Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Melalui BNI Transfez

Melakukan pengiriman uang ke luar negeri bukan lagi menjadi perkara yang sulit saat ini. Banyak sekali pilihan fasilitas yang dapat kamu gunakan untuk melakukannya, salah satunya dengan menggunakan layanan yang diberikan Bank BNI.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Layanan ini telah didukung oleh kantor cabang BNI diluar negeri seperti Seoul, London, New York, Singapura, HongKong dan Tokyo, serta didukung oleh 1.600 bank diseluruh dunia.

Layanan dari BNI ini sudah mendapatkan penghargaan selama 11 tahun berturut-turut, karena memberikan pelayanan terbaik sserta mampu menerima transaksi dalam 125 jenis mata uang di dunia dan memiliki kecepatan pengiriman yang sangat baik.

Syarat BNI Smart Remittance

Berikut beberapa persyaratan untuk menggunakan layanan BNI Smart Remmittance:
• Nasabah BNI (bukan walk in customer)
• Membawa buku tabungan ke cabang BNI dan membayar biaya kirim sesuai ketentuan
• Membawa dokumen underlying yang sesuai dengan kebutuhan transaksi OTR
• SWIFT code bank tujuan pengiriman uang, apabila kamu belum tahu bisa dicari terlebih dahulu melalui http://www.theswiftcodes.com/.
• IBAN code (International Bank Account Number) atau nomor rekening internasional Bank tujuan.
• Nama bank tujuan
• Negara tujuan transfer
• Nama pemilik rekening

Biaya Transfer Uang ke Luar Negeri

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI

Biaya yang diperlukan untuk melakukan pengiriman uang keluar negeri biasanya beragam, untuk Bank BNI sendiri, biaya yang diperlukan sekitar Rp. 35.000 (Biaya TT Swift), USD 5 – 50 (Biaya Provisi) dan USD25 (Biaya ongkos Bank koresponden).

Lama Waktu Pengiriman

Untuk bukti pengiriman uang ke luar negeri yang telah kamu lakukan, dapat langsung diperoleh pada saat itu juga dan hanya butuh menunggu beberapa menit saja. Transaksi akan ditolak apabila terjadi kesalahan penginputan.

Apabila rekening penerima merupakan ada di salah satu cabang BNI, maka dana akan masuk pada hari yang sama dan paling lama di hari kerja berikutnya. Namun, jika rekening penerima selain BNI biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hari – 1 minggu, dan jika ditransfer pada hari libur bank di Indonesia maka transfer dilaksanakan pada hari kerja berikutnya.

Jenis-jenis Remittance

1. Pengiriman uang ke luar negeri (Outgoing/Outward Remittance)

Layanan ini memberikan fasilitas untuk mebuat setiap orang atau lembaga untuk melakukan transfer uang dari dalam negeri ke rekening bank luar negeri dalam bentuk valuta asing. Layanan ini biasanya digunakan oleh warga negara Indonesia yang ingin mengirimkan uang mereka kepada keluarga yang berada di luar negeri, misalnya pada pelajar yang menuntut ilmu disana dan memerlukan uang bulanan dari orang tuanya.

Walau tidak semua, kebanyakan bank domestik sudah menyediakan layanan remittance jenis ini. kamu harus mencari tahu kelebihan masing-masing produk dari layanan ini di bank sebelum menggunakannya.

2. Pengiriman uang dari luar negeri (Incoming Remittance)

Layanan ini adalah kebalikan dari layanan diatas, dimana layanan ini meberikan kemudahan untuk mengirimkan uang dari luar negeri dalam bentuk mata uang asing dengan tujuan rekening bank yang ada di dalam negeri.

Pentingnya Layanan Remittance

1 2 Layanan Remittance Konvensional dan Modern
[:id]Pengisian Formulir[:]
Layanan ini memiliki beberapa manfaat ketika digunakan, tidak hanya bagi nasabah, namun layanan ini juga berdampak baik bagi negara. Berikut berbagai keutamaan dari layanan ini:

Manfaat untuk negara

• Bila terjadi krisis di suatu negara, layanan ini bisa menjadi penolong karena pendapatan dari layanan ini cenderung stabil dan jumlahnya pun banyak
• Bisa menjadi sumber pendapatan sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Manfaat untuk masyarakat

• Memudahkan transfer uang ke luar negeri melalui website dengan proses yang mudah dan aman serta biaya transfer juga relatif rendah dibanding layanan transfer lainnya
• Sebagai layanan untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri atau dari luar ke dalam negeri sehingga memudahkan pengiriman uang untuk keluarga atau anak yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri
• Bank Indonesia menjamin keamanan transaksi dan Otoritas Jasa Keuangan juga mengawasi praktiknya

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Keuntungan Remittance bagi Nasabah

Remittance memiliki banyak keunggulan. Berikut keunggulan yang wajib kamu ketahui:

1. Mudah dan cepat

Keunggulan yang pertama adalah mudah dan cepat dilakukan dengan menggunakan internet. Tujuan rekening nya dapat berupa bank maupun langsung diambil secara tunai. Bahkan beberapa jasa, memberikan fasilitas berupa jaminan transfer ke luar negeri dalam hitungan jam.
Hal ini menjadikan layanan ini memiliki keuntungan dibandingkan yang lain.

2. Membantu masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan

Layanan ini dapat dijangkau oleh semua kalangan bahkan bagi mereka yang belum mengenal layanan keuangan sekalipun. Faktor remitansi yang menjangkau keberadaan masyarakat pada daerah tertentu dan memberikan mereka kesempatan untuk memiliki rekening perbankan suatu hari nanti.

3. Biaya pengiriman remittance lebih rendah

Bila tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membayar biaya transfer ke luar negeri, remittance adalah solusi atas permasalahan ini. Keunggulan remitansi adalah punya biaya pengiriman yang lebih rendah dibandingkan jasa pengiriman uang lainnya.

4. Menjamin keamanan saat bertransaksi

Layanan remittance juga menjamin keamanan dalam setiap transaksinya, menandakan setiap uang yang dikirimkan atau diterima bisa di pertanggung jawabkan oleh pihak remitansi. Prosedurnya yang transparan memberikan nasabah kebebasan untuk memantau proses transfer uang dari dalam atau dari luar negeri begitu juga sebaliknya.

Bank Indonesia juga menjamin keamanan transaksi dan Otoritas Jasa Keuangan juga mengawasi praktiknya. Jadi, pilih perusahaan yang sudah mendapatkan license dari beberapa lembaga keuangan yang berwenang seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

Kemudahan dalam mengirmkan dan menerima uang atau transfer sudah semakin baik dengan berkembangnya teknologi. Bahkan pengiriman uang keluar negeri pun sudah dapat dilakukan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Banyak sekali fasilitas yang tersedia dan diberikan oleh beberapa Bank atau jasa lainnya, terutama Bank BNI yang banyak memberikan kemudahan bagi nasabahnya utnuk melakukan pengiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri maupun sebaliknya. Sehingga, proses bisnis kamu atau mengirimkan uang kamu kepada anak kamu yang sedang menuntut ilmu di luar negeri menjadi semakin lebih mudah.

Instagram