Tips Traveling ke Australia untuk Pemula

Artikel ini membahas tentang tips traveling ke Australia untuk kamu yang belum pernah atau punya rencana untuk pergi ke Australia. Artikel ini bisa dijadikan referensi dalam menyusun seluruh rencana liburan kamu.

Negara yang dikenal sebagai Negeri Kangguru ini, merupakan negara yang banyak diminati oleh para wisatawan. Mungkin saat ini, kamu sedang merencanakan untuk melakukan perjalanan ke beberapa destinasi yang ada di Australia, seperti Melbourne, Sydney dan Perth.

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Pexels/Catarina Sousa

Walaupun kamu harus menyiapkan budget yang cukup banyak, namun masih tetap bisa liburan murah ke Australia dengan beberapa tips berikut ini.

1. Menghindari kota-kota besar jika ingin budget lebih murah

Tips traveling ke Australia yang pertama, saat berkunjung ke Australia, mungkin kota-kota seperti Sydney, Melbourne dan Perth merupakan destinasi yang masuk kedalam list kamu. Namun, untuk menghemat budget sebaiknya traveler menghindari kota-kota besar tersebut.

Harga dan tarif apa pun sudah dipastikan akan lebih mahal saat para wisatawan mengunjungi kota besar. kamu mungkin bisa mengunjungi Yamba di New South Wales, Port Elliot di Australia Selatan, Dunsborough di Australia Barat, dan Port Fairy di Victoria sebagai gantinya.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

2. Memesan penginapan di hostel

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Unsplash/Marcus Loke

Tips traveling ke Australia yang kedua, menggunakan penginapan seperti hotel, tentu saja membutuhkan pengeluaran yang lebih besar. Sehingga, untuk menghemat budget sebaiknya traveler menginap di hostel.

Ada baiknya bila kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai penginapan yang aman dan sesuai dengan budget. Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada teman atau kerabat yang pernah ke sana untuk meminta rekomendasi penginapan di Australia.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Australia
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

3. Menggunakan penerbangan murah

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Pexels/Austin Zhang

Tips traveling ke Australia yang ketiga, traveler dapat memanfaatkan penerbangan murah untuk menghemat budget dengan menggunakan maskapai penerbangan Low Cost Carrier atau LCC. Apa yang biasa menawarkan tiket pesawat murah pada pertengahan minggu adalah Tiger Air dan Jetstar.

Kamu juga sebaiknya memilih jadwal penerbangan pada tengah malam atau paling pagi, untuk mendapatkan tiket pesawat murah ke Australia. Pastikan kamu selalu memantau harga tiket dan mencari promo yang tersedia agar dapat berlibur menjadi lebih menyenangkan.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

4. Memanfaatkan wi-fi gratis

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Pexels/NOHK

Tips traveling ke Australia yang ke-4, tentu saja berlibur para traveler sangat membutuhkan koneksi internet, namun apabila membeli kartu SIM di Australia bukan pilihan terbaik. Harga SIM card di Australia cukup mahal dan terlebih kamu hanya menggunakanya untuk beberapa hari saja.

Maka, sebaiknya kamu memanfaatkan wi-fi gratis yang ada di perpustakaan, hostel dan sebagainya. Sehingga, kamu juga bisa menghemat pengeluaran kamu selama berlibur di Australia.

5. Membeli bensin saat pertengahan minggu

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Unsplash/sippakorn yamkasikorn

Tips traveling ke Australia yang ke-5, saat sampai di Australia, tentu saja kamu akan berencana untuk menyewa kendaraan selama berlibur. Untuk menghemat budget, sebaiknya kamu membeli bahan bakar di pertengahan minggu, karena kamu dapat menghemat sebanyak 20% per liter jika membeli bensin di hari senin atau rabu.

6. Tidak membawa telur karena dilarang saat traveling ke Australia

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Unsplash/Johnny Bhalla

Tips traveling ke Australia yang ke-6, Australia memiliki peraturan yang ketat mengenai barang yang tidak boleh dibawa masuk ke wilayah negaranya. Para wisatawan tidak boleh membawa sayuran telur buah dan daging.

Untuk membawa obat yang tidak lazim dikonsumsi, sebaiknya kamu membawa surat keterangan dari dokter serta jangan lupa declare obat tersebut di bagian bea cukai bandara.

7. Sebaiknya berangkat di waktu terbaik ke Australia

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Pexels/Patrick McLachlan

Tips traveling ke Australia yang ke-7, waktu terbaik saat mengunjungi Australia tergantung pada kota tujuan yang akan dikunjungi. Seperti, South Australia yang nyaman dikunjungi di bulan Februari sampai Maret karena cuaca sedang hangat.

Sedangkan Perth, paling baik dikunjungi di bulan September sampai Maret,Sidney seru dikunjungi apabila musim gugur di bulanMaret sampai Mei karena cuaca tidak terlalu dingin dan sedang banyak festival.

8. Bawa dompet koin

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Pexels/Monstera

Tips traveling ke Australia yang ke-8, ada dua jenis koin di Australia yang berdasarkan warna, yaitu perak dan emas. Koin Perak merupakan koin senyang terdiri dari 5 sen, 10 sen, 20 sen dan 50 sen, dimana semakin besar ukuran koin maka semakin besar nominalnya.

Koin emas merupakan koin dolar yang terdiri dari 1 dolar dan 2 dolar, dengan ukuran yang semakin kecil maka semakin besar nominalnya. Pastikan koin dolar yang kamu miliki tersimpan dengan aman pada tempatnya.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

9. Membawa universal adapter adalah kewajiban

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Unsplash/Thomas Kolnowski

Tips traveling ke Australia yang ke-9, alat elektronik yang dimiliki oleh Indonesia biasanya menggunakan speaker atau colokan kecil dan bertegangan 220 – 240 volt. Spesifikasi ini digunakan di Asia Tenggara dan Eropa, namun tidak di Australia.

Karena Australia menggunakan electric socket dengan tipe-I yang bertegangan 220 – 240V. Agar kamu bisa mengisi ulang alat elektronik, sebaiknya bawa adapter dan persiapkan sebelum keberangkatan sehingga kamu bisa mengabadikan momen-momen berkesan selama liburan.

10. Menyiapkan visa

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Pexels/Karolina Grabowska

Tips traveling ke Australia yang ke-10, untuk masuk ke wilayah Australia orang Indonesia memerlukan visa. Untuk mendapatkan visa Australia terdapat dua cara yaitu dengan jasa agen wisata atau mengurus sendiri ke pusat aplikasi visa Australia.

Apabila kamu datang hanya untuk berlibur maka tipe bisa yang diperlukan adalah visa kunjungan turis.

11. Membawa barang seperlunya

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Unsplash/Anete Lūsiņa

Tips traveling ke Australia yang ke-11, saat traveling ke luar negeri, sebaiknya kamu membawa barang yang memang dibutuhkan saja. Jangan sampai kamu menjadi kelelahan duluan karena repot membawa barang bawaan yang berlebihan.

Hindari membuat rencana liburan kamu menjadi terganggu dan tidak menyenangkan karena barang bawaan yang terlalu banyak.

12. Menggunakan asuransi perjalanan

Tips traveling ke Australia yang ke-12, karena dirasa tidak perlu, maka kebanyakan para turis akan menghindari asuransi perjalanan. Meskipun sama besarnya, asuransi perjalanan ini sangat berguna apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat berlibur ke Australia.

Ikuti Cerita Komedi Cantau Kuliah di Perancis hanya di Transfez
@transfezMulai hari ini, ikuti keseruan si Cantau kuliah di Paris, siapa tahu malah jadi terinspirasi ya kan ##fyp ##kuliahdiperancis ##ceritakomedi ##transfez♬ original sound – Transfez

Selain itu, sebenarnya harga yang harus dibayarkan oleh seorang traveler untuk membeli asuransi perjalanan tidak lebih besar dari biaya pengobatan jika terjadi di suatu hal buruk.

13. Menggunakan Free City Suttle Bus

Tips Traveling ke Australia untuk Pemula
Unsplash/Young-Kyung Kim

Tips traveling ke Australia yang terakhir, Pemerintahan Australia telah menyediakan fasilitas gratis yang mampu menunjang kebutuhan para wisatawan hemat budget. Bus gratis ini sering digunakan oleh para wisatawan untuk menikmati keliling Autralia secara gratis.

Kebanyakan rute bus ini ke tempat-tempat wisata terkenal yang ada di Australia, kamu bisa ke Melbourne, Sydney dan Perth. Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa bus dalam kota yang ada di Perth yaitu CAT (Central Australia Transit) tidak beroperasi di hari-hari tertentu seperti, Natal dan Wafat Isa Almasih.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store 350px appstore

Untuk berlibur ke Australia sebaiknya kamu benar-benar menyusun rencana perjalanan ke destinasi yang ingin dikunjungi. Karena beberapa tempat yang ada di Australia memiliki waktu terbaik yang berbeda, agar kamu dapat merasakan keindahan serta memiliki pengalaman yang menyenangkan saat berlibur.