Apa Itu QRIS CIMB Niaga dan Cara Transaksi Melalui Octo Mobile

QRIS CIMB Niaga merupakan satuan dari metode pembayaran menggunakan QR code dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran. Kehadiran dari QRIS ini telah dikembangkan oleh industri sistem pembayaran yang telah bekerja sama dengan bank Indonesia supaya kegiatan transaksi pembayaran memanfaatkan QR code menjadi lebih mudah dan terjaga keamanannya.

Sekarang ini untuk penggunaan QRIS maka seluruh aplikasi pembayaran serta penyelenggara mana saja baik itu bank ataupun non bank bisa mendukung untuk pembayaran yang lebih mudah dan praktis.

Adanya QRIS dari CIMB Niaga ini bisa digunakan pada semua toko, warung, pedagang, tiket wisata, merchant atau yang lain sebagainya dan sudah berlogo QRIS.

Apa itu QRIS CIMB Niaga

Apa Itu QRIS CIMB Niaga dan Cara Transaksi Melalui Octo Mobile

QRIS dari CIMB Niaga ini merupakan sebuah standar QR code yang dapat mendukung transaksi pembayaran menggunakan aplikasi uang elektronik server based, mobile banking ataupun dompet elektronik. Dari setiap penyelenggara jasa sistem pembayaran yang telah menggunakan basis QRIS wajib untuk memanfaatkan QRIS yang telah diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Kehadiran dari QRIS ini sebagai metode pembayaran secara non tunai yang memberikan kemudahan untuk mendukung kegiatan transaksi masyarakat khususnya pada pembayaran yang dilakukan sehari-hari.

Transaksi yang memanfaatkan QRIS memberikan banyak keuntungan bagi konsumen ataupun merchant karena memiliki fleksibilitas untuk metode pembayaran yang lebih cepat dan praktis.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Cara transaksi dengan menggunakan QRIS CIMB Niaga melalui Octo mobile

Sekarang ini untuk standarisasi dari QRIS sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat untuk mendukung pembayaran yang lebih praktis dan mudah. Dalam hal ini kamu tidak perlu bingung lagi untuk mempunyai berbagai macam aplikasi keuangan supaya bisa mendukung untuk menyelesaikan transaksi pembayaran sehari-hari.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Bagi kamu yang sudah menjadi nasabah CIMB Niaga maka bisa melakukan transaksi pembayaran dengan mudah melalui Octo mobile. Adapun untuk langkah cara yang dapat kamu ketahui guna mendukung transaksi pembayaran menggunakan QRIS dari CIMB Niaga melalui Octo mobile sebagai berikut:

1. Login pada Octo mobile

Sebelum kamu bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS melalui Octo mobile, maka pastikanlah terlebih dahulu bahwasanya kamu sudah mengunduh aplikasi ini pada smartphone dan mendaftarkan diri menjadi nasabah CIMB Niaga. Pada saat kamu sudah berhasil untuk mengunduh dan melakukan registrasi sebagai nasabah CIMB Niaga, maka bisa langsung untuk login dengan cara masukkan user ID dan password yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

Pastikanlah dalam hal ini kamu mengingat user ID dan password dari aplikasi tersebut dengan benar supaya untuk proses login menjadi lebih mudah dan kamu juga diberikan kebebasan untuk menyimpan sebagai akses selanjutnya.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Tidak hanya bisa memanfaatkan user ID namun kamu juga bisa login pada aplikasi tersebut untuk melakukan pembayaran QR kode atau transaksi lain dengan penggunaan otentikasi biometrik seperti halnya face ID ataupun sidik jari yang memang telah terintegrasi pada ponsel kamu.

2. Memilih menu QR

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan ketika sudah berhasil masuk di aplikasi Octo mobile, makasihlahkan memilih menu QR CIMB Niaga yang letaknya di bagian muka interface. Kehadiran dari menu yang satu ini mudah ditemukan yang nantinya bisa membantu kamu untuk mendukung kegiatan transaksi menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain itu untuk kehadiran dari desain icon QRIS tersebut dibuat dengan dimensi ukuran yang lebih besar dan menghadirkan warna yang bisa menarik perhatian para pengguna ketika berada di halaman utama aplikasi.

Dengan demikian kamu tidak perlu bingung untuk mencari menu QR yang ada di aplikasi Octo mobile, ketika kamu sudah masuk pada menu maka silakan memilih tombol scan atau pindai supaya diarahkan pada proses transaksi QR code.

3. Scan QRIS CIMB Niaga

Pada saat kamu sudah memilih tombol scan pada halaman utama aplikasi maka segera lakukan pemindaian kode QR tersebut di counter kasir merchant. Selain itu juga terdapat beberapa fitur pindai QR code guna mendukung kegiatan transaksi transfer ataupun penerimaan uang sesama nasabah CIMB Niaga atau sebagai pengguna aplikasi Octo mobile.

Namun perlu kamu ketahui juga bahwasanya dengan penggunaan QR code tersebut terbagi ke dalam dua jenis yakni QR statis dan QR EDC. Dalam hal ini kamu cukup memasukkan jumlah nominal pembayaran atas belanja atau transaksi yang kamu lakukan untuk penggunaan QR statis, sementara itu jika menggunakan QR EDC maka secara otomatis untuk jumlah nominalnya ini sudah terisi sendiri sesuai dengan jumlah yang nantinya harus kamu bayarkan.

4. Memasukkan nominal pembayaran

Apabila kamu sudah berhasil memindai QR code di halaman aplikasi tersebut. Maka silahkan untuk menyesuaikan nama merchant yang tertampil di halaman layar smartphone milik kamu dengan panel QRIS yang ditemukan pada counter kasir ketika melakukan transaksi pembayaran.

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan dengan memasukkan jumlah nominal pembayaran sesuai dengan transaksi belanja yang kamu lakukan. Pastikan dalam hal ini kamu menggunakan sumber dana sesuai dengan keinginan baik itu berasal dari tabungan ataupun kartu kredit yang memang telah kamu daftarkan pada aplikasi Octo mobile.

5. Konfirmasi transaksi pembayaran

Pada tahapan yang satu ini maka kamu harus menyesuaikan untuk memasukkan nominal pembayaran hingga pemilihan sumber dana sesuai dengan keinginan guna mendukung kegiatan transaksi menggunakan QRIS CIMB Niaga. Lakukan pemeriksaan terhadap data transaksi yang nantinya akan kamu lakukan.

Apabila semua data tersebut sudah benar maka kamu bisa melakukan konfirmasi dengan cara memasukkan PIN dari aplikasi Octo mobile yang telah kamu daftarkan untuk mendukung kegiatan transaksi pembayaran.

Baca juga artikel tentang QRIS lainnya di Blog Transfez

Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya
Karakteristik QRIS Bank Indonesia sebagai Metode Pembayaran
Apa Itu QRIS Bank Mandiri dan Cara untuk Mengunakannya
Apa Itu QRIS CIMB Niaga dan Cara Transaksi Melalui Octo Mobile
Keunggulan dan Cara Penggunaan QRIS Maybank untuk Transaksi

Apabila transaksi menggunakan QRIS tersebut sudah berhasil dilakukan biasanya akan muncul halaman baru terkait informasi transaksi yang kamu lakukan bisa disimpan guna membantu pendataan untuk catatan pengeluaran yang bisa kamu ketahui setiap bulannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait cara melakukan transaksi menggunakan QRIS CIMB Niaga melalui Octo mobile. Adanya kemudahan dalam melakukan kegiatan transaksi tersebut bisa membantu kamu untuk melancarkan pembayaran belanja.

Instagram