Rumus Mengatur Keuangan yang Benar dan Mudah Untuk Pengelolaan

Rumus mengatur keuangan bisa digunakan supaya keadaan financial pribadi selalu dalam performa yang baik. Pengaturan keuangan harus dikelola dengan baik supaya bisa memenuhi kebutuhan pribadi dan mungkin beberapa orang sekitar yang membutuhkan keuangan.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Pengaturan keuangan sangat perlu dilakukan sehingga kamu mempunyai financial pondation sehingga ketika nanti membutuhkan dana darurat tidak akan mengacaukan beberapa plan yang lain yang sudah direncanakan sejak awal. Dengan demikian kamu harus memahami cara untuk mengatur keuangan dengan baik supaya dapat dimanfaatkan untuk banyak hal.

Rumus Mengatur Keuangan yang Benar dan Mudah Untuk Pengelolaan

 

Rumus Mengatur Keuangan

Rumus Mengatur Keuangan by Transfez

Jika kamu ingin melakukan pengaturan keuangan pribadi maka harus menggunakan beberapa rumus sehingga dapat dikelola dengan baik. Berikut ini rumus yang dapat digunakan untuk mengatur keuangan secara sederhana yang bisa diterapkan sendiri dalam kehidupan pribadi:

1. 10% Amal

Jika kamu memiliki uang maka sisihkan sedikit saja sebagian dari pendapatan yang telah diperoleh sebagai sarana beramal untuk menjalankan perbuatan terpuji dan mulia. Dalam hal ini kamu bisa mendonasikan pada orang yang sangat membutuhkan ataupun menyisihkan untuk tempat ibadah dan yang lainnya sehingga bisa meneruskan kebaikan pada sesama.

Kebaikan ini akan menumbuhkan kebaikan yang lain sehingga jangan memangkas rantai kebaikan supaya hidup semakin tentram dan damai. Jika kamu tidak bisa melakukan pengaturan keuangan dengan baik tentunya kamu tidak akan bisa untuk beramal meskipun dengan nilai yang sedikit saja.

2. 20% Masa Depan

Rumus mengatur keuangan yang dapat kamu lakukan yaitu membuat anggaran 20% yang disisihkan dari pendapatan untuk kepentingan masa depan yang lebih terencana. Dari hal ini kamu bisa memulai dengan menabung atau melakukan kegiatan investasi yang menguntungkan sehingga dapat dimanfaatkan untuk masa depan.

Apabila kamu menyisihkan pendapatan maka akan semakin dekat dengan realisasi yang telah kamu citakan untuk dicapai di masa depan. Tanpa adanya perencanaan yang matang maka cita-cita tersebut hanya sebatas impian yang tidak akan pernah kamu capai nantinya.

3. 40% Kebutuhan Pribadi

Pembuatan rumus mengatur keuangan selanjutnya setelah kamu berhasil menyisihkan dana amal dan investasi maka selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu menyisihkan pendapatan untuk kebutuhan pribadi. Pasalnya kebutuhan pribadi yang digunakan setiap hari jauh lebih banyak dibandingkan dengan kegiatan investasi ataupun beramal seperti kebutuhan sandang dan pangan.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Maka dari itu kamu harus mempertimbangkan dengan matang supaya pendapatan yang telah kamu sisihkan bisa mencukupi untuk semua kebutuhan pribadi. Pastikan kamu tidak menggunakan dana pokok ini untuk kepentingan yang sekiranya tidak terlalu mendesak.

4. 30% Cicilan

Rumus Mengatur Keuangan yang Benar dan Mudah Untuk Pengelolaan

Dalam pengelolaan keuangan ketika kamu memiliki cicilan ataupun hutang maka segera lunasi sebagai salah satu cara terbaik untuk bisa mengatur keuangan agar tersisihkan. Pastikan bahwasanya cicilan atau hutang tersebut tidak menjadi bumerang di kemudian hari apabila tidak segera dilakukan pelunasan secepat mungkin.

Cara Mengatur Keuangan

Cara Mengatur Keuangan by Tranfez

Dengan menggunakan rumus mengatur keuangan tentunya kamu bisa lebih sistematis dalam pengelolaan penggunaan uang untuk berbagai macam kebutuhan. Berikut ini cara mudah untuk mengatur keuangan secara simpel yang bisa dilakukan sendiri:

1. Memiliki Catatan Uang Pribadi

Melakukan pencatatan keuangan memang terlihat sangat ribet terlebih bagi beberapa orang yang suka dengan kegiatan praktis dan simple. Namun di era digital sekarang ini sudah banyak yang berhasil mengembangkan aplikasi untuk melakukan pencatatan keuangan ataupun bisnis sehingga sudah tidak ada alasan untuk kamu tidak mencatat pendapatan dan pengeluaran.

Dengan cara mencatat keuangan artinya kamu sudah mendokumentasikan suatu hal supaya lebih mudah untuk dilakukan evaluasi karena adanya keterbatasan sebagai manusia dalam mengingat. Pencatatan pendapatan adalah awal apabila kamu ingin konsisten untuk menjaga kondisi keuangan supaya tertata dengan baik.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial

2. Membuat Anggaran Bulanan

Dalam hal ini kamu juga dapat memulai untuk menggunakan beberapa rumus mengatur keuangan pribadi dengan yang paling banyak yaitu 40-30-10. Rumus ini akan membantu kamu untuk membagi pendapatan ke dalam beberapa kelompok pembiayaan seperti pembiayaan kebutuhan sehari-hari, cicilan, amal dan kegiatan investasi.

Namun rumus tidak akan selalu berjalan sesuai dengan harapan dan kamu tetap bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dalam hal pengaturan keuangan. Sehingga kamu bisa melakukan pengelolaan dengan baik supaya pendapatan yang diperoleh setiap bulan bisa tercukupi untuk memenuhi kebutuhan.

3. Membuat Dana Darurat

Dana darurat yaitu menyisihkan pendapatan guna memenuhi dananya dan dana yang satu ini sebagai jaminan ketika terdapat suatu hal di luar rencana dan kehendak kamu. Keberadaan dana darurat nantinya memiliki tujuan untuk menjaga fluktuasi dari pendapatan supaya tidak tersentuh sehingga untuk perencanaannya menjadi lebih terarah dan lebih cepat dalam mencapai impian.

Dana darurat bisa dimulai dari tabungan investasi dan apabila masih single dapat mengumpulkan sebanyak 6 kali dari total pengeluaran periode setiap bulan.sementara itu apabila sudah berkeluarga maka bisa menyisihkan 9 kali dari total pengeluaran setiap bulan.

4. Mengatur Pengeluaran

Cara pengelolaan keuangan yang baik harus dengan mengatur uang dengan menggunakan seni karena setiap orang memiliki strategi tersendiri dengan perencanaan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengaturan pengeluaran setiap periode sangat dibutuhkan guna mengetahui ke mana saja uang yang telah didapatkan tersebut dikeluarkan.

Selain itu untuk pajak dan asuransi secara otomatis biasanya akan terpotong dari upah sehingga kamu dapat mensiasatinya guna melihat pengeluaran lain seperti halnya cicilan. Pastikan kamu juga telah menyisihkan uang amalan 5 hingga 10% dan menyisihkan uang yang digunakan untuk melakukan kegiatan investasi.

5. Membayar Hutang atau Cicilan

Apabila masih mempunyai hutang ataupun cicilan sebagai tanggungan maka silahkan untuk melakukan pelunasan terlebih dahulu. Prioritaskan kebutuhan supaya segera bebas dari hutang dan cicilan sehingga hidup bisa lebih tenang dan dapat menata keinginan untuk masa depan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait rumus mengatur keuangan dan cara melakukan pengelolaan dengan benar. Pengaturan keuangan harus diterapkan supaya dana yang dimiliki bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Instagram