kuliah di Malaysia

Kuliah di Malaysia tampaknya sudah bukan merupakan hal asing bagi orang Indonesia. Dilansir dari New Starits Times, di tahun 2017 ada sekitar 9000 orang Indonesia yang melanjutkan pendidikan tingginya di Malaysia.

Hal yang sebenarnya tidaklah aneh mengingat letak Malaysia yang tidak terlalu jauh dari Indonesia. Di samping itu, kebudayaan kedua negara yang tidak terlalu berbeda membuat adaptasi dapat dilakukan dengan lebih mudah oleh pelajar Indonesia yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di sana.

Terkait dengan kuliah di Malaysia, sebenarnya apa saja yang dibutuhkan untuk dapat melanjutkan pendidikan di sana? Adakah syarat khusus yang dibutuhkan dan harus dilengkapi oleh pelajar Indonesia yang hendak meneruskan studinya di negeri jiran tersebut? Berikut adalah beberapa hal yang dibutuhkan jika ingin berkuliah di universitas yang ada di Malaysia.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Kirim Uang dengan Transfez

Visa Pelajar untuk Kuliah di Malaysia

Setiap orang dari luar Malaysia yang berniat untuk belajar di Malaysia membutuhtuhkan yang namanya visa pelajar atau juga disebut dengan istilah student pass. Untuk bisa mendapatkan visa ini, dibutuhkan beberapa dokumen sebagaimana terlampir di situs resmi imigrasi Malaysia:

  • Surat pengantar (dari kementerian pendidikan atau instansi terkait)
  • Offer letter atau Letter of Acceptance dari kampus yang dituju
  • Formulir imigrasi yang sudah diisi
  • Salinan paspor
  • Personal bond

Selain menyediakan dokumen-dokumen tersebut, calon pelajar juga perlu mengikuti beberapa proses untuk mendapatkan visa pelajar.

kuliah di Malaysia
Photo by Nicholas Chester-Adams on Unsplash

Akomodasi

Setelah mendapatkan visa pelajar, hal lain yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah akomodasi. Hal ini sangatlah penting karena rasanya akan sangat aneh jika pergi belajar ke Malaysia tanpa tahu akan tinggal di mana dan makan apa. Oleh karenanya, hal ini menjadi penting untuk dipersiapkan.

Untuk tempat tinggal sendiri sebenarnya beberapa universitas di Malaysia menyediakan asrama yang dapat dijadikan tempat tinggal oleh mahasiswanya seperti yang ada di Universiti Utara Malaysia yang terletak di Kedah.

Namun jika memang lebih memilih untuk tinggal di luar asrama, apartemen adalah tempat tinggal yang nyaman untuk ditinggali. Apalagi jika ternyata ada teman atau saudara yang juga berkuliah di tempat yang sama. Tinggal bersama dalam satu unit apartemen adalah pilihan yang menarik untuk dicoba.

Uang

Selain visa dan juga akomodasi, hal lain yang tidak kalah penting dan dibutuhkan selama menjalani studi di Malaysia adalah uang. Untungnya, tersedia banyak beasiswa untuk melanjutkan studi di Malaysia dan salah satunya adalah LPDP. Adapun jika memang membutuhkan uang lebih, mahasiswa internasional dibolehkan untuk bekerja sambilan di Malaysia dengan beberapa ketentuan.

Terkait pengiriman uang ke Malaysia dari Indonesia sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi kirim uang dari Transfez. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan baik oleh pelajar maupun orang tuanya. Kirim uang dari Indonesia ke Malaysia dapat dilakukan oleh Transfez dalam waktu singkat dan tidak perlu keluar rumah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store 350px appstore

Sekian beberapa hal yang dibutuhkan untuk kuliah di Malaysia. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.