universitas favorit di Malaysia

Malaysia adalah salah satu negara yang menarik untuk dijadikan tempat tujuan studi. Hal ini tidaklah mengherankan karena memang ada banyak universitas di Malaysia yang bagus. Lokasinya yang tidak terlalu jauh juga menjadi daya tarik tersendiri untuk berkuliah di Malaysia.

Membicarakan tentang pendidikan di Malaysia, berikut adalah beberapa universitas favorit di Malaysia yang bisa kamu jadikan tujuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Universiti Malaya

Yang pertama adalah Universiti Malaya. Universitas yang berlokasi di Kuala Lumpur, ibukota Malaysia, ini merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Malaysia. Kamu bisa memilih untuk belajar di fakultas berikut ini:

  1. The Faculty of Built Environment
  2. The Faculty of Languages and Linguistics
  3. The Faculty of Pharmacy
  4. The Faculty of Engineering
  5. The Faculty of Education
  6. The Faculty of Dentistry
  7. The Faculty of Business and Economics
  8. The Faculty of Medicine
  9. The Faculty of Science
  10. The Faculty of Computer Science and Information Technology
  11. The Faculty of Arts and Social Sciences
  12. The Faculty of Creative Arts
  13. The Faculty of Law

Universiti Kebangsaan Malaysia

Universitas selanjutnya adalah Universiti Kebangsaan Malaysia. Universitas ini terletak di selatan Kuala Lumpur tepatnya di Selangor. Salah satu fakultas yang bisa kamu ambil jika masuk ke salah satu universitas favorit di Malaysia ini adalah Fakulti Teknologi dan Sians Maklumat atau Faculty of Information Science & Technology. Jurusan untuk jenjang sarjana di fakultas tersebut antara lain adalah:

  1. Bachelor of Computer Science
  2. Bachelor of Information Technology
  3. Bachelor of Software Engineering 
  4. Bachelor of Software Engineering

Universiti Putra Malaysia

Sama seperti Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Putra Malaysia juga terletak di Selangor yang artinya jika berkuliah di sana kamu tidak akan berada terlalu jauh dari ibukota Malaysia, Kuala Lumpur.

Di antara banyaknya jurusan yang ada di universitas ini, kamu bisa mengambil jurusan ekonomi, mikrobiologi atau bahkan bioteknologi.

Universiti Sains Malaysia

Jika kampus-kampus sebelumnya berlokasi di sekitaran Kuala Lumpur, kampus yang satu ini terletak di George Town, Penang. Selain memiliki beragam jurusan dalam rumpun saintek, Universiti Sains Malaysia juga memiliki jurusan dari rumpun soshum seperti manajemen.

Universiti Teknologi Malaysia

Universitas favorit di Malaysia selanjutnya berada di bagian selatan Malaysia yang berbatasan dengan Singapura yaitu Universiti Teknologi Malaysia. Universitas ini berlokasi di Johor.

Di kampus ini tersedia program internasional yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk memasukinya. Berikut adalah fakultas program internasional yang ada di Universiti Teknologi Malaysia.

  1. Faculty of Engineering
  2. Faculty of Social Science & Humanities
  3. Faculty of Sciences
  4. Faculty of Built Environment & Surveying
  5. Azman Hashim International Business School
  6. Razak Faculty of Technology and Informatics
  7. Malaysia – Japan International Institute of Technology

Universiti Teknologi Petronas

Universiti Teknologi Petronas merupakan sebuah universitas swasta yang berlokasi di Perak. Perak sendiri jika dilihat di peta berada di sebelah selatan dari Penang. Kampus ini memiliki dua fakultas yang bisa kamu pilih yaitu:

  1. Faculty of Engineering
  2. Faculty of Science and Information Technology

Universiti Utara Malaysia

Sesuai namanya, Universiti Utara Malaysia terletak di bagian ujung utara Malaysia tepatnya di Kedah. Salah satu universitas favorit di Malaysia ini memiliki program internasional yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Adapun fakultas yang bisa kamu pilih sebagai mahasiswa internasional adalah sebagai berikut:

  1. SCHOOL OF MULTIMEDIA TECHNOLOGY & COMMUNICATION
  2. SCHOOL OF BUSINESS MANAGEMENT
  3. SCHOOL OF CREATIVE INDUSTRY MANAGEMENT & PERFORMING ARTS
  4. SCHOOL OF TECHNOLOGY MANAGEMENT & LOGISTICS
  5. SCHOOL OF COMPUTING
  6. SCHOOL OF GOVERNMENT
  7. SCHOOL OF QUANTITATIVE SCIENCES
  8. SCHOOL OF INTERNATIONAL STUDIES
  9. TUNKU PUTERI INTAN SAFINAZ SCHOOL OF ACCOUNTANCY
  10. SCHOOL OF TOURISM, HOSPITALITY & EVENT MANAGEMENT
  11. SCHOOL OF ECONOMICS, FINANCE & BANKING
  12. SCHOOL OF APPLIED PSYCHOLOGY, SOCIAL WORK & POLICY
  13. SCHOOL OF LAW
  14. ISLAMIC BUSINESS SCHOOL

Demikian beberapa universitas favorit di Malaysia yang bisa kamu jadikan tempat untuk melanjutkan studimu. Jika kelak kamu berkuliah di salah satu universitas favorit di Malaysia di atas, kamu tidak perlu khawatir terkait dengan pengiriman uang dari Indonesia ke Malaysia.

Photo by bari abikar on Unsplash

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram