cara mendapatkan beasiswa di luar negeri

Siapa yang tidak ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri? Kebanyakan orang saat ini tentu menginginkan hal tersebut. Selain itu, saat ingin melanjutkan pendidikan tersebut ada baiknya untuk mengetahui juga bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

bagaimana cara mendapatkan beasiswa di luar negeri?

Jenis-jenis Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa pada dasarnya ada banyak jenis beasiswa luar negeri yang dapat Kamu manfaatkan. Setiap beasiswa tersebut akan sangat penting diketahui. Mengingat di kalangan masyarakat Indonesia sendiri cukup menarik untuk mendapatkan beasiswa luar negeri. Berikut jenisnya:

1. Beasiswa Prestasi

Sesuai degan namanya, beasiswa yang diberikan ini akan disesuaikan dengan pelajar yang memang memenuhi kriteria kemampuan akademik tertentu. Dengan begitu, proses seleksi mahasiswa pun akan dilakukan sesuai dengan riwayat studi mereka yang sebelumnya.

Untuk beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi pun terbilang cukup beragam. Terlebih, saat ini ada banyak juga universitas yang mempertimbangkan kemampuan lain dari calon mahasiswa. Mulai dari kepemimpinan, aktivitas ekstrakurikuler, atau prestasi lainnya.

2. Beasiswa Program Studi

Perlu Kamu ketahui, bahwa saat ini ada banyak universitas, perusahaan, ataupun instansi lainnya yang menawarkan beasiswa berdasarkan program studi tertentu. Beragam departemen tersebut tentukan akan disesuaikan dengan kebijakan setiap universitas.

Oleh karena itu, beasiswa yang satu ini dilakukan dengan mendorong pendaftaran dalam bidang program studi tersebut. Contohnya seperti ilmu ekonomi, ilmu sosial, teknik, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu, tidak ada salahnya untuk memilih jenis beasiswa yang satu ini.

3. Beasiswa Sesuai Kebutuhan

Jenis beasiswa yang satu ini ditujukan untuk membantu para pelajar yang memiliki kesulitan dalam hal finansialnya. Dengan begitu, setiap calon mahasiswa akan dibantu untuk belajar di luar negeri memanfaatkan beasiswa yang satu ini.

Adapun beasiswa tersebut mencakup biaya kuliah dan lain sebagainya. Umumnya, sifat beasiswa ini terpisah dengan beasiswa prestasi. Akan tetapi, kedua beasiswa tersebut dapat diberikan kepada calon mahasiswa yang sama sekalipun.

4. Beasiswa Tujuan Tertentu

Pernahkah Kamu mendengar beasiswa yang satu ini? Sekarang ini beberapa pemerintah negara serta universitas yang ada di luar negeri menawarkan beasiswa kebutuhan hidup secara penuh. Yakni kepada calon mahasiswa internasional yang memang dianggap memenuhi ketentuannya.

Tentu saja, tidak ada salahnya saat ingin memanfaatkan beasiswa tersebut agar dapat berkuliah di luar negeri. Dengan begitu, Kamu tidak akan mengeluarkan biaya apapun mengenai pembayaran universitas atau perguruan tinggi tempat berkuliah tersebut.

Baca Juga:

Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke Cina

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Ada banyak orang yang mengatakan bahwa mereka ingin pergi ke luar negeri untuk melanjutkan pendidikan. Hanya saja, kebanyakan mereka tidak mengerti bagaimana cara kuliah di negara orang tersebut, terlebih untuk mendapatkan beasiswa. Di bawah ini beberapa cara selengkapnya:

1. Hindari Rasa Ragu

Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri adalah dengan menghindari rasa ragu. Kamu harus memastikan apa saja yang akan diprioritaskan saat ini. Apakah ingin kuliah dengan beasiswa di dalam negeri atau luar negeri? Setelah itu, hindari adanya rasa keraguan dalam hati.

Dengan mengetahui apa saja yang perlu diprioritaskan tersebut, maka tentu diri Kamu akan jauh lebih yakin mengenai bagaimana cara melanjutkan studi di luar negeri. Oleh karena itu, pastikan untuk membulatkan tekad agar mendapatkan beasiswa sesuai keinginan.

2. Kuatkan Alasan

Saat ingin melanjutkan pendidikan dan beasiswa kuliah di luar negeri, sangat penting untuk memilih jurusan yang tepat dan diminati. Jika perlu, tanyakan terlebih dahulu pada diri sendiri mengapa memilih untuk mendalami bidang studi tersebut. Hal ini dilakukan agar nantinya tidak akan salah dalam memilih jurusan.

Selanjutnya, Kamu dapat melakukan googling perguruan tinggi manakah yang sesuai dengan jurusan tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam menemukan pilihan yang sesuai dengan keinginan. Pendidikan yang ditempuh nantinya pun akan lebih nyaman dan sesuai dengan kehendak hati.

3. Kumpulkan Persyaratan

Jika Kamu sudah mendapatkan pilihan universitas atau perguruan tinggi yang ada di luar negeri, maka langkah selanjutnya untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri adalah dengan mengumpulkan syarat yang ditentukan oleh universitas itu sendiri. Mulai dari transkrip nilai, ijazah, ataupun dokumen penting yang diperlukan lainnya.

Tidak hanya itu saja, Kamu juga perlu menyiapkan dari awal EILTS/TOEFL, surat referensi dari dosen dan atasan tempat kerja, hingga motivation letter. Dari motivation letter tersebutlah yang perlu diperhatikan agar nantinya termasuk sesuai dengan kriteria universitas.

4. Dapatkan Beasiswanya

Apabila Kamu ingin mendaftar kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa, maka ada baiknya untuk mencari universitas yang diinginkan juga sambil mencari beasiswanya. Umumnya, beasiswa tersebut akan ada berbagai macam. Tentu sangat penting untuk memperoleh beasiswanya terlebih dahulu.

Kemudian Kamu baru menentukan universitasnya. Adapun beberapa contoh beasiswa tersebut seperti LPDP, Diknas, Letter of Acceptance atau LoA, Beasiswa Chevening, Beasiswa Fulbright, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, umumnya juga ada beasiswa yang disediakan oleh universitas.

5. Jangan Menyerah

Ada satu hal yang penting untuk Kamu perhatikan yakni untuk tidak terburu-buru menyerahkan keadaan. Pasalnya, semakin besar perjuangan yang ada maka tentu akan semakin besar pula hal yang dapat diperoleh. Untuk proses mencari informasi beasiswa sendiri butuh beberapa waktu.

Terlebih, akan ada proses seleksi, proses tes, dan lain sebagainya agar nantinya dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri sesuai dengan keinginan. Jika orang lain saja bisa, maka kenapa Kamu tidak? Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak terburu-buru pesimis maupun menyerah.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Itu tadi beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Jadi, sudah siapkah Kamu untuk menerapkan beberapa cara tersebut? Sebelum menerapkan semua caranya, akan sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu jenis beasiswanya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram