memulai bisnis modal kecil

Kondisi pandemi ini harus memaksa kita untuk membuka bisnis modal kecil. Supaya perekonomian tetap stabil dan juga tetap memiliki penghasilan.

Bisnis Modal kecil

Modal kecil bukan hambatan untuk membuka sebuah usaha. Bahkan jika dikembangkan maka bisnis ini akan dapat mencapai ke level yang lebih tinggi. Banyak berbagai macam dan juga cara untuk mendapatkan usaha ini.

Seberapapun modalnya yang penting gigih dalam berusaha. Justru dengan modal awal yang kecil. Maka hal ini akan menjadi acuan untuk lebih baik lagi kedepannya. Serta mengejar agar mendapatkan  keuntungan yang lebih besar.

Ide Usaha

Anda harus menentukan terlebih dahulu ide usaha apa yang akan digunakan. Penentuan ide ini juga bisa menjadi penentu usaha Anda kedepannya seperti apa. Pikirkan terlebih dahulu jenis bisnis apa yang ingin dibuka dan di kembangkan.

Sesuaikan dengan passion atau keahlian yang Anda miliki. Dengan begitu maka Anda bisa dengan mudah membuka dan mengembangkan usaha tersebut. Terlebih lagi jika Anda sudah menguasai bidang usaha tersebut. Akan lebih meminimalisir terjadinya masalah-masalah besar.

Ide usaha ini bisa didapstkan dengan melakukan riset pasar. Serta bisa juga dengan Anda rutin menghadiri workshop atau pelatihan bersama dengan peusaha-peusaha sukses di luar sana. Dengan begitu maka relasi Anda akan semakin luas dan juga bisa menemukan banyak ide-ide menarik.

membuka bisnis modal kecil
Photo by alevision.co on Unsplash

Keuntungan

Usaha modal kecil ini juga bisa memperoleh keuntungan yang fantastis. Hal ini bisa diperoleh dengan ide-ide yang dapat dikembagkan dan juga pemikiran yang matang. Anda bisa memulainya dengan melakukan bisnis bersama keluarga.

Keluarga bisa membantu memberikan ide atau masukan tanpa harus membayar pegawai terlebih dahulu. Lakukan promosi usaha Anda di berbagai media sosial. Saat pandemi saat ini dapat dijadikan kesempatan untuk melakukan pemasaran secara online.

Saat pandemi semua dilakukan dari rumah dan secara online. Maka masyarakat pun akan lebih sering membuka lapak penjualan online. Karena memang terkadang barang yang dibeli secara online memiliki harga yang lebih murah.

Pemikiran yang Matang

Pemikiran yang matang harus dilakukan demi kelangsungan sebuah usaha. Terutama di era pandemi seperti ini. Kita harus pintar-pintar memutar otak dan memikirkan secara matang-matang agar tidak terjadi keselahan serta kerugian.

Terutama dengan bisnis modal kecil. Karena modal yang dimiliki sangat kecil bahkan minim. Maka kita juga harus mempertimbangakan segala apapun yang akan di ikutkan dalam kelangsungan usaha. Seperti pembelian properti, pencarian pegawai sampai pembelanjaan bahan baku.

Usahakan membeli bahan baku langsung pada tempat grosir agar mendapatkan harga lebih murah. Serta carilah pegawai satu persatu agar keuangan dalam usaha stabil dahulu. Setelah berkembang baru bisa mencari pegawai tambahan.

Target

Dalam usaha modal kecil ini Anda harus wajib tentukan target. Mulai dari target pemasaran hingga target penjualan.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk menyeimbangi antara penegeluaran dan juga pemasukan. Serta agar modal yang Anda keluarkan segera kembali. Sehingga dengan keuntungan yang lebih tersebut Anda bisa mengembagkan usaha lebih luar lagi dan lebih maju lagi.

Dengan demikian semakin usaha Anda dikenal orang maka semakin banyak pula peminatnya dan hasil penjualan pun akan meningkat.

Jika suatu usaha tidak memiliki target di dalamnya. Maka akan semakin susah pula untuk mengembangkan dan mengenalkan usaha ini. Anda bisa memenuhi target dengan cara menciptakan inovasi-inovasi baru pada barang yang diproduksi ataupun jasa yang diberikan kepada konsumen. Hal ini juga akan menjadi ciri khas tersendiri dalam usaha Anda.

Barang/Jasa

Tentukan barang atau jasa apa yang ingin Anda berikan. Jika memberikan barang atau memproduksi sebuah barang maka juga harus diperhatikan quality controlnya.

Jangan sampai konsumen kecewa dengan hasil dari produksi ini. Karena lebih sulit mempertahankan sebuah usaha ketimbang membangun sebuah usaha baru. Jika memberikan jasa. Maka pastikan juga klien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Cantumkan  pula nomor untuk keluhan dari customer. Sehingga segala keluhan dan aduan dari customer dapat diperbaiki demi kemajuan usaha yang lebih berkembang.

Trend Pasar

Di tengah pandemi ini banyak trend-trend baru yang bermunculan. Mulai dari cara berpakaian hingga makanan dan jajanan. Semua hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha.

Tinggal memberikan sedikit sentuhan dan juga promosi untuk mengembagkan trend ini. Atau Anda juga bisa menciptakan inovasi atau trend baru yang bisa menjadi ibspirasi banyak orang. Dengan demikian selain Anda dapat dikenal orang. Tetapi usaha Anda juga dikenal banyak orang.

Bisnis modal kecil bisa kita kembangkan menjadi usaha yang sukses dan juga maju. Tinggal kita mengembangkan dan mempromosikan dengan memanfaatkan teknologi masa kini. Serta dipasarkan pada kaum milenial masa kini.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram