Peresmian Kehadiran QRIS Tokopedia untuk Metode Pembayaran Digital

QRIS Tokopedia telah meluncurkan adanya sistem pembayaran yang dilakukan secara non tunai atau yang dikenal dengan Quick Response Code Indonesia Standar atau QRIS yang nantinya akan menargetkan puluhan ribu warung pada ekosistem yang tergabung pada mitra Tokopedia yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adanya inisiatif ini tentunya memberikan kemudahan dan peluang baru untuk membantu warung-warung yang nantinya bisa tergabung pada mitra Tokopedia hingga para UMKM untuk menunjang kegiatan transaksi khususnya yang dilakukan secara digital.

Adanya inisiatif terbaru ini memberikan kemungkinan pada masyarakat supaya bisa belanja di warung tanpa harus menggunakan uang tunai. Dengan demikian para pembeli dan penjual bisa memanfaatkan kode QR, dari pihak pembeli sendiri cukup dengan melakukan scan QR code yang sudah disediakan pada warung tersebut guna melakukan transaksi pembayaran.

Peresmian QRIS Tokopedia pada mitra untuk pembayaran yang lebih mudah

Peresmian Kehadiran QRIS Tokopedia untuk Metode Pembayaran Digital

Adanya inisiatif terbaru yang dihadirkan dalam penggunaan metode pembayaran QRIS pada mitra Tokopedia ini telah didukung dengan terwujudnya sistem cashless society serta inklusi ekonomi hingga keuangan yang ada di Indonesia. Kehadiran dari inisiatif baru ini justru bisa meningkatkan dorongan terhadap kontribusi para pelaku usaha tradisional supaya bisa mengikuti pertumbuhan ekonomi digital.

Selain itu kehadiran dari sistem QRIS sendiri juga dapat membantu untuk memperluas jangkauan dalam penggunaan garis yang dihadirkan oleh Bank Indonesia. Keikutsertaan mitra Tokopedia dalam penerapan QRIS telah memberikan fasilitas terbaik bagi para konsumen yang ingin melakukan kegiatan transaksi pembayaran di berbagai merchant pilihan yang telah tersendarisasi dengan penggunaan QRIS termasuk UMKM yang cenderung lebih efisien.

Akselerasi lanjutan untuk penggunaan QRIS Tokopedia

Kolaborasi yang dilakukan bersama Tokopedia ini menjadi bentuk langkah lanjut sebagai komitmen yang nantinya mampu mengakselerasi pada sistem pembayaran yang dilakukan secara non tunai dan bahkan bisa mewujudkan inklusi ekonomi hingga keuangan yang ada di Indonesia. Selain itu adanya kolaborasi Gopay dan Tokopedia ini banyak diapresiasi karena menghadirkan kebijakan blueprint dalam sistem pembayaran Indonesia.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Bahkan sudah tercatat adanya lebih dari 13,6 juta merchant yang telah tergabung di dalam ekosistem metode pembayaran yang menggunakan. Adanya kolaborasi yang dilakukan Tokopedia dan Gopay ini mampu memperluas dalam penggunaan QRIS khususnya pada UMKM sebagai ekosistem dari mitra Tokopedia hingga kontribusinya untuk membuat akselerasi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Manfaat scan QRIS Tokopedia

Dalam memanfaatkan metode pembayaran terbaru ini tentunya para pengguna bisa merasakan manfaat baik itu dari segi konsumen ataupun pembeli. Adapun untuk beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika melakukan metode pembayaran dengan sistem scan QRIS melalui aplikasi Tokopedia sebagai berikut:

1. Manfaat untuk penjual

Bisa mendapatkan transaksi yang lebih mudah untuk menerima pembayaran yang dilakukan secara non tunai dari penjual yang telah menggunakan metode pembayaran baru menggunakan QRIS dari aplikasi Tokopedia ini cukup dengan melakukan pendaftaran satu kali saja dan nantinya akan mendapatkan satu QR yang dapat melakukan penerimaan terhadap pembayaran dari berbagai macam jenis aplikasi mana saja hingga pilihan ini mampu memperluas pangsa pasar dalam penggunaan metode pembayaran secara non tunai

2. Manfaat untuk pembeli

Pembeli mendapatkan fleksibilitas untuk bisa menentukan pilihan terhadap instrumen pembayaran yang lebih aman dan efisien untuk digunakan.

Masyarakat juga diberikan kemudahan untuk tidak perlu memilih semua jenis aplikasi karena cukup dengan satu QR code saja sudah bisa melakukan penerimaan pembayaran dari semua jenis aplikasi yang telah mendukung standarisasi QRIS.

Baca juga artikel tentang QRIS lainnya di Blog Transfez

Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya
Karakteristik QRIS Bank Indonesia sebagai Metode Pembayaran
Apa Itu QRIS Bank Mandiri dan Cara untuk Mengunakannya
Manfaat dari QRIS Shopeepay dan Cara Menggunakan untuk Pembayaran
Peresmian Kehadiran QRIS Bukalapak sebagai Metode Pembayaran Digital

Cara untuk scan QRIS Tokopedia

Bagi kamu yang masih awam dalam penggunaan scan QRIS melalui aplikasi Tokopedia maka tidak perlu khawatir lagi karena bisa memanfaatkan dompet digital Gopay sebagai pendukungnya. Hal ini dikarenakan aplikasi Tokopedia sudah berkolaborasi dengan dompet digital Gopay guna mendukung transaksi pembayaran yang lebih cepat dan mudah.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Berikut inilah langkah cara yang bisa kamu lakukan untuk scan QRIS dari Tokopedia menggunakan dompet digital Gopay:

1. Beritahu kasir jika akan menggunakan metode pembayaran Gopay

Pada saat kamu berada di merchant maka silakan mencari barang terlebih dahulu yang nantinya akan kamu beli sesuai dengan kebutuhan. Apabila kamu sudah memutuskan untuk membeli barang-barang di merchant tersebut maka bisa langsung menuju ke bagian kasir untuk melakukan pembayaran dengan jumlah total belanja yang telah dilakukan.

Di bagian kasir kamu bisa memberitahu terlebih dahulu bahwasanya kamu akan menggunakan metode pembayaran yang memanfaatkan sistem QRIS dengan metode penggunaan Gopay. Dengan demikian pihak kasar akan mengarahkan kamu untuk melakukan proses pembayaran dan disediakan adanya QR code yang nantinya dapat kamu segan untuk menyelesaikan pembayaran sesuai dengan jumlah total yang harus dibayarkan.

2. Membuka aplikasi Gojek

Pada langkah berikutnya yang harus kamu lakukan untuk membayar transaksi pembelian tersebut maka silakan membuka aplikasi Gojek terlebih dahulu. Mengingat dalam hal ini kamu akan melakukan pembayaran melalui QRIS dari Tokopedia yang mana sudah melakukan kerjasama dengan dompet digital Gopay yang berada di aplikasi Gojek.

Dengan demikian kamu harus membuka aplikasi Gojek terlebih dahulu supaya bisa mengarahkan penggunaan Gopay untuk pembayaran transaksi. Di tahapan yang satu ini kamu bisa melanjutkan prosesnya dengan klik tombol bayar yang ada di halaman utama dari aplikasi Gojek yang telah tersimpan di perangkat smartphone milik kamu.

3. Scan kode QR

Pada saat kamu sudah memilih menu bayar yang ada di aplikasi Gojek tersebut maka kamu bisa melanjutkan proses ini dengan melakukan scan kode QR. Untuk proses scan kode QR ini biasanya sudah disediakan oleh kasir untuk mengarahkan kamera perangkat smartphone pada kode QR milik merchant tersebut.

Apabila kamu ingin melakukan scan kode QR maka bisa mengatakan terlebih dahulu pada pihak kasir supaya diarahkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan untuk kode QR sendiri biasanya akan dipasang di dekat kasir ataupun memang diberikan struktur sendiri oleh petugas kasir.

4. Memastikan jumlah pembayaran

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan metode pembayaran QRIS melalui dompet digital Gopay maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwasanya jumlah pembayaran tersebut sudah sesuai. Jika jumlah tersebut sudah kamu pastikan kebenarannya maka bisa melanjutkan untuk ke tahap berikutnya guna menyelesaikan metode pembayaran untuk pembelian barang.

Download Aplikasi Transfez di Google Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

5. Masukkanlah PIN Gopay dengan benar

Supaya transaksi kamu bisa diproses dengan cepat oleh sistem maka langsung masukkan PIN Gopay dengan benar. Dengan demikian sistem akan melakukan pemotongan saldo yang kamu miliki dan dikirimkan ke merchant melalui scan kode yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait QRIS Tokopedia yang memberikan keuntungan tersendiri baik bagi penjual ataupun pembeli. Dalam melakukan pembayaran melalui QRIS dari Tokopedia ini bisa disalurkan dengan penggunaan Gopay.