Oxford University

University of Oxford (Universitas Oxford) merupakan kampus tertua dan terkemuka di Inggris yang terletak di kota Oxford. Bagi Kamu yang ingin berkuliah di kampus ini bisa memilih salah satu dari daftar jurusan kuliah di University of Oxford.

Kampus tersebut telah terbagi menjadi empat divisi yaitu Humanities, Mathematical Physical and Life Sciences dan Social Sciences. Dari empat divisi tersebut terdapat masing-masing program studi menarik yang tidak pernah sepi peminat.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Berikut program studi di University of Oxford:

Humanities

Divisi atau fakultas Humanities yang biasa kita kenal dengan sebutan Humaniora merupakan fakultas yang meliputi pengajaran tentang ilmu budaya manusia serta ilmu-ilmu social. Program studi yang ada di divisi Humanities adalah:

Faculty of Clasic

Jurusan ini mempelajari tentang bahasa, kesusastraan, serta budaya dari peradaban kuno. Kebanyakan mahasiswa jurusan Faculty of Clasic akan disuguhkan pengetahuan mengenai hasil karya Romawi kuno berupa arsitektur, hasil pekerjaan pembangunan kota, kode-kode legal, prinsip pemerintahan, serta pencapaian Romawi inilah yang telah membentuk peradaban barat.

Dalam jurusan ini Kamu dapat membangun karir di bidang jurnalisme, pemerintahan, guide museum, computer maupun bagian kementrian Negara.

English Language and literature

Dalam program studi ini akan disajikan ilmu yang mempelajari tentang bahasa inggris dari sisi linguistik dan sastra secara mendalam.

Setelah Kamu mempelajari sastra dan bahasa inggris pada jurusan ini, Kamu bisa bekerja sebagai content writer, copywriter, manajer sosial media, editor artikel, jurnalis, penulis buku, penerjemah, hingga guru bahasa Inggris.

University of Oxford Photo by Vadim Sherbakov on Unsplash
Photo by Vadim Sherbakov on Unsplash

Music

Program musik pada divisi Humanities mengajarkan tentang ilmu tentang teori musik yang dibekali dalam keterampilan praktis seperti instrument dalam musik, teknik vocal dan komposisi.
Kalian yang mengambil jurusan usik dapat bekerja sebagai guru music, musisi, pencipta lagu, editor music serta musikolog.

Theology and Religion

Teologi merupakan program studi terlama di University of Oxford. Dalam jurusan ini mahasiswa akan mempelajari sejarah, teologi, antropologi, dan sosiologi dari agama yang dapat kalian pilih untuk dipelajari. Kemudian mahasiwa akan disuguhkan mengenai sejarah – sejarah peperangan serta pengajaran tentang kitab – kitab dalam agama yang mereka pilih.

Mahasiswa alumni jurusan Theology and religion dapat bekerja sebagai para pemuka agama, penulis, hukum, pendidikan serta pekerja sosial.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Mathematical, Physical and Lie sciences

Divisi ini mencakup pengajaran bidang matematika, fisika dan sains secara keseluruhan. Program studi yang ada dalam divisi ini adalah:

Department of chemistry

Kimia pertama kali diakui sebagai disiplin ilmu terpisah di University of Oxford pada tahun 1860 dengan pembangunan laboratorium yang terhubung dengan Museum Sejarah Alam.

Pengetahuan yang diajarkan pada departemen kimia ini adalah tentang struktur, komposisi dan sifat materi dari skala atom hingga molekul dan bagaimana interaksi keduanya dalam kehidupan sehari – hari.

Department of Computer Sciences

Departemen ilmu computer di University of Oxford merupakan salah satu jurusan ilmu computer paling lama berdiri di Negara ini. Sebelumnya dikenal sebagai Laboratorium Komputasi Universitas Oxford, yang merupakan rumah bagi komunitas penelitian dan pengajaran dunia.

Jurusan ini mengajarkan tentang komputasi, perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Selain itu disini Kamu akan mepelajari hal – hal yang berkaitan dengan computer, analisa abstrak algoritma hingga pemrograman.

Department of Earth Science

Departemen di University of Oxford ini telah mendapatkan Athena Swan Bronze Award pada tahun 2016 yakni piagam untuk wanita dalam sains, yang mengakui komitmen untuk memajukan karir wanita dalam pekerjaan sains, teknologi, teknik, matematika dan kedokteran (STEMM) di pendidikan tinggi dan penelitian.

Program ini mempelajari tentang bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Ilmu ini memberikan solusi bagi masalah-masalah bumi seperti sumber daya yang terus berkurang.

Mathematical Institute

Jurusan matematika di University of Oxford merupakan yang termuda di dunia. Sebagian besar matematika yang dilakukan di seluruh dunia saat ini pada dasarnya bergaya Eropa. Sebagian ide – ide yang dikemukakan berasal dari yunani kuno yang didasarkan pada bukti – bukti.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Jurusan pendidikan Matematika di University of Oxford merupakan jurusan yang mempelajari teori-teori dasar matematika, misalnya aljabar, geometri, statistika, kalkulus, matematika diskrit, dan lainnya.

Prospek kerja yang didapatkan adalah menjadi seorang pendidik, penulis buku, pengembang kurikulum, hingga menjadi trainer matematika handal.

Department of physics

Program studi fisika di University of Oxford memegang peran penting di dunia, baik secara nasional maupun internasional. Dalam jurusan ini mengajarkan tentang materi dalam berbagai waktu dan ruangnya. Serta meneliti tentang dasar dari hukum alam yang akhirnya membentuk materi. Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan fisika secara fundamental dan modern.

Prospek kerja dalam dunia fisika mencakup berbagai macam pekerjaan, seperti bekerja di bidang telekomunikasi, teknologi informasi, manufaktur dan institusi pendidikan. Selain itu, Kamu juga dapat meniti karir di dunia perbankan sebagai credit analyst ataupun auditor internal.

Social Sciences

Divisi Social Sciences merupakan divisi yang mewakili salah satu kelompok ilmuwan social yang terbesar di dunia. adanya divisi ini bertujuan membantu dunia untuk mengatasi kemiskinal, tata kelola global, pengelolaan sumber daya berkelanjutan, migrasi, keadilan dan pembangunan. Program studi dalam divisi ini adalah:

School of Archaeology

Jurusan Arkeologi di University of Oxford merupakan jurusan yang mengajarkan tentang lingkup penuh sejarah manusia, dari pemburu awal hingga asal usul pertanian, dunia klasik dan abad pertengahan dan masa lalu kontemporer, serta pengaturan lingkungan di mana mereka ada.

Beberapa pusat spesialis berfokus pembangunan Unit Akselerator Radiokarbon Oxford dengan menggabungkan Fasilitas Radiokarbon NERC nasional dan Pusat Arkeologi Maritim Oxford, PalaeoBarn yang rumah dari Wellcome Trust Palaeogennomics & Jaringan Penelitian Bio-Arkeologi, seta Oxford Centre for Asian Archaeology, Art and Culture.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang

Faculty of Law

Fakultas Hukum di Universitas Oxford merupakan salah satu yang terbesar di Inggris. Program ini adalah federasi dari tiga puluh sekolah hukum perguruan tinggi di dunia.

Pada program studi ini mempelajari tentang hokum di dunia baik secara teori dan praktek. Program karir yang dapat diambil dari studi ini adalah sebagai pengacara, notaris, hakim atau jaksa.

Department of economics

Departemen Ekonomi merupakan program studi baru di University of Oxford yang didirikan pada tahun 1999. Pada jurusan ekonomi mempelajari mengenai pengelolaan ekonomi yang terbatas baik pada skala mikro maupun makro.

Departemen ekonomi memiki prospek kerja yang luas yakni pada bidang konsultan ekonomi, riset pasar, actuaris, analis keuangan dan konsultan managemen.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penjabaran diatas merupakan daftar jurusan kuliah di University of Oxford yang dapat dijadikan tujuan. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan kalian ya teman – teman. Selamat memilih.

Instagram