Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial

Apa yang kamu tahu tentang strategi pemasaran skincare? Produk kosmetik sekarang ini menunjukkan perkembangan yang cukup pesat, banyak sekali wanita yang membutuhkan baik itu perawatan wajah ataupun produk make up. Tidak jarang sekarang ini banyak merk yang menggunakan strategi pemasaran guna menjangkau keberadaan konsumen.

Jika kamu sekarang ini sedang terjun di dunia kosmetik dan mengalami permasalahan dalam penjualan maka sangat penting memperhatikan cara memasarkan. Mempunyai produk dengan kualitas baik tanpa adanya promosi tidak akan lengkap untuk membuat orang mengerti bahwa kamu sedang berjualan.

Strategi Pemasaran Skincare untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial

Dalam menjual produk memiliki cara jitu untuk meningkatkan penjualan. Inilah beberapa cara untuk kamu ketahui dalam memasarkan produk kosmetik agar tepat sasaran:

1. Menggunakan pemasaran secara offline ataupun online

Sekarang ini banyak sekali media yang digunakan untuk bahan promosi dengan sistem berbayar ataupun gratis. Media yang dapat dimanfaatkan yakni media online ataupun offline, keduanya ini mempunyai potensi dalam memasarkan produk.

Setiap melakukan pemasaran dengan promosi mempunyai aturan dan target pasar yang berbeda pula. Sehingga proses promosi produk kosmetik bisa langsung tertuju pada target sasarannya, namun dalam menentukan target pasar kamu harus melakukan riset terlebih dahulu.

2. Membuat video tutorial untuk strategi pemasaran

Mengenalkan dan memasarkan produk kosmetik sebenarnya cukup mudah, salah satunya dengan membuat video tutorial penggunaan. Dengan membuat video tentang pemakaian dari setiap produk kosmetik akan membuat dorongan kuat bagi konsumen untuk membeli.

Pembuatan video tutorial juga sebagai bentuk pemberian edukasi mengenai manfaat ataupun cara penggunaan dari produk tersebut. Menyajikan video tutorial mampu menjangkau konsumen lebih luas lagi.

3. Menggunakan kemasan menarik dengan pembuatan ciri khas

Agar produk bisnis yang kamu jalankan ini mudah diingat oleh konsumen maka penting mengemas produk semenarik mungkin. Buat ide kemasan yang cukup unik seperti halnya penggunaan kantong kertas ataupun bentuk tampak berbeda dari kemasan milik orang lain.

Selain itu buat ada ciri khas yang menunjukkan itu produk dari bisnis kamu dengan keunikan yang berbeda dari produk tempat lain. Adanya ciri khas lebih memudahan konsumen mengingat produk pasarkan ini.

4. Menggunakan produk sendiri

Jika kamu menginginkan bisnis produk kecantikan hasil dari buatan sendiri maka jangan ragu untuk menawarkannya kepada konsumen. Namun pastikan produk kosmetik yang kamu miliki ini mempunyai kualitas dan bahan terbaik serta aman untuk digunakan dengan melakukan uji lab tes terlebih dahulu.

Kamu bisa membuat review pada produk kosmetik dengan cara langsung diaplikasikan pada wajah ataupun tangan. Dengan begitu konsumen akan jauh lebih tertarik karena bisa melihat secara langsung bagaimana hasil dari pemakaiannya dan tidak akan ragu untuk membelinya.

5. Memberikan harga penawaran khusus

Strategi pemasaran kali ini merupakan minta dari banyak konsumen yang bisa mendapatkan produk berkualitas namun hanya ditebus dengan harga murah. Kamu bisa memanfaatkan sistem diskon untuk menarik perhatian para wanita agar membeli produk kamu sendiri.

Caranya dengan memberikan harga berbeda pada produk tertentu dan dalam waktu tertentu pula. Hal ini menjadi dorongan bagi wanita untuk mendapatkan produk kosmetik kamu dalam waktu cepat.

6. Memberikan produk secara gratis

Selain kamu bisa menawarkan produk diskon sebagai strategi pemasaran merk yang sudah kamu buat. Strategi lainnya dengan memberikan tawaran produk gratis dengan syarat dan ketentuan berlaku atas pembelian produk.

Contohnya kamu menawarkan produk gratis setiap melakukan pembelian 2 produk kosmetik ataupun memberikan produk gratis bagi yang sedang ulang tahun pada waktu tertentu saja. Maka dengan cara ini akan banyak konsumen yang berdatangan atau melakukan pembelian secara online dalam waktu lebih cepat.

7. Menjual serta memberikan edukasi dari penggunaan produk kosmetik

Dalam menjual produk kosmetik sangat penting bagi kamu mengenal lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk yang kamu tawarkan itu. Berikan penjelasan informasi secara lengkap dan detail tentang manfaat dan cara penggunaannya.

Dengan begitu konsumen akan terhindar dari kesalahan pemilihan produk yang mana nantinya akan berakibat alergi pada kulit. Pastikan juga label ataupun kertas kecil yang tertempel pada produk guna melihat petunjuk penggunaan agar terhindar dari kesalahan pemakaian.

8. Menjalin komunikasi yang baik dengan semua konsumen

Sebagai penjual yang menawarkan produk kosmetik maka penting sekali menggunakan strategi pemasaran dengan pendekatan secara personal pada konsumen. Pendekatan ini dapat kamu lakukan dengan mengobrol hal umum dan tidak berbincang pada produk kosmetik saja.

Buatlah konsumen merasa dekat dan kamu pun bisa mendapatkan manfaat atas pendekatan yang sudah dilakukan. Salah satunya dengan melakukan penjualan secara online yang memberikan peluang besar untuk kamu menjalin hubungan komunikasi dan interaksi.

9. Promosi melalui pengecer menengah

Salah satu strategi pemasaran yang dapat kamu lakukan yakni dengan mempromosikan produknya dengan cara mudah. Tidak hanya mudah saja, namun buatlah pemesanan atas produk dapat dilakukan dalam waktu yang relatif lebih cepat melalui pengecer.

Tidak perlu buru-buru dalam memanfaatkan jasa pengecer yang besar, kamu bisa memilih dari pengecer kelas menengah terlebih dahulu. Sebab pengecer menengah bisa menerima produk dari bisnis kecil yang baru mulai beroperasi.

10. Kerjasama dengan distributor ataupun reseller

Menjual produk dengan seorang diri memang terlihat akan lebih berat dan sulit karena keterbatasan dari tenaga juga waktu. Maka dari itu penting sekali bagi kamu membuka pendaftaran bagi distributor ataupun reseller yang akan bergabung dan membantu mempromosikan bisnis produk kamu.

Dengan distributor dan juga reseller kamu tidak perlu menyewa orang ataupun tempat agar bisa membuka cabang baru dan menjual produk kamu. Peran dari distributor dan reseller mampu meningkatkan penjualan pada produk skincare dan kosmetik kamu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Itulah beberapa uraian mengenai strategi pemasaran dalam mempromosikan produk skincare dan kosmetik. Penggunaan strategi yang tepat mampu membawa penjualan kamu laris di pasaran.

Instagram