Tips Traveling untuk Wanita

Artikel ini membahas tentang tips traveling untuk wanita yang biasanya suka melakukan solo traveling, maupun backpackeran dengan teman dekat, teman kantor, ataupun dengan komunitas.

Traveling adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan, karena mungkin kamu dapat menyegarkan kembali pikiran setelah kejenuhan yang dialami. Kebanyakan wanita kurang tertarik melakukan traveling, karena dunia petualangan dianggap kurang ramah bagi wanita dan banyak terjadinya kecelakaan maupun kejahatan pada wanita saat traveling.

Tips Traveling untuk Wanita
Pexels/AlexandrPodvalny

Hal ini, membuat sebagian besar wanita takut melakukan perjalanan jauh terutama apabila liburan sendirian, karena ada banyak sekali ancaman yang mengundang. Untuk itu, perlu memperhatikan tips traveling untuk wanita ini yang sangat penting bagi keselamatan kamu.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

1. Usahakan jangan berpergian sendirian

Tips Traveling untuk Wanita
Pexels/malimaeder

Tips traveling untuk wanita yang pertama, akan lebih baik apabila seorang perempuan yang ingin berpergian jauh untuk mencari teman yang dapat menemani perjalanan. Seorang wanita yang berpergian jauh mungkin akan cenderung meningkatkan angka kejahatan.

Kamu juga bisa pergi bersama tour guide untuk menemani, apabila tidak memiliki seorang teman yang mau diajak traveling. Maka keselamatan kamu dan keamanan akan terjamin.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

2. Sebaiknya wanita menghindari perjalanan malam

Tips Traveling untuk Wanita
Pexels/Gabriela Palai

Tips traveling untuk wanita yang kedua, untuk seorang wanita yang akan traveling, sebaiknya menghindari melakukan perjalanan malam karena sangat berbahaya. Apabila kamu harus pergi di malam hari, maka untuk meminimalisir tindak kejahatan sebaiknya tidak sendiran atau bersama teman.

Ini dikarenakan wanita sangat mudah menjadi korban kejahatan, terlebih lagi bila kamu sendirian di malam hari. Oleh karena itu, lebih baik bila kamu melakukan perjalanan di pagi atau siang hari saja.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

3. Mencari tempat penginapan terbaik

Tips Traveling untuk Wanita
Pexels/KetutSubiyanto

Tips traveling untuk wanita yang ketiga, kamu tidak perlu khawatir lagi saat memesan kamar,jika menyewa hotel. kamu sangat disarankan untuk memesan hostel yang khusus wanita, apabila kamu ingin menginap di sebuah hostel.

Karena cara kerja hostel itu seperti asrama,dimana beberapa orang dapat melakukan pesanan pada kamar yang sama dengan kasur masing-masing. Meskipun hostel jauh lebih murah, namun tingkat keamanan kamu jauh lebih penting, sehingga harus selalu waspada.

4. Membawa alat untuk pertahanan diri

Tips traveling untuk wanita yang ke-4, bagi seorang wanita yang ingin traveling, alat pertahanan diri penting untuk dibawa agar menghindari kejahatan yang mengancam diri. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di dalam perjalanan, sehingga perlu melakukan antisipasi apabila ada kejahatan yang mengancam.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Australia
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Kamu bisa langsung mengeluarkan alat tersebut apabila ada seseorang yang mencurigakan dan mengancam keselamatan untuk melawan mereka. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu membawa alat tersebut saat kemana-mana untuk melindungi diri.

5. Membawa barang seperlunya

Tips Traveling untuk Wanita
Unsplash/Arnel Hasanovic

Tips traveling untuk wanita yang ke-5, biasanya wanita akan dipusingkan dengan barang bawaan, yang selalu membawa semua barang yang mereka inginkan. Jika kamu merupakan salah satu di antara mereka, maka sebaiknya segera menghentikan hal tersebut karena mungkin dapat membahayakan keselamatan diri.

Hal tersebut dapat menarik perhatian orang lain dan mengundang tindakan yang mengancam keselamatan diri sendiri. Karena orang tersebut akan menganggap kamu adalah seorang wisatawan yang tidak tahu informasi tentang lokasi sekitar.

6. Tidak membawa barang yang mencolok

Tips Traveling untuk Wanita
Pexels/Anna Shvets

Tips traveling untuk wanita yang ke-6, sebaiknya kamu menghindari untuk membawa barang yang terlalu mencolok, karena akan sangat berbahaya bagi seorang wisatawan. Tujuan kamu melakukan perjalanan adalah menikmati keindahan dan bukan untuk pamer barang berharga.

Membawa barang yang mencolok hanya akan mengundang kejahatan datang pada diri kamu. Sebaiknya membawa barang yang diperlukan saja dan tidak mengancam keselamatan diri.

7. Menggunakan pakaian yang tertutup

Tips Traveling untuk Wanita
Unsplash/Yulia Agnis

Tips traveling untuk wanita yang ke-7, alangkah lebih baik apabila menggunakan hijab dan penutup rambut jika kamu seorang muslim. Hal ini dapat menghindari kamu, agar tidak mudah diganggu oleh orang yang tidak dikenal.

Sebaiknya kamu juga tidak menggunakan pakaian yang dapat menarik perhatian dan mengundang tindak kejahatan. Saat kamu menggunakan pakaian yang terlalu terbuka, tentu saja dapat menarik perhatian orang dan membahayakan diri sendiri.

8. Tidak mudah percaya dengan orang lain

Tips traveling untuk wanita yang ke-8, untuk kamu seorang wisatawan wanita sebaiknya jangan terlalu mempercayai orang lain, karena tidak semua orang yang ditemui merupakan orang baik. Oleh karena itu, jangan pernah mempercayai orang asing yang baru dikenal demi keselamatan diri, hal ini bukan berprasangka buruk terhadap orang lain tapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.

Meskipun semua orang kamu temui bukan orang jahat, namun sebagai antisipasi dan menjaga keselamatan diri maka sebaiknya kamu harus tetap waspada pada setiap prang yang ditemui.

Ikuti Cerita Komedi Cantau Kuliah di Perancis hanya di Transfez
@transfezMulai hari ini, ikuti keseruan si Cantau kuliah di Paris, siapa tahu malah jadi terinspirasi ya kan ##fyp ##kuliahdiperancis ##ceritakomedi ##transfez♬ original sound – Transfez

9. Selalu memberi kabar kepada keluarga

Tips Traveling untuk Wanita
Unsplash/Daria Nepriakhina

Tips traveling untuk wanita yang ke-9, jika kamu melakukan perjalanan untuk mengunjungi tempat wisata, sebaiknya saat berpergian selalu memberi kabar keluarga pada rencana perjalanan kamu. Dengan begitu, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada diri kamu, keluarga dapat membantu dalam pencarian.

Apabila ini meribetkan kamu di dalam perjalanan, setidaknya kamu bisa selalu share location kepada keluarga agar mereka tetap bisa memantau keberadaan kamu.

10. Membawa tas kecil untuk mengakses barang penting

Tips Traveling untuk Wanita
Pixabay/StockSnap

Untuk membawa barang bawaan biasanya traveler wanita lebih menyukai menggunakan koper. Karena mungkin koper tidak membutuhkan banyak tenaga dan lebih nyaman saat digunakan.

Namun, saat di perjalanan mungkin kamu akan mengalami kesulitan untuk mengambil barang penting karena tercampur dengan barang lain. Sehingga, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu membawa tas kecil untuk menyimpan dan mengakses barang penting.

11. Pisahkan Uang Kecil dan Besar

Tips Traveling untuk Wanita dari Transfez
Pexels/Karolina Grabowska

Saat berada di luar dan sedang berkeliling, sebaiknya kamu sudah memisahkan antara uang kecil dan uang besar. Jangan sampai kamu mengeluarkan uang besar saat berada ditempat umum.

Selain itu, ada baiknya bila kamu hanya membawa satu kartu ATM saja dan menyiapkan softcopy atau hardcopy dokumen penting. Hal ini untuk berjaga-jaga, apabila kamu hal yang tidak diinginkan terjadi saat traveling.

12. Selalu Menghindari Jalanan Sepi

Tips Traveling untuk Wanita dari Transfez
Pexels/Craig Adderley

Tips traveling untuk wanita yang terakhir, saat traveling, sebisa mungkin kamu menghindari jalanan yang sepi dan cukup gelap. Oleh karena itu, sebaiknya kamu untuk mencari banyak informasi di awal perjalanan supaya kamu tahu kira-kira jalan mana yang aman untuk dilewati. Selain itu, kamu harus selalu mengingat bahwa kejahatan bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Dengan melakukan tips traveling untuk wanita di atas, mungkin dapat membantu kamu saat di dalam perjalanan dan menikmati liburan dengan tenang. Karena hal yang paling penting adalah menikmati liburan kamu serta menghindari sesuatu yang dapat menumbuhkan kesan buruk saat traveling.

Instagram