Bagaimana Ekonomi Kreatif Dapat Meningkatkan Potensi Daerah Wisata?

Bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata tentunya harus melalui berbagai cara untuk mempromosikan desa tersebut pada publik. Adanya desa wisata yang berada di pelosok dan tidak dikenali oleh masyarakat luas tentunya membuat desa tersebut tidak dapat dijadikan sebagai desa wisata.

Hal ini dikarenakan kalangan masyarakat tidak mengetahui akan desa wisata tersebut meskipun memiliki potensi yang cukup bagus dan menjanjikan. Dengan demikian harus ada kerjasama yang dilakukan oleh masyarakat sekitar dengan pemerintah untuk mengenalkan desa wisata tersebut melalui ekonomi kreatif.

Bagaimana Ekonomi Kreatif Dapat Meningkatkan Potensi Daerah Wisata

Cara Bagaimana Ekonomi Kreatif Dapat Meningkatkan Potensi Daerah Wisata

Dalam upaya untuk meningkatkan potensi daerah wisata sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan terlebih apabila desa tersebut sudah menerapkan ekonomi kreatif. Sebenarnya ekonomi kreatif ini sudah bisa masuk ke kawasan pedesaan apabila memang masyarakatnya sendiri memiliki pikiran ide inovatif dan kreatif yang siap untuk dimunculkan.

Jika memang ide kreatif dan inovatif tersebut belum bermunculan maka tentunya dari pihak pemerintah menggencarkan adanya pelatihan terlebih dahulu bagi masyarakat supaya bisa memahami terkait apa itu ekonomi kreatif. Berikut ini adalah cara yang tepat untuk bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata:

1. Membuat fotografi ataupun video konten

Di era digital ini hampir semua kalangan masyarakat sudah memiliki handphone yang digunakan untuk komunikasi, bahkan sudah banyak yang memiliki smartphone dengan kualitas kamera dan video sangat bagus. Dengan demikian fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengambil gambar dari daerah wisata tersebut kemudian di kreativitaskan menggunakan prinsip dari ekonomi kreatif yang nantinya bisa meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut.

Jenis-jenis dari ekonomi kreatif pun sangat banyak salah satunya adalah hasil karya berupa fotografi serta video konten. Hal ini dikarenakan untuk mengambil gambar bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan karena pemilihan angle yang tepat bisa memberikan inspirasi menarik dan tentunya memberikan daya tarik tersendiri untuk desa wisata tersebut supaya lebih dikenal oleh kalangan lebih luas lagi yang nantinya bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak dan berpotensi untuk memperoleh keuntungan dari ramainya pengunjung ke desa wisata.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

2. Membuat kerajinan tangan

Bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata yaitu dengan menghadirkan kerajinan tangan yang bisa dilakukan oleh masyarakat setempat dengan mengeluarkan ide kreatif dan inovatifnya. Dalam pembuatan kerajinan tangan tentunya bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan karena nantinya pihak pelaku ekonomi yang membuat kerajinan tangan tersebut harus mengeluarkan ide dan untuk mendapatkan kreativitas tersebut tidak bisa datang begitu saja.

Apabila hasil dari kerajinan tangan tersebut memiliki nilai jual yang tinggi tentunya mampu mendongkrak potensi daerah wisata setempat. Sehingga tidak hanya menghadirkan desa wisata namun juga menawarkan kerajinan tangan produksi homemade yang dilakukan oleh warga setempat dengan menjual ide kreatif dan inovatifnya.

3. Melakukan pemasaran

Bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata salah satunya dengan melakukan pemasaran baik dari daerah wisatanya itu sendiri ataupun hal unik yang ada di desa tersebut. Dalam upaya untuk melakukan pemasaran sebenarnya bisa dilakukan melalui banyak cara baik itu dilakukan secara online menggunakan media sosial ataupun media online yang tersedia, Selain itu pemasaran juga bisa dilakukan menggunakan media offline dalam bentuk pamflet, brosur, baliho dan lain sebagainya.

Sementara itu untuk menghadirkan ide kreatif yang nantinya bisa memasarkan potensi daerah wisata ini tentunya tidak hanya sekedar pemasaran namun juga bagaimana cara supaya pemasaran yang dilakukan mampu memberikan daya tarik pada kalangan masyarakat supaya datang ke daerah wisata tersebut. Maka dari itu untuk melakukan pemasaran sebaiknya langsung bekerja sama dengan pihak perikanan yang nantinya bisa membantu kamu untuk mengatasi proses pemasaran baik itu dilakukan secara online ataupun offline yang biasanya mereka akan menggunakan ide kreatif dan inovatifnya untuk menghasilkan karya yang menarik.

4. Meningkatkan pendidikan para pemandu wisata

Bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata tentunya ini menjadi upaya yang perlu dilakukan oleh pemerintah sehingga para pemandu wisata bisa mendapatkan perhatian lebih untuk memperoleh pelatihan ekonomi kreatif. Pemandu wisata yang begitu-begitu saja tentunya tidak membawa daya tarik yang unik terhadap wisatawan yang datang, terlebih atas tanpa adanya pengalaman yang memadai atas ekonomi kreatif tentunya membuat pemandu wisata tersebut kesulitan untuk membantu para wisatawan yang datang.

Ekonomi kreatif memiliki peranan yang sangat besar untuk mendukung potensi daerah wisata supaya lebih maju dan berkembang hingga dikenal oleh masyarakat lebih luas. Dengan adanya kolaborasi yang bagus antara pelaku ekonomi kreatif ini dengan pemerintah tentunya membuahkan hasil untuk memberikan potensi yang besar terhadap daerah wisata.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

5. Mendirikan hotel yang artistik

Dalam mendirikan hotelnya artistik ini bisa menjadi cara dari ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata. Hal ini dikarenakan pelaku ekonomi ini menjual ide kreatif dan inovatifnya dari hotel yang ditawarkan dengan mengusung konsep yang berbeda dibandingkan milik dari kompetitor lainnya.

Banyaknya hotel yang artistik di kawasan daerah wisata tentunya bisa meningkatkan potensi daerah wisata untuk bisa didatangi oleh para wisatawan. Dengan demikian dampak dari pemanfaatan ekonomi kreatif sangat menjual untuk memasarkan daerah wisata supaya lebih dikenal oleh publik yang lebih luas.

6. Menawarkan wisata kuliner

Dalam upaya untuk meningkatkan daerah wisata bisa dilakukan dengan menawarkan wisata kuliner bagi pengunjung yang datang sehingga meningkatkan nilai jual di daerah tersebut. Wisata kuliner menjadi jenis dari ekonomi kreatif yang sangat memungkinkan mempunyai potensi sangat besar untuk meningkatkan desa wisata tersebut dikunjungi oleh para wisatawan.

Hal ini dikarenakan wisata kuliner sudah merambah ke sejumlah daerah hingga kawasan perkotaan yang tentunya memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terlebih jika kuliner yang kamu hadirkan memiliki cita rasa yang lezat dan tidak tertandingi dengan restoran lain. Dengan demikian untuk menghadirkan wisata kuliner sebaiknya tidak hanya menyajikan menu hidangan saja namun juga menghadirkan keunikan sendiri baik itu keindahan ataupun pelayanan yang bisa memberikan kenyamanan lebih bagi para wisatawan yang datang.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata setempat. Dengan adanya ekonomi kreatif tentunya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik lagi.