Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya

Apa yang kamu tahu tentang strategi pemasaran digital? Pesatnya perkembangan teknologi menjadikan banyak kemudahan dalam melakukan penjualan secara digital. Strategi pemasaran dengan menggunakan media dirasa ampuh untuk mendatangkan keuntungan lebih banyak lagi.

Pemasaran digital atau digital marketing bukan suatu hal yang baru lagi untuk digunakan. Pasalnya setiap penjualan atas bisnis produk sekarang ini banyak yang memanfaatkan media untuk pemasaran.

Apa Itu Pemasaran Digital?

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya

Pemasaran Digital adalah sebuah kegiatan untuk melakukan pemasaran pada produk ataupun brand dengan memanfaatkan media digital. Tujuannya dari pemasaran digital ini yakni untuk menarik para konsumen lebih cepat dalam memutuskan pembelian pada produk.

Sekarang ini penerimaan teknologi dan juga internet sangat luas sehingga bukan suatu hal baru lagi untuk dijadikan pilihan utama dalam memasarkan produk. Maka tidak heran jika banyak perusahaan yang menyajikan konten guna menampilkan pemasaran produk di dunia maya.

Kelebihan dari Pemasaran Digital

Banyaknya strategi pemasaran yang dilakukan secara digital bagi setiap bisnis perseorangan ataupun perusahaan. Hal ini menunjukkan adanya kelebihan dari penggunaan pemasaran digital.
Inilah beberapa kelebihan dari pemasaran digital jika dibandingkan dengan sistem konvensional:

1. Kecepatan penyebaran informasi

Pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media digital sangat cepat diterima oleh publik. Maka dengan begitu kamu tidak perlu menunggu dalam waktu lama untuk mengetahui respon dari calon konsumen atas produk yang ditawarkan.

Selain itu dalam postingan yang sudah diunggah ini akan terlihat insight secara jelas berapa banyak orang mengunjungi akun bisnis kamu. Selain itu DM juga dapat diukur secara realtime.

2. Memudahkan dalam evaluasi

Setiap menjalankan strategi pemasaran maka penting bagi pemilik bisnis untuk melakukan evaluasi atas produk ataupun sajian konten. Dalam hal konten, kamu bisa dengan mudah mengetahui seberapa banyak orang yang sudah melihatnya serta berapa banyak konversi atas penjualan yang sudah dilakukan dalam satu hari.

Dengan mengetahui informasi secara lengkap maka memudahkan kamu dalam melakukan evaluasi. Sehingga bisa diperbaiki untuk langkah ke depan.

3. Menjangkau konsumen lebih luas

Kelebihan dari pemasaran secara digital yakni mampu menjangkau konsumen lebih luas sehingga penjualan kamu tidak sebatas orang sekitar saja. Dengan adanya kemudahan jangkauan geografis maka membuat kamu bisa menyebarkan produk ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri menggunakan jaringan internet.

4. Murah dan efektif dalam penggunaan

Dibandingkan dengan menggunakan pemasaran secara konvensional, strategi pemasaran secara digital lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang dibutuhkan lebih hemat 40 persen daripada pemasaran konvensional.

Jadi pemasaran digital tidak perlu membuat anggaran yang cukup banyak dalam melakukan pemasaran produk. Selain itu penggunaannya yang efektif bisa membuat kamu melakukannya sendiri tanpa harus merepotkan banyak orang.

5. Membangun nama brand

Pemasaran secara digital akan membantu kamu dalam membangun brand dengan baik dah dikenal oleh banyak orang. Eksistensi dari keberadaan dunia digital dalam membangun brand menjadi sangat penting dan memudahkan pencarian sebelum calon konsumen memutuskan untuk membeli produk.

Strategi Pemasaran Digital

Setelah kamu mengetahui pengertian dari pemasaran digital serta kelebihan yang dimilikinya. Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan dalam digital marketing untuk memasarkan produk kamu, di antaranya:

1. SEO atau Search Engine Optimization

SEO merupakan upaya guna mengoptimalisasi atas sebuah situs web agar bisa mendapatkan peringkat atas dari hasil pencarian. Dalam membuat situs web kamu berada di peringkat atas maka sangat penting memahami tentang sistem dari mesin pencari.

Dengan membuat situs web kamu berada di peringkat atas kemungkinan dikunjungi akan lebih besar. Para pengunjung juga akan melihat produk yang sedang kamu jual sebelum memutuskan untuk membelinya.

2. Content marketing

Strategi pemasaran kegiatan yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan di mana berdampak pada omset pendapatan setiap hari. Menyajikan konten marketing bisa dimulai dari merencanakan, membuat hingga membagikannya di media online ataupun sosial.

Hal ini akan menarik minat pembaca untuk mengetahui isi dari bisnis yang sedang kamu jalankan dan nantinya bisa termotivasi membelinya. Konten yang dapat kamu buat bisa dengan bentuk unggahan media sosial, blog, artikel, infografis dan lainnya.

3. Otomatisasi pemasaran

Otomatisasi pemasaran ini merupakan salah satu teknik yang dapat difungsikan secara berulang kali tanpa harus membuatnya lagi. Tugasnya seperti alur pekerjaan hingga penyusunan unggahan pada konten serta pembuatan laporan dalam kampanye.

Otomatisasi ini bisa kamu lakukan di media digital seperti halnya email ataupun media sosial. Sehingga strategi dalam pemasaran tidak sebatas itu-itu saja namun harus lebih berkembang lagi.

4. Pay Per Click atau PPC

PPC merupakan sebuah cara dalam mengarahkan traffic pada situs kamu dengan adanya bayaran pada setiap melakukan klik. Contohnya seperti Google AdWords, kamu hanya perlu membayarnya saja kemudian mendapatkan slot teratas di pencarian Google dan akan dikenakan biaya pada setiap melakukan klik.

Tidak hanya itu saja, contoh lain seperti halnya Facebook Ads ataupun pesan sponsor dari Lindeln. Maka dengan begitu akan meningkatkan pemasukan atas penjualan kamu.

5. Native advertising untuk strategi pemasaran

Membentuk konten secara berbayar dan dapat ditampilkan dengan bentuk yang mempunyai kemiripan seperti konten media serta cara penempatannya. Konten akan terlihat lebih berfungsi di bagian media terkait salah satunya hosting video ads dan Youtube.

6. Sosial media marketing

Dalam mempromosikan produk dapat dilakukan dengan membuat konten di media sosial. Media sosial menjadi salah satu sarana dalam membesarkan nama produk.

Pemanfaatan media sosial di awal bisa dengan fokus pada satu media saja guna mempersingkat waktu, tenaga dan biaya yang dibutuhkan. Kemudian tentukan kepribadian yang kamu gunakan di dalam menggunakan media sosial seperti penggunaan bahas formal ataupun non formal.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai strategi pemasaran yang dapat dilakukan dengan menggunakan media digital. Media digital sebagai platform dengan banyak kelebihan untuk memasarkan produk.

Instagram