Pengertian dan Contoh Lengkap FMCG

Artikel tentang FMCG. Berdasarkan kepada keinginan perusahaan untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan para pelanggannya membuat perkembangan ritel di Indonesia berkembang cukup pesat.

Seseorang akan mengambil keputusan yang berdasarkan atas kebutuhan dan apa yang mereka inginkan pada saat membeli jasa atau barang. Ketika kebutuhan bersifat rutinitas dalam keinginan memenuhi kebutuhan keluarga maka akan timbul pula keputusan yang akan semakin kuat.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang cukup tinggi dan sebagian besarnya merupakan usia yang produktif oleh karena itulah perkembangan ritel juga menjadi semakin pesat. Perkembangan yang pesat tersebut membuat Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga Cara Transfer uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer uang ke USA
Cara Transfer uang ke Singapura
Cara Transfer uang ke Cina
Cara Transfer uang ke Malaysia
Cara Transfer uang ke Jepang

Di Indonesia tumbuh dengan sangat pesat pada industri ritel modern dalam kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG), pada segmen supermarket dan minimarket pertumbuhan tertinggi tersebut terjadi.

Pengertian FMCG

Pengertian dan Contoh Lengkap FMCG

Fast Moving Consumer Goods atau disingkat menjadi FMCG ini adalah produk atau barang-barang yang sering digunakan atau dibeli oleh konsumen seperti contohnya yaitu sabun, pasta gigi, sampo, tisu, gula, minuman, koran dan masih banyak lagi lainnya.

Pengertian tersebut diambil dari seorang penulis yang berasal dari Australia bernama Sien Brierly. Produk yang mempunyai perputaran omset dengan cepat dan biaya produksi rendah juga merupakan pengertian Fast Moving Consumer Goods.

Produk yang masa kadaluarsanya relative cepat atau singkat dan memiliki sifat mudah rusak, maka dengan produk yang seperti itu membuat para pembeli atau konsumen tidak berlama-lama dalam berpikir dan langsung dapat menentukan pilihan.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Karena hal tersebut juga jenis produk FMCG ini sangat sering dibeli oleh konsumen dan tak sedikit pula ada pembeli yang membeli dalam jumlah banyak sekaligus.

Produk-produk yang sering dibeli dan digunakan oleh para konsumen untuk dapat dikonsumsi secara rutin dan teratur itu merupakan kesimpulan atas pengertian para ahli tentang FMCG.
Terdapat banyak produk Fast Moving Consumer Goods pada saat ini, dikarenakan kebutuhan dan pertumbuhan penduduk semakin terus meningkat.

Para konsumen atau user yang ingin memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya membuat produk dari FMCG ini menjadi barang atau produk yang paling dibutuhkan atau dicari.

Ada beberapa aspek dan kategori dari bentuk FMCG ini, contohnya kebutuhan rumah tangga, keperluan pribadi, perlengkapan alat tulis, paket makanan dan sebagainya. Produk-produk atau barang tersebut ialah produksi yang dilakukan perusahaan di sektor industri ini.

Perusahaan dari tingkat nasional hingga multinasional telah mengoperasikan industri FMCG ini. Pengembangan inovasi dari setiap masing-masing perusahaan membuat industry FMCG menjadi tumbuh sangat pesat pada setiap Negara termasuk di Negara Indonesia.

Kategori Produk

Terdapat setidaknya 4 kategori produk utama yang ada di Indonesia. Kategori tersebut adalah alcohol, rokok, home care and personal care, foods and beverages.

Barang atau produk-produk untuk merawat rumah dan pribadi disebut dengan nama home care and personal care, contohnya pakaian, alat kebersihan, kosmetik, perlengkapan mandi dan lainnya. Kemudian bahan makanan dan minuman yang bisa langsung dimakan atau diminum maupun harus dimasak terlebih dahulu merupakan sebutan untuk foods kamu beverages, misalnya kopi, gula, susu, mi instan, teh, susu dan lain-lain.

Perusahaan-perusahaan seperti Nestle, Garuda Food, Unilever, Mayora, dan Coca-Cola sudah menjadi populer dan dikenal banyak orang khususnya di Indonesia.

Perusahaan-perusahaan tersebut menjadi populer karena minat banyak orang terhadap produk-produknya yang sangat tinggi pada bidang minuman dan makanan.

Perkembangan FMCG

Seiring dengan meningkatnya keperluan atau kebutuhan manusia yang semakin banyak, sektor industri FMCG di Indonesia ini pun mulai berkembang pesat. Hal ini pun dikarenakan permintaan pasar yang ingin produk bernilai tinggi dengan waktu produksi yang relatif cepat atau singkat.

Oleh karena itu, suatu sistem produksi yang tepat supaya dapat menggaet konsumen atau pembeli dengan lebih maksimal yang dibutuhkan suatu perusahaan. Sistem untuk memproduksi barang konsumsi sudah banyak dipilih sebagai sektor perindustrian.

Industri di Indonesia secara garis besar telah mengalami pergeseran sektor ekonomi dan industri primer menuju industri sekunder semenjak adanya perkembangan industri ini. Maksud dari pergeseran tersebut ialah adanya perubahan produksi barang mentah menjadi barang setengah jadi atau produksi barang setengah jadi menjadi barang jadi dalam berbagai kategori.

Dibutuhkan suatu strategi yang konsisten dan tepat supaya dapat mewujudkan industri yang kuat dan tangguh pada pertumbuhan sektor industri FMCG belakangan ini.

Dengan strategi tersebut dapat membuat kebutuhan masyarakat terhadap produk Fast Moving Consumer Goods ini bisa mendorong tumbuhnya perekonomian, meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan kerja, dan dapat mengurangi kemiskinan di Indonesia.

Pada masa sekarang yang mana sedang tren bisnis online atau biasa disebut olshop sehingga proses pendistribusian produk industri ini dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah dan juga hanya membutuhkan anggaran atau biaya yang relatif lebih sedikit atau kecil.

Dampak FMCG

Terdapat dampak positif dan tentunya negatif dalam kegiatan industri FMCG ini yang mana sebagai pilihan sistem produksi yang dianggap menguntungkan. Kebutuhan barang atau produk konsumsi masyarakat akan terpenuhi dengan cepat dan secara terus menerus dengan adanya kegiatan industri ini.

Perusahaan dapat membuat barang atau produksi secara masal dengan tetap menjaga kualitas barang supaya tetap dalam keadaan yang diharapkan oleh pasar dengan nilai tambah yang tinggi.

Dampak yang cukup membahayakan untuk masyarakat dari kegiatan industri FMCG ini adalah ketakutan akan munculnya pabrik-pabrik industri di suatu wilayah yang dapat membuat masalah karena pembuangan limbah yang sembarangan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi tentang FMCG semoga dengan tulisan ini kamu semakin memahaminya. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram