Apa Itu QRIS Bank Mandiri dan Cara untuk Mengunakannya

QRIS Bank Mandiri menjadi salah satu metode pembayaran secara digital yang saat ini sedang ramai digunakan oleh kalangan masyarakat dan cukup mendukung seiring berjalannya waktu. Dengan kehadiran dari QRIS ini memberikan kemungkinan yang cukup luas bagi kalangan masyarakat yang mempunyai alat pembayaran seperti halnya e Wallet ataupun mobile banking guna melakukan kegiatan transaksi yang lebih efisien dan praktis.

Hadirnya QRIS ini sendiri sebagai suatu penyatuan untuk berbagai macam QR di penyelenggara jasa sistem pembayaran yang memanfaatkan QR code. Ada layanannya tersebut telah diluncurkan oleh industri sistem pembayaran dan sudah bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk menjalankan proses transaksi yang lebih cepat, aman dan mudah.

Apa itu QRIS Bank Mandiri

Apa Itu QRIS Bank Mandiri dan Cara untuk Mengunakannya

Kehadiran dari QRIS Bank Mandiri ini mempunyai kepanjangan yakni quick response code Indonesian standard sebagai bentuk standarisasi untuk sistem pembayaran yang memanfaatkan metode QR code dari Bank Mandiri dan Bank Indonesia lainnya. QRIS ini merupakan suatu kode QR nasional yang sebelumnya telah diluncurkan oleh Bank Indonesia dan asosiasi sistem pembayaran Indonesia.

Dengan menggunakan kode tersebut bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan mancanegara atau yang lainnya untuk memanfaatkan aplikasi dalam melakukan kegiatan transaksi di Indonesia yang lebih mudah dan nyaman.

Hal ini dikarenakan adanya interaktif dari QRIS yang telah disusun supaya menjadi standar internasional dan untuk transaksi melalui QRIS Mandiri ini akan lewat Mandiri online serta tidak akan dikenakan biaya tambahan lainnya.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Cara untuk menggunakan QRIS Bank Mandiri

Dalam penggunaan metode pembayaran QR kode dari Bank Mandiri ini cenderung lebih mudah untuk diterapkan pada setiap penggunanya. Dari setiap pengguna hanya cukup untuk melakukan pemindaian ataupun scan dari QR code yang ada melalui platform pembayaran digital seperti halnya smartphone ataupun PC.

Adapun untuk tata cara yang bisa kamu terapkan dalam memanfaatkan QRIS dari Bank Mandiri sebagai berikut:

– Penggunaan QRIS dari Bank Mandiri melalui smartphone
– Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menggunakan QRIS melalui smartphone yaitu install terlebih dahulu kode QR di Smartphone yang saat ini kamu gunakan
– Setelah itu silakan kamu melanjutkan proses ini dengan mengunjungi platform pembayaran Wallet ataupun memanfaatkan pelayanan aplikasi mobile banking Bank Mandiri
– Langkah berikutnya dengan memilih opsi bayar di halaman utama layanan tersebut
– Kemudian silakan kamu mengunggah kode QR dengan melalui menu yang berada di bagian kanan atas
– Selanjutnya masukkanlah jumlah nominal yang nantinya ingin kamu bayarkan pada proses transaksi tersebut
– Setelah itu sistem akan meminta kamu untuk memasukkan nama lengkap dengan benar
– Kemudian kamu bisa melakukan pembayaran dan sistem akan memproses permintaan kamu, apabila transaksi sudah diselesaikan maka akan menerima notifikasi bahwasanya Pembayaran sudah selesai.
– Penggunaan QRIS dari Bank Mandiri melalui laptop atau PC
– Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menggunakan QRIS Bank Mandiri dengan membuka aplikasi living by Mandiri pada laptop ataupun PC
– Kemudian silakan kamu melanjutkan proses ini dengan scan atau memindai kode QR yang ada
– Setelah itu kamu akan diarahkan pada halaman baru dan diminta untuk memasukkan jumlah nominal yang dibutuhkan untuk proses transaksi pembayaran tersebut
– Selanjutnya pilihlah opsi bayar pada halaman yang tersedia
– Selain itu kamu juga akan diminta untuk menginput nama lengkap kamu dengan benar supaya bisa diproses oleh sistem
– Dengan demikian sistem akan memproses permintaan kamu untuk melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS dari Bank Mandiri
– Pada saat transaksi pembelian tersebut sudah selesai dilakukan maka akan memperoleh notifikasi pembayaran yang sukses.

Baca juga artikel tentang QRIS lainnya di Blog Transfez

Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya
Apa Itu QRIS CIMB Niaga dan Cara Transaksi Melalui Octo Mobile
Cara Update BCA Mobile Untuk Menikmati Fitur Layanan Terbaru
Cara Update Saldo e-Money di ATM Bank Mandiri yang Lebih Praktis

Syarat mendaftar QRIS Mandiri

Sebelum kamu bisa menggunakan QRIS dari Bank Mandiri ini sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja syarat yang dibutuhkan dalam mendaftar QRIS Mandiri ini. Berikut inilah beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi ketika ingin melakukan pendaftaran QRIS Bank Mandiri:

– Memiliki rekening untuk tabungan Mandiri secara perorangan ataupun bisnis
– Mempunyai alamat email aktif yang digunakan saat ini guna mendapatkan notifikasi email
– Termasuk badan usaha, organisasi ataupun tempat usaha yang dijalankan secara legal
– Memiliki kelengkapan dokumen dan surat pendamping lainnya
– Melakukan pengisian formulir untuk proses pengajuan terkait QS statis
– Melampirkan KTP sebagai pengurus dalam menjalankan usaha perorangan
– Lampirkan KTP dan NPWP pada usaha non perorangan.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Cara daftar QRIS di Bank Mandiri

Tahapan awal ketika kamu ingin melakukan pendaftaran QRIS di Bank Mandiri maka silahkan kamu mengunjungi QRIS yakni dengan melakukan akses website resmi di Setelah itu kamu bisa melanjutkan proses pendaftaran ini di halaman registrasi.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Adapun untuk langkah-langkah pendaftaran QRIS di Bank Mandiri yang bisa kamu lakukan sebagai berikut:

– Sebagai calon mitra silakan menghubungi terlebih dahulu call center dari Bank Mandiri ataupun bisa langsung datang ke kantor Bank Mandiri
– Setelah itu kamu akan diminta untuk melakukan pengisian formulir aplikasi yang nantinya diberikan oleh petugas Bank Mandiri
– Kemudian silahkan kamu melampirkan dokumen legalitas sebagai pendukung pendaftaran QRIS di Bank Mandiri
– Proses pendaftaran QRIS di Bank Mandiri tersebut akan segera diproses apabila semua dokumen dan data yang dibutuhkan sudah kamu lengkapi
– Pada proses pendaftaran QRIS Bank Mandiri akan berlangsung atau membutuhkan waktu selama 5 hari kerja
– Dari pihak bank Mandiri kemudian akan menyerahkan kode QRIS dalam bentuk hardcopy ataupun softcopy
– Dengan demikian untuk pendaftaran QRIS di Bank Mandiri sudah selesai dilakukan dan kamu bisa memanfaatkan untuk mendukung kegiatan transaksi pembayaran digital.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Itulah tadi beberapa uraian terkait penggunaan QRIS Bank Mandiri serta cara pendaftarannya secara langsung supaya bisa digunakan sebagai metode pembayaran digital. Dalam melakukan pendaftaran QRIS di Bank Mandiri harus melengkapi dan memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan supaya bisa diproses dengan cepat.

Instagram