pengertian pasar penjual adalah apa

Otoritas Jasa Keuangan menjelaskan tentang Pasar Penjual yaitu pasar yang dicirikan dengan adanya permintaan secara nisbi yang melebihi penawaran sebab terjadi kelangkaan barang di pasar. Akibatnya membuat harga barang menjadi mahal.

Dalam kondisi tersebut pasa akan dikuasai oleh penjual, yang membuat penjual akan membuat harga pada tingkat berapapun untuk ditawarkan. Barang-barang yang mahal tersebut akan tetap dibeli, seperti terjadinya kelangkaan sembako, pembeli akan membeli harga yang diciptakan oleh penjual sendiri.

Pengertian Pasar Penjual

Pasar Penjual merupakan suatu kondisi pasar yang didalamnya terjadi kekurang barang yang tersedia untuk dijual, sedangkan permintaan atas barang tersebut cukup banyak. Umumnya istilah ini dipakai untuk pasar properti, saat persediaan property rendah tapi permintaan akan properti tinggi.

Situasi yang seperti ini akan menguntungkan para penjual untuk dapat memainkan hraga yang minat permintaannya tinggi. Oleh akarnya sebagai pembeli dalam kondisi pasar penjual tidak dapat berpikir lama, karena nantinya akan dibeli oleh orang lain, atau penjual akan menaikan harga barang tersebut lagi.

Berikut adalah pengertian secara lebih jelas tentang pasar penjual, mari disimak!

  • Pasar penjual merupakan pasar yang hanya memiliki barang yang sedikit untuk dapat dibeli oleh pembeli, sedangkan barang tersebut merupakan barang yang dibutuhkan banyak orang. Sehingga penjual mengeluarkan kemampuanya untuk mendikte atau mengatur harga barang, maka terjadilah harga barang yang tinggi.
  • Pasar penjual seringnya dipakai untuk real estat dimana permintaan real estat pada wilayah tertentu terlalu banyak sedangkan persedian barangnya sedikit. Akibatnya membuat harga real estate pada wilayah tertentu menjadi lebih tinggi.
  • Pasar Penjual merupakan kebalikan dari pasar pembeli. Pasar pembeli adalah kondisi pasar yang berada pada situasi persediaan barang untuk dijual sangat banyak, sehingga pembeli memiliki kekuatan untuk menekan harga paling renda sesuai syarat dan ketetapan
  • Pasar Penjual memiliki konsep yang mirip dengan merger dan akuisisi di dunia bisnis. Ketika peningkataan permintaan terhadap asset akan memungkikan persediannya menjadi terbatas, sehingga membuat penjual menjadi dapat menentukan harganya sendiri.

contoh pasar penjual apa aja lur

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Contoh pasar penjual

  1. Pasar penjual akan terjadi ketika adanya kelangkaan salah satunya adalah langkanya sembako ketika terjadi bencana alam, misalnya banjir. Para penjual sembako akan menaikan harga dagangan karena tingginya permintaan, tetapi penawaran akan sembako langka bahkan tidak ada.

Dapat disimpulkan bahwa hukum permintaan dan penawaran tetap berlaku pada pasar penjual. Oleh karenanya untuk menghindari terjadinya pasar penjual diberikan adanya intervensi dari pemerintah untuk mengendalikan harga pasar, guna menghindari inflasi yang melebihi ambang batas.

Contoh Kasus  Pasar Penjual

Di tahun 2020 dan pada awal tahun 2021 merupakan kondisi yang berada pada kejatuhan ekonomi yang berkelanjutan dari krisi ekonomi dunia. Pasar real estate melonjak yang membuat penjual dapat menaikan harga dengan mudah bahkan melampaui harga pasaran sesungguhnya.

Lonjakan harga yang terjadi pada real estate akibat dari kurangnya pasokan real estate tapi semakin meningkatnya permintaan. Alasan utama permintaan banyak adalah para calon pembeli real estate memanfaatkan momentum akan tingkat hipotek yang rendah.

Tingkat hipotek tersebut dicatat paling rendah dari 30 tahun kebelakang, yaitu terjadi pada Januari 2021 yang mencapai rekor terendah dengan nilai hipotek 2,65% saja. Federal Reserve merupakan alasan utama mengapa terjadinya penurunan suku bunga hipotek ini.

Dalam upaya mendukung perekonomian dunia yang sedang krisis The Fed memotong suku bunga utama ke posisi paling rendah dalam sejarah. Kemudian disusul bank sentral menurunkan suku bunga dana fed, suku bunga dalam satu malam berubah menjadi 0,00% sampai 0n25% saja di tanggal 15 Maret 2020 dan terus mempertahankan sejak saat itu.

Suku bunga utama sangat terkena dampaknya dari suku bunga dana Fed. Umumnya suku bunga akan dikenakan pada pelanggan kelas atas bank namun karen itu dihilangkan.

Sehingga banyak tariff konsumen lainnya termasuk hipotek yang tarifnya dapat disesuaikan karena suku bunga utama yang turun tersebut.

Alhasil walaupun pada tahun 2020 yang sulit untuk masyarakat umum, nyatanya pasar real estate mengalami lonjakan yang signifikan. Tetapi dewasa ini pasar penjual semakin hilang kuasanya dibuktikan dengan menurunnya penjualan real estate sekitar 6,6% pada Februari 2021 yang di bulan Desember 2020 mengalami kenaikan.

Tapi bulan februari 2021 ini tetap menunjukan kenaikan pada pasar real estate ini sekitar 9,1%, dan terus meningkat hingga September 2021 bahkan ketika real estate banyak tersedia.

Tapi dari data yang ada penjualan dibandingkan September 2020 mengalami penurunan yaitu 2,3% ketika terjadinya COVID-19 yang belum terkendali.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Pasar Penjual di Saham

Pasar penjual juga dapat terjadi di lingkungan perusahaan. Terjadinya akibat kelebihan akan permintaan asset yang terbatas yang membuat penjual dapat menetapkan harga yang kurang seimbang.

Permintaan aset yang berdatangan ini didukung dengan lingkungan ekonomi yang positif, suku bunga rendah, pendapatan yang kuat, saldo kas tinggi, dan alasan positif lainnya.

Ketika para direksi perusahaan meyakini terhadap prospek dimasa yang akan datang. Direksi akan bersedia membayar lebih untuk premi yang nilainya pada saat itu sangat langka.

Perusahaan yang dijadikan target adalah perusahaan yang memiliki merk unggulan, teknologi termutakhir, pasar yang luas baik secara produk ataupun secara geografi, dan jaringan distribusi yang unik sehingga susah disamakan, dan alasan lainnya yang mendukung sebuah kelangkaan.

Faktor yang Mempengaruhi Kondisi Pasar Penjual

Pasar penjual dapat terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi seperti pertumbuhan investasi, keterbatasan lapangan kerja, suku bunga renda, konstruksi baru, dan perubahan legislative.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah, demikianlah inforamsi mengenai padar penjual tentang penjelasannya dan contoh dari pasar penjual.

Instagram