menjalankan bisnis online dengan modal minim

Dengan perkembangan teknologi masa kini maka sekarang Anda bisa menjalani bisnis online tanpa modal yang besar.  Bagaimana bisa? Mari kita simak serba serbi seputar bisnis online tanpa modal besar di bawah ini.

Apa Itu Usaha Online?

Bisnis online adalah memasarkan barang atau jasa dengan memanfaatkan internet. Semua hal yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan juga dilakukan secara online. Dibayarkan pula secara online. Biasanya pembelanjaan melalui online dapat dikirim ke berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Bisnis online ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Usaha ini juga termasuk bisnis yang cenderung mudah dilakukan dimanapun. Karena Anda tinggal memantau stok dan penjualan dari smartphone ataupun pc.

Cara Memulai Bisnis Online

Anda bisa memulai dengan mencari supplier yang terpercaya. Kemudian Anda bisa membuat akun untuk berjualan secara online. Banyak sekali media-media pembelanjaan online. Anda bisa membuat akun di salah satu media pembelanjaan tersebut.

Atau juga bisa jika Anda ingin membuat akun di semua media. Dengan begitu maka penjualannya akan semakin dikenal dan keuntungan datang dari segala penjuru. Setelah itu Anda bisa melakukan promosi di berbagai platform digital seperti Whatsapp, Instagram ataupun Facebook. Karena saat ini juga banyak orang-orang yang sudah mulai memiliki sosial media. Bahkan anak-anak pun juga memilikinya. Maka dari itu kita harus benar-benar memanfaatkan peluang yang datang dari segala arah.

bisnis online lewat media sosial
Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash

Menentukan supplier

Anda bisa mencari supplier dari orang-orang terdekat. Atau juga bisa melalui sosial media. Meskipun diluaran sana banyak yang menawarkan harga murah. Tetapi Anda juga harus memperhatikan kualitas dari barang tersebut.

Karena kualitas dari barang itu akan mempengaruhi roda perjalanan bisnis Anda. Jika salah dalam memilih supplier juga bisa berdampak pada proses penjualan dan jalannya usaha.

Menjadi Reseller

Mungkin dalam bisnis online sudah tidak asing lagi dengan istilah reseller. Jika anda ingin mendapatkan barang yang lebih murah.

Maka Anda bisa dengan menjadi reseller dari online shop tertentu. Namun hal ini tetap harus memiliki modal. Karena biasanya Anda diwajibkan membeli produk tersebut dengan minimal pembelian  baru bisa mendapatkan harga khusus reseller. Hal ini juga menimbulkan resiko jika suatu saat barang yang Anda ambil tersebut tidak kunjung laku dibeli.

Serta tidak mungkin pula jika hanya membeli 1 jenis barang. Biasanya Anda harus mempunyai stok lebih dari 1 jenis barang. Dengan begitu lebih bisa meyakinkan  calon pembeli bahwasanya bisnis online milik Anda memang benar-benar terpercaya.

Sistem Dropshipping

Apa beda dari reseller dan dropshipping? jelas berbeda jauh. Jika reseller Anda harus membeli barang dengan minimal pembelian  dan mempunyai  stock. Tetapi jika dropshipping adalah Anda hanya menjualkan barang milik orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

Hal ini lah maka bisa melakukan bisnis online tanpa modal besar. Dengan cara ini Anda juga tidak perlu khawatir barang tersebut tidak habis atau tidak laku terjual. Jadi sistem dari dropshipping ini adalah Anda hanya memasarkan dan menunggu pesanan dari customer.

Kemudian baru mengambilkan barang kepada owner lalu diserahkan kepada customer. Tetapi Anda juga harus menentukan sendiri berapa keuntungan yang akan diambil.

Ambillah keuntungan sewajarnya. Jangan mengambil keuntungan yang terlalu tinggi karena jika terlalu tinggi maka penjualan ini juga akan menurunkan minat konsumen untuk berbelanja di toko online Anda.

Media Digital yang Digunakan

Anda bisa menggunakan media digital apapun yang dikuasai. Seperti sosial media maupun media pembelanjaan online. Hal ini bisa dilakukan untuk menjual barang ataupun mempromosikan barang atau jasa. Anda bisa membuat akun khusus online shop yang Anda miliki.

Memanfaatkan media digital dengan baik maka usaha online ini banyak dikenal orang meskipun tanpa mengeluarkan modal sedikit pun. Anda juga bisa memberikan promo menarik kepada pelanggan setia ataupun pembeli pertama.

Hal ini dapat lebih menarik perhatian pelanggan dan akan berbelanja ulang di toko online Anda. Tetapi pastikan nama dari usaha online Anda belum ada yang menyamai. Karena jika terdapat nama usaha online yang sama. Maka Anda bisa dimintai pertanggung jawaban oleh usaha terkait.

Proses Pembayaran

Proses pembayaran dari usaha online ini beragam. Ada beberapa pedagang yang meminta pembayaran dengan cara transfer antar bank. Atau juga ada yang meminta dengan men top up saldo dompet digital dari si pedagang.

Biasanya pembeli akan mengirimkan uang dengan rincian harga barang ditambah dengan harga ongkos kirim atau juga bisa ditambah dengan ongkos extra packing. Extra packing ini biasa digunakan untuk barang-barang yang mudah hancur atau rusak. Biasanya hal ini kembali lagi kepada keinginan customer.

Itulah tadi serba serbi seputar bisnis online tanpa modal besar. Semua cara bisa dilakukan dalam mencari penghasilan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram