atas Canal Cruise di Amsterdam merupakan salah satu hal yang wajib Anda coba saat berada di Belanda. Pastikan aktivitas ini masuk dalam itinerary Anda agar tidak lupa untuk mencobanya.

Foto di depan landmark Iamsterdam

Momen ini mungkin akan bisa menjadi bukti otentik bahwa Anda pernah berlibur ke amsterdam. Maka, jangan lupa untuk berfoto di landmark pusat kota ini ya.

Mengelilingi museum

Dari Rijksmuseum, yang ikonik dan pernah sejarah sampai Wondr Experience yang sangat kekinian ada banyak museum bagus di amsterdam dan layak saat berlibur ke sana.

Albert Cuyp Market

Saat Anda traveling ke Belanda, jangan mengeluarkan untuk mengunjungi ke Albert Cuyp Market yang disarankan untuk datang dengan perkosa lalu pergi dengan mencoba berbagai kuliner lokal yang ada di sana.

Itulah beberapa tips traveling ke Belanda dan aktivitas apa saja yang wajib Anda coba selama berlibur di sana. Pastikan Anda sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan matang, agar libur Anda berjalan sesuai dengan rencana.

Selain ke Amsterdam, Anda juga harus mencoba tempat wisata yang ada di luar kota Amsterdam yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat seperti Volendam, Edam dan Zaanse Schans.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram