kuliah di hongkong belajar apa lur

Hongkong adalah salah satu negara yang cukup populer pendidikannya. Banyak mahasiswa datang dari berbagai belahan dunia untuk melanjutkan studinya di Hongkong termasuk juga dari Indonesia. Banyak universitas di Hongkong memiliki reputasi yang baik dan inilah salah satu alasan kenapa banyak pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di Hongkong.

Sebagai bagian dari Tiongkok, suasana Hongkong tidaklah begitu berbeda jauh dengan kota-kota besar Tiongkok pada umumnya. Pengaruh kebudayaannya pun amat kental terasa baik dalam hal arsitektur maupun kulinernya.

Bahasa resmi yang digunakan di Hongkong adalah Mandarin dan Inggris. Penggunaan bahasa Inggrsi pada skala besar bukan hanya diterapkan di tingkat pendidikan tinggi saja namun juga dalam interaksi sehari-hari. Buat kamu yang berencana menempuh pendidikan lanjutan di Hongkong, kamu harus siap dengan kebiasaan hidup warga sana yang serba cepat.

Biaya kuliah di Hongkong boleh dibilang cenderung mahal. Biaya ini sebenarnya sepadan dengan kualitas pendidikan yang diberikan. Umumnya, biaya kuliah per tahun adalah sekitar EUR 9.700 – 28.700 (IDR 160 – 478 juta). Biaya tersebut belum termasuk pengeluaran lainnya, seperti buku, akomodasi, makanan, transportasi, dan lainnya. Oiya, banyak sekali unviersitas di Hongkong yang menyediakan beasiswa sebagai kompensasi biaya kuliah ataupun biaya hidup.

Beberapa jurusan yang banyak diminati pelajar internasional di Hongkong antara lain adalah:

  • Bisnis dan manajemen
  • Ilmu sosial
  • Teknik dan teknologi
  • Pengobatan dan kesehatan

Daftar Universitas Ternama di Hong Kong

Hampir 20 universitas di Hongkong mendapat gelar institusi terbaik. Delapan di antaranya adalah universitas negeri, di mana dalam proses pengajarannya menggunakan bahasa Inggris sebagai media pembelajaran.

Pada tahun 2021, QS World University Ranking memberikan peringkat pada beberapa universitas di Hongkong yang mana telah memberikan banyak kontribusi dalam mencetak lulusan yang berkualitas tinggi. Beberapa universitas tersebut adalah:

  • University of Hong Kong yang menempati peringkat ke-22
  • Hong Kong University of Science and Technology menempati peringkat ke-27
  • Chinese University of Hong Kong menempati peringkat ke-43
  • City Uiversity of Hong Kong menempati peringkat ke-48

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Rekomendasi Universitas Hongkong untuk Pelajar Internasional

Universitas berikut adalah pilihan utama yang sering menjadi tujuan dari pelajar internasional. Walau biaya pendidikannya terbilang cukup mahal, namun tersedia beasiswa untuk siswa asing yang bisa kamu coba.

University of Hong Kong (HKDU)

HKDU merupakan universitas negeri tertua yang ada di Hongkong. Universitas ini mendapatkan peringkat 22 dari 100 terbaik dunia dan menyediakan 99 program unggulan.

  • Biaya pendaftaran: HKD 450 (IDR 825 ribu)
  • Biaya kuliah: HKD 145.000 9 (IDR 266 juta) per tahun

Hong Kong Polytechnic University (PolyU)

Pada tahun 2019 PolyU selalu masuk dalam jajaran 50 universitas terbaik dunia selama 50 tahun berturut-turut. Tahun 2021, universitas ini menempati posisi ke-66 dalam QS World University Ranking. PolyU menyediakan 80 program jurusan.

  • Biaya kuliah: HKD 145.000 (IDR 266 juta) per tahun

University of Law Hong Kong

Universitas ini adalah universitas yang didirikan oleh Inggris pada tahun 1867 dan sekarang telah memiliki 13 kampus yang tersebar di UK dan Hongkong. Terdapat 23 program jurusan, diantaranya hukum, bisnis dan manajemen, obat dan kesehatan.

  • Biaya kuliah: EUR 14.150 (IDR 233 juta) per tahun

City University of Hong Kong (CityU)

Universitas ini menduduki peringkat 53 universitas terbaik dunia pada tahun 2021 dan menyediakan 49 program jurusan.

  • Biaya kuliah: HKD 140.000 (IDR 257 juta) per tahun
kuliah di hongkong biar makin pinter lur
Photo by 𝓴𝓘𝓡𝓚 𝕝𝔸𝕀 on Unsplash

Chinese University of Hong Kong (CUHK)

CUHK menempati peringkat 59 universitas terbaik dunia pada tahun 2021. Universitas ini menyediakan program jurusan untuk Diploma dan Sarjana.

  • Biaya kuliah untuk Diploma: HKD 145.000 (IDR 266 juta)
  • Biaya kuliah untuk untuk Sarjana: HKD 200.000 (IDR 366 juta)

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Beasiswa di Hongkong

Beasiswa untuk belajar di universitas di Hongkong dapat diadakan baik oleh universitas atau bisa juga oleh pemerintah. Jika kamu berkewarganegaraan Indonesia dan ingin melanjutkan pendidikan di Hongkong, kamu bisa mencoba melamar beasiswa pada lembaga LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan).

Biaya Hidup di Hongkong

Berdasarkan survey dari beberapa pelajar internasional yang berkuliah di Hongkong, banyak yang mengatakan bahwa kebutuhan hidup di sana cenderung mahal. Beberapa hal penting yang menjadi kebutuhan primer bagi siswa asing adalah:

  • Asuransi: EUR 480 (IDR 8 juta) yang berlaku selama 10 bulan dan wajib diperbarui
  • Vaksin: EUR 285 (IDR 5 juta)
  • Materi pelajaran: EUR 100 (IDR 1.7 juta) per bulan
  • Akomodasi EUR 700 (IDR 12 juta) per bulan

Biaya Akomodasi

Kebanyakan universitas di Hongkong menyediakan akomodasi berupa hostel. Namun siswa internasional juga dapat mencari akomodasi secara mandiri. Biaya sewa apartemen di Hongkong dirincikan sebagai berikut ini.

  • Apartemen (1 kamar) di pusat kota: EUR 1.952 (IDR 33 juta) per bulan
  • Apartemen (1 kamar) di pinggir kota: EUR 1.358 (IDR 23 juta) per bulan

Biaya Makan

Kisaran biaya untuk sekali makan di restoran biasa adalah EUR 7 (IDR 300 ribu). Ada juga makanan cepat saji seharga EUR 5 (IDR 83 ribu). Untuk menghemat pengeluaran, belanja mingguan di pasar adalah langkah yang tepat.

Biaya Transportasi

Trasnportasi di Hongkong sangatlah beragam, namun kebanyakan warga lebih sering menggunakan tranportasi lokal seperti bus kota.

Bus: EUR 2 (IDR 33 ribu)

Taxi: EUR 3 (IDR 66 ribu) untuk tariff normal per km.

Pakaian dan Sepatu

Tentunya keinginan untuk membeli pakaian pasti ada. Kebutuhan akan pakaian dan sepatu merupakan kebutuhan sekunder dan terkadang kita memerlukan pakaian baru dalam kurun waktu 1 kali dalam 3 bulan. Berikut ini rincian biaya pakaian dan sepatu di Hongkong.

  • Celana jeans (merek Levis): EUR 65 (IDR 1.1 juta)
  • Gaun (mereka Zara dan H&M): EUR 30 (IDR 500 ribu)
  • Sepasang sepatu sport (merek Nike): EUR 80 (IDR 1.4 juta)
  • Sepasang sepatu kulit: EUR 97 (IDR 1.6 juta)

Biaya Lain-lain

Tidak semua tempat tinggal menyediakan utility, sehingga siswa harus membayar biaya sewa dan utility secara terpisah. Utility yang dimaksud adalah listrik, pemanas/pendingin ruangan, air, dan sampah. Semua itu jika ditotalkan bisa mencapai jumlah EUR 200 (IDR 3.3 juta) per bulan. Selain itu, keperluan internet memakan harga sekitar EUR 22 (IDR 362 ribu) per bulan.

Sekarang kamu sudah tau rincian biaya kuliah dan biaya hidup di Hongkong. Jika kamu berniat untuk menempuh pendidikan disana, kejar beasiswa dan siapkan budget untuk menjalani pendidikan yang kamu impikan yaaa.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram