Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya

QRIS merupakan sebuah teknologi untuk melakukan pembayaran digital dan saat ini penggunanya terus mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu. Layanan digital yang satu ini merupakan terobosan baru untuk mendukung kegiatan transaksi yang lebih praktis dan dihadirkan oleh Bank Indonesia.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Ada pembayaran yang dilakukan melalui kode QR dan metode pembayaran yang satu ini sudah banyak di gunakan di kota-kota besar. Dengan kehadiran dari metode pembayaran digital ini memberikan kemudahan untuk proses transaksi menggunakan QR code yang terbilang lebih cepat.

Apa itu QRIS

Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya

QRIS merupakan Quick Response Code Indonesian Standard sebagai upaya untuk standarisasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia di semua perusahaan yang saat ini sudah menggunakan teknologi finansial. Adanya sistem pembayaran secara digital yang satu ini mampu menyatukan berbagai macam QR code yang berasal dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran.

Hal inilah yang menjadikan proses transaksi digital yang menggunakan QR code menjadi lebih aman, dan pastinya sangat mudah. Dalam penggunaan QR code ini sudah diatur pada implementasi standar internasional sehingga untuk QR kode sendiri sudah terintegrasi pada semua aplikasi pembayaran.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Tujuan adanya QR code

Kehadiran dari QRIS memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan transaksi pembayaran melalui layanan sistem digital. Pada metode pembayaran yang satu ini tentunya memiliki banyak manfaat baik itu dari segi pembeli ataupun merchant regulator.

Sebab untuk keseluruhan sistem pembayaran yang dilakukan secara non tunai bisa dilakukan pengawasan secara ketat melalui satu pintu saja. Dengan demikian sudah dipastikan menggunakan metode pembayaran digital yang satu ini sangat aman dan praktis.

Baca juga artikel tentang QRIS lainnya di Blog Transfez

Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya
Karakteristik QRIS Bank Indonesia sebagai Metode Pembayaran
Apa Itu QRIS Bank Mandiri dan Cara untuk Mengunakannya
Alasan Penggunaan QRIS Bank Nobu dan Fitur yang Ditawarkan
Keuntungan Bergabung dengan QRIS Bank Sinarmas di Merchant

Manfaat QRIS

Adanya terobosan baru dari QR code ini memiliki manfaat yang tidak hanya memberikan keuntungan dari para pebisnis akan tetapi juga konsumen yang ingin melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat. Adapun untuk beberapa manfaat dengan kehadiran metode pembayaran digital ini sebagai berikut:

1. Bagi pebisnis

– Transaksi menjadi lebih mudah

Apabila kamu sebagai pebisnis untuk menjalankan bisnis yang memanfaatkan QR code maka tentunya memberikan keuntungan pada proses transaksi yang cenderung lebih mudah. Selain transaksi tersebut lebih mudah kamu juga akan merasakan proses pembayaran yang cenderung lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan metode pembayaran lain.

– Tersedia banyak alternatif pembayaran

Kehadiran dari QRIS ini membuat para pembeli secara bebas bisa melakukan pemilihan pembayaran digital melalui dompet digital atau Wallet. Dari setiap pembeli bisa memilih salah satu metode pembayaran tanpa harus khawatir akan ketersediaan dari QR code yang digunakan untuk membayar.

Hal ini tentunya mampu meningkatkan adanya kemungkinan untuk melakukan kegiatan pembelian ataupun pembayaran secara non tunai. Sebab dari semua pihak sudah menyediakan metode pembayaran secara digital yang memberikan kemudahan pada proses transaksinya.

– Mencegah terjadinya penipuan

Belakangan ini penipuan uang palsu memang sudah sering terjadi di pasaran dan sulit untuk diketahui secara langsung. Akan tetapi dengan adanya penggunaan QR code maka transaksi menjadi lebih mudah karena akan terlindungi dari semua kemungkinan saat proses pembayaran yang dilakukan secara non tunai.

– Praktis untuk dipantau dan dilakukan analisis

Dalam penggunaan QRIS ini terbilang lebih praktis untuk dilakukan pemantauan dan analisis kedepannya. Hal ini dikarenakan dari riwayat transaksi yang sebelumnya sudah dilakukan lebih mudah dibaca secara real Time dan pastinya untuk mengatur keuangannya menjadi lebih mudah.

– Mudah mendaftar merchant

Keunggulan dengan menggunakan kode QR maka kamu tidak perlu lagi melakukan pendaftaran satu persatu pada bank ataupun dompet digital yang berbeda. Sebab kamu sudah diberikan kemudahan untuk melakukan pendaftaran pada QRIS dan tokomu dapat menerima semua metode pembayaran dari mana saja.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

2. Bagi konsumen

– Transaksi menjadi lebih cepat

Melakukan pembayaran digital khususnya dengan memanfaatkan QR code memang menjadi pilihan yang sangat tepat karena untuk transaksinya lebih cepat dibandingkan melakukan pembayaran secara tunai. Kamu sudah tidak perlu lagi harus mengantri di bagian kasir untuk memberi kembalian ataupun transaksi lain karena hadirnya pembayaran digital terbilang sangat higienis.

– Alternatif pembayaran yang beragam

Keuntungan menggunakan QR code sebagai pembeli tentunya kamu sudah tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan alternatif yang tepat atau yang paling bagus dalam memilih metode pembayaran. Apabila merchant sudah memanfaatkan sistem pembayaran dengan menggunakan kode QR maka aplikasi pembayaran pun juga dapat dimiliki dengan mudah untuk melakukan pembayaran karena standarisasi dari QR code sudah dilakukan.

– Batasan transaksi dengan QR code

Ketika kamu memutuskan untuk melakukan transaksi pembayaran digital menggunakan QR code maka perlu diketahui untuk batasan transaksi yang harus dilakukannya. Ketentuan untuk batasan transaksi dalam proses pembayaran yang menggunakan QR code sebesar 1 juta.

Akan tetapi kamu juga harus mengetahui adanya batasan kumulatif harian ataupun bulanan yang harus dipenuhi oleh pengguna sesuai dengan ketetapan dari PJSP. Hal ini tentunya dengan adanya batasan kumulatif yang sudah ditetapkan berdasarkan pada manajemen risiko keuangan dari setiap pengguna itu sendiri.

Biaya transaksi dengan QR code

Dalam melakukan kegiatan transaksi menggunakan QR code biasanya dikenal dengan istilah merchant discount rate atau MDR. MDR merupakan 0,7% yang nantinya akan ditanggung oleh pihak merchant atau mitra.

Apabila dibandingkan dengan adanya biaya switching pada Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN yang saat ini telah mencapai satu persen dan angka tersebut tentunya lebih kecil dan sangat menguntungkan. Sehingga penting bagi kamu ketika ingin melakukan kegiatan transaksi pembayaran digital menggunakan QR code untuk mengetahui biaya transaksinya itu sendiri.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait QRIS yang dapat dijadikan sebagai metode pembayaran secara digital. Metode pembayaran yang satu ini memberikan keunggulan untuk pembayaran non tunai yang menguntungkan pihak penjual ataupun pembeli dalam transaksi yang dilakukan.