kampus kuliah di luar negeri

Kuliah di luar negeri merupakan impian bagi banyak pelajar di Indonesia. Sebuah impian yang makin ke sini makin banyak diwujudkan oleh banyak orang Indonesia. Hal ini tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan arus informasi yang semakin mudah dijangkau oleh banyak kalangan. 

Dengan mudahnya akses terhadap informasi pendidikan beserta beasiswanya, melanjutkan studi ke luar negeri pun sudah bukan lagi merupakan barang asing bagi pelajar Indonesia. Dan dari sekian banyak negara yang diimpikan oleh para pelajar tersebut, berikut adalah lima negara favorit tujuan studi di luar negeri. 

Ada banyak sekali pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di lima negara tersebut dan boleh jadi kamu adalah yang selanjutnya. Berikut adalah negara-negaranya:

Britania Raya

Britania Raya atau United Kingdom adalah negara kesatuan yang terdiri dari Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan juga Skotlandia. Britania Raya adalah salah satu negara tujuan favorit para pelajar Indonesia. 

Hal ini sebenarnya tidaklah mengherankan mengingat ada banyak sekali universitas ternama yang berada di sana mulai dari University of Oxford, University of Cambridge, Imperial College of London, University of Edinburgh, dan masih banyak lagi universitas top lainnya. 

Di samping itu, ada banyak juga beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar Indonesia untuk bisa melanjutkan pendidikannya di Britania Raya. Beberapa beasiswa tersebut antara lain adalah British Chevening Scholarship, Commonwealth Scholarship for Developing Commonwealth Countries, Euraxess UK dan lain beasiswa-beasiswa lainnya.  

Jepang 

Selain Britania Raya, negara tujuan favorit untuk melanjutkan kuliah di luar negeri adalah Jepang. Negeri matahari terbit ini telah sejak lama menjadi tujuan favorit para pelajar untuk melanjutkan studinya baik untuk berkuliah S1, S2, sampai dengan jenjang doktoral. 

Di Jepang sendiri terdapat banyak universitas ternama seperti Waseda University, Kyushu University, Hokkaido University, dan The University of Tokyo. Selain itu, ada banyak juga beasiswa yang tersedia bagi pelajar yang ingin belajar di Jepang mulai dari Japanese Government MEXT Scholarship for International Research Student sampai beasiswa dari Otsuka Toshimi Scholarship Foundation.

Australia 

Negara favorit tujuan kuliah di luar negeri berikutnya adalah Australia. Negara yang secara geografis tidaklah sejauh negara Eropa dan Amerika ini adalah salah satu negara tujuan favorit para pelajar Indonesia yang berniat melanjutkan studi. 

Di negara Kangguru ini terdapat banyak universitas yang mungkin namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Beberapa universitas terkenal dari Australia adalah Monash University, Australia National University, University of Sydney, dan University of Melbourne.

Di samping memiliki banyak universitas ternama, Australia juga memiliki banyak beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar Indonesia seperti misalnya Australia Awards Scholarship and Fellowship, Australia Government Research Training Program dan Destination Australia Scholarship for International Students.

Jerman 

Tujuan favorit kuliah di luar negeri selanjutnya adalah Jerman. Negara yang termasyhur akan perkembangan teknologinya ini telah sejak lama menjadi tujuan untuk melanjutkan studi. Salah satu presiden kita yaitu BJ Habibie merupakan salah satu anak bangsa yang melanjutkan studinya di negara tersebut.

Terdapat banyak universitas terkenal di Jerman yang bisa kamu jadikan pilihan seperti Technische Universität München, Ludwig-Maximilians-Universität München, dan Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg. 

Apabila kamu berminat untuk melanjutkan pendidikan di Jerman melalui jalur beasiswa, kamu dapat memanfaatkan DAAD Scholarship atau Erasmus+ yang mana merupakan beasiswa yang populer di kalangan pemburu beasiswa.

Korea Selatan

Negara lainnya yang juga merupakan favorit tujuan kuliah di luar negeri adalah Korea Selatan atau Republic of Korea. Negara tempat asal budaya K-Pop dan K-Drama ini sekarang juga menjadi tempat tujuan melanjutkan pendidikan impian banyak pelajar di Indonesia dan mungkin kamu adalah salah satunya? 

Jika kamu berencana untuk kuliah di Korea Selatan nanti, berikut adalah beberapa universitas yang bisa kamu tuju: 

  • Yonsei University

  • Sungkyunkwan University

  • Korea University

  • Seoul National University

  • Korea Advanced Institute of Science & Technology

Dan jika kamu berencana untuk berkuliah di Korea Selatan dengan jalur beasiswa, kamu bisa memanfaatkan beberapa jenis beasiswa seperti KFAS International Scholar Exchange Fellowship atau Korean Government Scholarship Program.

Demikian beberapa negara yang menjadi favorit tujuan kuliah di luar negeri yang bisa kamu jadikan referensi terutama bagi kamu yang ingin meneruskan pendidikan di luar Indonesia. Dan jangan lupa selama kamu tinggal di luar negeri, kamu bisa memanfaatkan aplikasi kirim uang ke luar negeri bernama Transfez untuk keperluan pengiriman uang saku atau yang lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

One reply on “5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri”

  • Deanita Cahyani
    Oktober 15, 2021 at 5:15 pm

    Semoga aja bisa kesampean, buat ngelanjutin pendidikan di luar negeri xixi
    Aamiinin ajaa duluu, sapa tau kesampean, aamiin ya rabbal alamin.

Instagram