Karakteristik QRIS Bank Indonesia sebagai Metode Pembayaran

QRIS Bank Indonesia merupakan salah satu sistem penyatuan QR yang berasal dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran yang memanfaatkan QR code. Hadirnya QR kode ini memiliki fungsi sebagai standarisasi dari Bank Indonesia.

QRIS yang dihadirkan oleh Bank Indonesia memberikan proses yang lebih cepat dan kemudahan dalam kegiatan transaksi yang memanfaatkan QR code untuk berbagai macam agen atau penyedia jasa pembayaran dengan penerapan QRIS. Di era perkembangan teknologi saat ini tentunya membuat semua transaksi dapat dibayarkan melalui aplikasi dengan sistem pembayaran baik itu melalui bank ataupun non bank.

Karakteristik QRIS Bank Indonesia

Karakteristik QRIS Bank Indonesia sebagai Metode Pembayaran

Kehadiran QRIS dari Bank Indonesia ini mempunyai karakteristik secara khusus dalam mewujudkan tujuannya untuk menjadi lebih optimal. Khususnya dalam mengedepankan penggunaan sistem pembayaran secara cepat yang dapat digunakan oleh semua kalangan.
Adapun untuk beberapa karakteristik unggulan yang dimiliki oleh QRIS dari Bank Indonesia sebagai berikut:

1. Universal

QRIS dari Bank Indonesia bisa menerima kegiatan transaksi pembayaran dari keseluruhan aplikasi pembayaran meskipun dari penyelenggara sendiri biasanya berbeda asalkan memiliki basis QR code. Dengan demikian bagi semua kalangan masyarakat ini hanya akan membutuhkan satu jenis aplikasi saja untuk melakukan transaksi pembayaran secara digital.

2. Gampang

Hadirnya QRIS memberikan keuntungan tersendiri bagi pengguna karena bisa merasakan kemudahan dalam transaksi pembayaran yaitu dengan karakteristik just scan and pay. Tidak hanya ada memberikan kemudahan bagi pengguna namun juga untuk merchant karena tidak perlu lagi melakukan pemajangan ataupun menyediakan berbagai macam QR code.

Hal ini dikarenakan QRIS Bank Indonesia ini memiliki satu QR code yang nantinya dapat dipindai oleh semua aplikasi QR apa saja. Dengan demikian sudah tidak perlu lagi menggunakan semua jenis aplikasi untuk dijadikan sebagai metode pembayaran secara digital.

3. Untung

QRIS yang dihadirkan oleh Bank Indonesia ini juga memberikan keuntungan bagi pengguna ataupun merchant. Salah satunya hanya membutuhkan satu akun saja guna menerima ataupun melakukan kegiatan transaksi pembayaran menggunakan QR code.

4. Langsung

Karakteristik yang cukup menonjol dimiliki oleh QRIS Bank Indonesia salah satunya dalam semua transaksi kredit atau debit yang nantinya dilakukan oleh para pengguna atau merchant bisa secara langsung diproses pada saat itu juga. Dengan demikian apabila melakukan pembayaran digital menggunakan QR code tidak akan ada penundaan dalam bentuk apa saja.

Baik itu dari pengguna ataupun merchant bisa secara langsung memperoleh notifikasi terkait transaksi pembayaran yang dilakukannya secara digital. Sehingga hal ini tentunya memberikan kemudahan tersendiri bagi setiap orang yang melakukan pembayaran digital pada satu aplikasi saja karena sifatnya yang cenderung lebih cepat dan mudah.

Baca juga artikel tentang QRIS lainnya di Blog Transfez

Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya
Karakteristik QRIS Bank Indonesia sebagai Metode Pembayaran
Cara Membuat QRIS untuk Usaha Bagi Pelaku Bisnis untuk Transaksi yang Mudah
Cara Update BCA Mobile Untuk Menikmati Fitur Layanan Terbaru
Cara Update Saldo e-Money di ATM Bank Mandiri yang Lebih Praktis

QRIS nasional

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengenalkan dan melakukan sosialisasi terhadap pembayaran menggunakan QRIS Bank Indonesia ini telah diadakan pekan QRIS nasional yang dilakukan pada bulan Maret 2020 di Bali.

Adanya kegiatan ini diharapkan bisa memberikan sosialisasi terhadap kalangan masyarakat untuk menyadarkannya bahwasanya dengan menggunakan transaksi pembayaran digital menggunakan QRIS dari Bank Indonesia ini memiliki keunggulan tersendiri dan mampu meningkatkan jumlah pengguna.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Dengan demikian dari semua elemen bisa langsung mensosialisasikan penggunaan pembayaran digital QRIS pada semua elemen pemerintah hingga lembaga keuangan perbankan, atau kalangan masyarakat. Apabila menerapkan penggunaan QRIS dari Bank Indonesia ini maka bisa melakukan pembayaran non tunai yang hanya memanfaatkan satu device saja yaitu QR code.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Pembayaran menggunakan QRIS

Pada saat ingin melakukan pembayaran menggunakan QRIS maka harus mengetahui terlebih dahulu sumber uang untuk membayarnya.

Sebab untuk metode pembayaran yang satu ini sudah bekerja sama dengan beberapa sumber dana seperti halnya dompet digital, kartu kredit atau kartu debit, jenis uang elektronik elektronik lain yang sudah mendapat persetujuan dari pihak bank Indonesia.

Jika sudah diketahui sumber dananya maka bisa melakukan kegiatan transaksi pembayaran digital menggunakan QR code dan biasanya untuk pembayaran menggunakan sistem ini dapat dilakukan dengan merchant presented mode atau customer presented mode.

Dari keduanya itu sendiri tidak mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dan tetap unggul karena memiliki efisiensi yang dibutuhkan oleh kalangan masyarakat dan hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk proses pembayarannya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA

Kriteria aplikasi pembayaran dengan memanfaatkan

Penggunaan aplikasi pembayaran yang sudah mendukung untuk penerapan QR code adalah yang telah tergabung menjadi anggota kelompok dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran front and atau seperti halnya pihak penerbit ataupun acquire.

Meskipun dalam hal ini kamu sudah menggunakan aplikasi pembayaran yang mendukung untuk sistem pembayaran dengan QR code namun belum tentu telah terstandarisasi dengan QRIS.

Dengan demikian sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu guna meyakinkan bahwasanya kamu sudah melakukan kegiatan transaksi dengan aman dan mudah yang memanfaatkan QR code.

Sehingga dalam hal ini harus mengikuti tata cara yang ditetapkan oleh pihak PJSP ataupun pihak penyedia aplikasi pembayaran yang sudah menggunakan basis QR code serta lembaga switching yang nantinya bisa memproses transaksi pembayaran memanfaatkan QR code.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Pihak yang terlibat untuk proses transaksi QRIS Bank Indonesia

Dalam menjalankan kegiatan transaksi yang memanfaatkan QR code tentunya ada beberapa pihak yang nantinya bisa ikut terlibat pada transaksinya ini. Beberapa pihak itu adalah lembaga switching, aplikasi pembayaran yang memanfaatkan kode QR, merchant aggregator, serta pengelola national merchant repository.

Adanya semua pihak yang terlibat ini tentunya memberikan kemudahan pada saat menjalankan kegiatan transaksi yang menggunakan QRIS dari Bank Indonesia. Hal ini memberikan keuntungan bagi semua pihak sehingga untuk transaksi pembayarannya dapat dilakukan secara digital atau non tunai hanya dengan membutuhkan satu aplikasi saja.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait QRIS Bank Indonesia yang memberikan kemudahan dalam menjalankan transaksi secara digital dan non tunai. Hadirnya metode pembayaran QRIS ini memiliki karakteristik yang unggul dan berbeda dengan metode pembayaran lainnya.