study in UK

Dari semua negara Eropa yang diinginkan untuk belajar, maka nama Inggris adalah juaranya. Hal itu memang wajar mengingat Inggris menggunakan Bahasa Internasional yang banyak digunakan di seluruh dunia, Bahasa Inggris.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Selain itu, kualitas pendidikan di negeri Ratu Elizabeth tersebut menjadi magnet tersendiri untuk calon mahasiswa di seluruh dunia. Untuk kamu yang penasaran berapa biaya kuliah dan biaya hidup di Inggris, simak ulasannya di bawah ini.

Daftar biaya kuliah di Inggris

1. University of Oxford

Oxford University

University of Oxford sudah lama dikenal universitas yang terkenal di dunia dan sudah berdiri sejak 1096 sehingga menjadikan kampus salah satu tertua di dunia. Universitas negeri ini didirikan oleh anggota Russell Group dan berlokasi di Oxford, Inggris.

Baca Juga: Daftar Program Studi Terbaik di University of Oxford

Universitas Oxford terdiri dari 100 departemen akademik utama dengan divisi akademik seperti ilmu kedokteran, Ilmu Matematika, fisik dan kehidupan, Humaniora, dan Ilmu sosial. Biaya kuliah di Oxford ada di kisaran 30.903 GBP per tahun.

2. Brunel University

Brunel University
Brunel University

Brunel University berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan universitas publik dan penelitian yang berada di Uxbridge, London. Universitas ini pada awalnya adalah Borough Road College pada tahun 1798, lalu berganti nama terus hingga ditetapkan menjadi Brunel University.

Brunel University memiliki tiga perguruan tinggi yang terdiri dari departemen disiplin, dan juga tiga lembaga penelitian, seperti program sarjana, master, doktor, penelitian, kursus bahasa, e-learning, dan masih banyak lagi. Biaya kuliah untuk tingkat Sarjana ada di kisaran 18.000 GBP dan untuk Magister ada di kisaran 17.500 GBP per tahun.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

3. University of Cambridge

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge

Berdiri sejak tahun 1209, University of Cambridge merupakan universitas tertua ketiga di dunia yang masih ada hingga sekarang. Kampus ini lebih fokus sebagai riset publik yang letaknya ada di Cambridge, Inggris dan merupakan salah satu universitas elit negara tersebut.

Baca Juga: Daftar Jurusan Kuliah Terbaik di University of Cambridge

University of Cambridge memiliki 31 perguruan tinggi otonom, 30 program sarjana yang mencakup lebih dari 65 bidang studi. Biaya kuliah di universitas tersebut berada di kisaran 31.991 GBP. Pertahun.

4. University of Leeds

University of Leeds
University of Leeds

University of Leeds sudah berdiri sejak tahun 1904 dan merupakan universitas negeri yang berada di Leeds, West Yorkshire, Inggris. Universitas ini juga adalah anggota pendiri Russell Group Universities dan N8 Group yang diperuntukan bagi kolaborasi penelitian, asosiasi persemakmuran dan juga asosiasi Universitas Eropa.

University of Leeds ini menawarkan lebih dari 500 sarjana dan lebih dari 200 program pascasarjana yang terdiri dari Fakultas Seni, Humaniora dan Budaya, Fakultas Pendidikan, Ilmu Sosial dan Hukum, Ilmu Biologi, Fakultas Teknik, Bisnis, hingga Kedokteran. Biaya kuliah di Universitas Leeds ini memiliki tiga jenis yang dibedakan sebagai berikut:

• Jurusan Bisnis, Hukum, dan Sosial : 15.500 GBP per tahun
• Jurusan Sains, Mesin, Komputer: 16,600 GBP per tahun
• Jurusan hubungan internasional: 16,450 GBP per tahun

5. Durham University

Durham University
Durham University

Durham University berdiri sejak tahun 1832 dan memiliki dua kampus, yakni Durham City, dan Queen’s Campus yang berada di Durham, Inggris. Universitas ini merupakan anggota Russell Group dari universitas terkemuka di Inggris dan sudah berafiliasi dengan beberapa kelompok universitas termasuk N8 Research Partnership.

Universitas ini memiliki 3 fakultas yang terdiri dari Fakultas Seni dan Humaniora, Fakultas Sains, hingga Fakultas Ilmu Sosial dan Kesehatan. Untuk biaya kuliah di universitas ini juga dibagi menjadi tiga sebagai berikut:

• Jurusan Bisnis, Ekonomi, Akuntansi, dan Finansial: 17.300 GBP per tahun
• Jurusan Humaniora, Hukum, dan Sosial : 16.900 GBP per tahun
• Jurusan Sains dan Mesin: 17.900 GBP per tahun

6. University of Bristol

University of Bristol
University of Bristol

University of Bristol berdiri sejak tahun 1976 dan terletak di Bristol, Inggris. Universitas ini mempunyai 13 pemenang Nobel yang semuanya berasal dari Akademi Ilmu Kedokteran, British Academy, Royal Academy of Engineering, dan Royal Society.

Universitas ini juga menawarkan lebih dari 200 program sarjana dan pascasarjana yang terdiri dari 6 fakultas, yakni fakultas teknik, ilmu Biomedis, Sains, Ilmu Kesehatan, hingga ilmu sosial dan hukum. Biaya kuliah di sini ada di kisaran 15.900 GBP per tahun.

7. University of Birmingham

University of Birmingham
University of Birmingham

University of Birmingham merupakan universitas riset publik di Edgbaston, Birmingham, Inggris yang sudah berdiri sejak tahun 1825. Universitas ini sudah menantang dan mengembangkan pikiran yang hebat selama lebih dari satu abad dan populasi siswa dalam menikmati berbagai kursus dan fasilitas kampus terus meningkat.

University of Birmingham ini meliputi Fakultas Teknik dan Fisika, Kehidupan dan ilmu Lingkungan, Ilmu Kedokteran dan Gigi, Seni dan Sains, hingga Sosial. Biaya pendidikan di universitas ini mencapai 17.640 GBP per tahun.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Biaya Hidup di Inggris

study in UK / Inggris
Photo by Heidi Fin on Unsplash

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa biaya hidup di Inggris termasuk sangat tinggi bila kita bandingkan dengan Indonesia. beberapa rincian biaya saat tinggal di Inggris adalah sebagai berikut:

1. Tempat Tinggal

Hal pertama yang harus diperhatikan tentunya adalah tempat tinggal. Agar lebih murah, kamu bisa tinggal di apartemen yang harganya sangat tergantung pada jumlah kamar tidur dan daerah yang ditempati.

Contohnya bisa kamu lihat di bawah ini:
• Apartemen dengan 1 kamar tidur di pusat Kota: 1.300 – 2.500 GBP perbulan (di Luar pusat kota: 1.000 – 1600 GBP perbulan)
• Apartemen dengan 3 kamar di pusat kota : 2.300 -4.500 GBP perbulan (di luar pusat kota : 1.700-2.800 GBP perbulan)

2. Biaya Utilitas

Biaya selanjutnya yang harus diperhatikan adalah utilitas seperti listrik, air, sampah, dan masih banyak lagi. beberapa rinciannya bisa kamu lihat di bawah ini:

• Biaya Listrik, Penghangat ruangan. Air, dan Sampah: 100 -350 GBP per bulan
• Pulsa telepon untuk satu ponsel : 0,03 -0,20 GBP
• Biaya Internet sebesar 60 Mbps atau lebih, unlimited data: 25 -40 GBP perbulan

3. Biaya Makanan dan Minuman di Inggris

Biaya makanan dan minuman ini juga harus kamu perhatikan karena merupakan salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Beberapa rinciannya bisa kamu lihat di bawah ini:
• Makan di restoran murah : 10-25 GBP per porsi
• Makan di restoran menengah: 40-100 GBP per porsi
• Makan di McDonalds : 5 -7 GBP per porsi
• Air mineral (0,33 liter botol) : 0,90 -2,50 GBP per botol (1,5 liter : 0,30-1,50 GBP per botol).

Jika kamu ingin lebih hemat lagi, sebaiknya membuat makanan sendiri dengan berbelanja di supermarket.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

4. Biaya Transportasi

Untuk berpergian di Inggris, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti taksi, bus, atau kereta. Harganya sendiri bisa kamu lihat di bawah ini:
• Tiket sekali jalan untuk lokal transportasi: 2,00 -4,00 GBP
• Taksi tarif normal: 2,60-5,00 GBP (Tarif 1 km = 1,50 -2,20 GBP)
• Sewa mobil seharian : 20.000 -25.000 GBP
• Bensin (1 Liter) : 1,10 – 1,40 GBP

5. Biaya Hiburan

Untuk biaya hiburan, kamu bisa pergi ke taman bermain, perpustakaan atau pergi ke bioskop untuk menonton film. Khusus untuk film bioskop, harga tiketnya ada di kisaran 9-20 GBP dan itu belum termasuk dengan biaya cemilannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Dari ulasan di atas, kita bisa perkirakan bahwa biaya kuliah dan biaya hidup di Inggris cukup tinggi sehingga kamu harus mempersiapkannya dengan matang.

Instagram