Cara Membuat QRIS untuk Usaha Bagi Pelaku Bisnis untuk Transaksi yang Mudah

Cara membuat QRIS untuk usaha tentunya memberikan layanan terbaru untuk sistem pembayaran secara non tunai bagi konsumen. Dalam hal ini kamu juga harus mengenal dengan adanya sistem terbaru yang dikenal dengan nama QRIS.

Pada sistem pembayaran yang menggunakan basis garis terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan hingga Bank Indonesia memberikan instruksi terbaru untuk penggunaan QRIS sebagai standar dalam kode QR nasional.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Dengan adanya penggunaan garis ini maka para pelaku usaha diberikan kemudahan untuk memberikan pelayanan pelanggan yang dapat dilakukan secara non tunai dari berbagai macam bank dan dompet digital.

Cara membuat QRIS untuk usaha

Cara Membuat QRIS untuk Usaha Bagi Pelaku Bisnis untuk Transaksi yang Mudah

Adanya metode pembayaran secara non tunai ini semakin populer di kalangan masyarakat. Adanya sistem metode cashless memberikan kemudahan tersendiri karena masyarakat tidak perlu lagi untuk membawa uang tunai dengan jumlah yang banyak.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Selain itu penggunaan QRIS ini bisa dilakukan oleh para pedagang atau pebisnis yang nantinya bisa memberikan kemudahan untuk transaksi para pembeli. Adapun langkah cara yang bisa kamu ikuti sebagai cara membuat QRIS untuk usaha sebagai berikut:

1. Mengunjungi website dan registrasi

– Langkah awal untuk membuat QRIS sebagai pebisnis supaya bisa mendapatkan kode QR dengan cara mengakses website www.qris.id
– Setelah itu silakan pahami terlebih dahulu informasi yang ada di dalam website tersebut dan lakukan pendaftaran melalui halaman registrasi QRIS
– Apabila kamu sudah memperoleh informasi terkait dengan QRIS maka lanjutkan dengan klik tombol daftar QRIS atau langsung mengaksesnya di www.qris.id/register
– Lalu silakan kamu memilih salah satu jenis bisnis yang dapat kamu sesuaikan dengan bidang yang dimiliki dan setelah itu lakukan pengisian form sebagai cara membuat QRIS untuk usaha.

2. Pembayaran QRIS

– Apabila kamu sudah selesai dalam proses pengisian form tersebut maka untuk langkah berikutnya akan diarahkan kembali oleh sistem untuk melakukan pembayaran QRIS melalui dompet digital seperti halnya shopeepay, go-pay, ovo, link aja dan lain sebagainya
– Setelah itu kamu bisa langsung melakukan pembayaran dengan menggunakan beberapa pilihan e walet yang tersedia yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan
– Apabila kamu sudah melakukan pengisian form tersebut akan tetapi belum melakukan pembayaran maka untuk proses pendaftarannya ini biasanya akan langsung dibanding oleh sistem maksimal 14 hari kerja sebelum isian tersebut di reset oleh sistem.

3. Memperoleh notifikasi registrasi sebagai cara membuat QRIS untuk usaha

– Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan apabila sudah melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nominal yang harus dibayarkan maka akan memperoleh username serta password yang nantinya akan digunakan untuk login
– Dalam login tersebut biasanya dilakukan di halaman dashboard yang nantinya akan dikirimkan melalui email ataupun WhatsApp yang telah diinputkan pada form pendaftaran yang sudah kamu isi sebelumnya
– Dalam hal ini kamu juga harus memastikan tidak lupa untuk login di halaman dashboard dan melakukan pengisian atas kelengkapan dokumen administrasi yang nantinya bisa di upload data secara mandiri.

4. Upload file dokumen

– Cara membuat QRIS untuk usaha pada langkah yang satu ini setelah kamu bisa masuk di halaman dashboard QRIS maka untuk tahapan berikutnya akan diarahkan oleh sistem supaya melakukan upload file dari kelengkapan dokumen administrasi sebelum pengajuan yang dilakukan tersebut akan diproses oleh sistem
– Setelah itu silakan segera melengkapi data dan melakukan upload dengan benar sehingga untuk pengajuannya akan segera diproses supaya bisa memperoleh NMID yang nantinya akan terhitung sejak data tersebut diterima secara lengkap
– Jika ternyata data yang kamu upload tersebut mengalami kendala biasanya akan membutuhkan waktu 1 x 24 jam dan akan diinfokan kembali untuk dilakukan perbaikan melalui WhatsApp ataupun email.

5. Memperoleh notifikasi hasil kelengkapan file

– Maksimal untuk nantinya pengguna bisa memperoleh notifikasi hasil kelengkapan file biasanya maksimal dalam waktu 7 hari kerja. Dalam hal ini kamu sebagai pelaku usaha akan menerima notifikasi yang dikirimkan melalui media WhatsApp ataupun email guna memastikan apakah data yang telah disampaikan tersebut sudah lengkap dan benar atau belum, sebab terdapat beberapa hal yang membuat data tersebut masih ada yang kurang dan perlu dilakukan perbaikan terlebih dahulu
– Akan tetapi ketika terdapat kesalahan pada upload data maka kamu harus melakukan revisi untuk melengkapi data tersebut pada proses pengajuan yang akan dilakukan
– Jika ternyata dokumen dan persyaratan yang kamu upload tersebut sudah lengkap Maka sebagai pelaku bisnis bisa langsung melakukan pencetakan QRIS secara mandiri yang nantinya akan digunakan dalam metode pembayaran bagi penjual.

Baca juga artikel tentang QRIS lainnya di Blog Transfez

Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya
Karakteristik QRIS Bank Indonesia sebagai Metode Pembayaran
Apa Itu QRIS OVO dan Cara untuk Melakukan Scan QR Code
Manfaat dari QRIS Shopeepay dan Cara Menggunakan untuk Pembayaran
Peresmian Kehadiran QRIS Bukalapak sebagai Metode Pembayaran Digital

Jenis-jenis pembayaran QRIS

Jenis-jenis pembayaran QRIS ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat dengan menghadirkan layanan yang dapat digunakan oleh para penjual ataupun pembeli.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Kehadiran dari jenis-jenis pembayaran garis ini telah diluncurkan secara resmi untuk mendukung sebagai metode pembayaran transaksi yang lebih mudah.

Adapun untuk beberapa jenis-jenis pembayaran QRIS yang dapat kamu ketahui sebagai berikut:

1. CPM

CPM merupakan gambar kode QRIS yang telah dipindai guna menyelesaikan adanya transaksi sebagai gambaran kode QRIS milik dari pelanggan yang nantinya akan muncul di bagian perangkat. Sebagai pelaku usaha bisa melakukan pemindaian gambar kode QRIS yang memanfaatkan alat scanner yang telah disediakan oleh pihak penyedia pembayaran kode QR.

Pada penggunaan jenis QRIS yang satu ini sangat cocok diterapkan pada usaha menengah kelas atas yang memang memiliki banyak modal. Selain itu penerapan dari CPM tersendiri sangat cocok untuk usaha yang mempunyai volume transaksi lebih tinggi.

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

2. MPM

Dalam hal ini MPM terbagi menjadi dua bagian yaitu MPM statis dan dinamis, kedua jenis tersebut tidak ada perbedaan secara signifikan karena sebagai gambaran kode QRIS yang nantinya akan ditampilkan sebagai pembayaran yang asalnya dari merchant. Perbedaannya sendiri terletak di bagian gambar kode QRIS merchant yang telah ditampilkan.

Gambar dari kode QRIS statis tidak bisa diubah dan untuk gambar kode QRIS yang dinamis bisa dilakukan perubahan dalam setiap transaksi yang akan terjadi. Pada penggunaan QRIS NPM ini sangat cocok diaplikasikan pada usaha kecil dan menengah, sementara itu untuk QRIS dinamis lebih cocok pada usaha yang memiliki volume transaksi tinggi.

3. TTM

TTM merupakan salah satu fitur yang melengkapi adanya inovasi QRIS dan memberikan kemungkinan bagi setiap pengguna supaya bisa menyelesaikan transaksi dengan mudah cukup melakukan pemindaian gambar kode QRIS yang telah tersimpan pada perangkat smartphone. Dengan demikian pihak pembeli yang telah menyelesaikan transaksi pembayaran secara online tidak harus bertatap muka dengan pelaku usaha guna proses pemindaian gambar kode QRIS dan lebih mudah dalam penyelesaian pembayarannya.

4. Cross border

Sebuah inisiatif kerjasama dengan tujuan untuk membangun standarisasi pada infrastruktur settlement pada cross border trade, retail payment systems, remitens serta capital markets.sehingga masyarakat Indonesia diberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran di luar negeri cukup dengan memanfaatkan pemindaian kode QR.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian beberapa uraian terkait cara membuat QRIS untuk usaha yang dilakukan oleh para pebisnis. Adanya QRIS ini sebagai metode pembayaran pilihan yang memberikan keuntungan bagi penjual ataupun pembeli dalam menjalankan kegiatan transaksi pembayaran non tunai.