kuliah di australia yuk lur

Australia dikenal sebagai negara maju, modern, dan juga multi-kultural. Dari semua aspek modern dan maju yang dimiliki Australia tersebut, sektor pendidikan memiliki peranan penting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas. Hal inilah yang menyebabkan Australia menjadi negara tujuan banyak pelajar internasional untuk menempuh pendidikan. Tidak mengherankan karena banyak sekali kampus-kampus di Australia yang masuk dalam jajaran 100 universitas terbaik seluruh dunia.

Dalam sistem pendidikan di Australia, terdapat perbedaan peraturan antara siswa domestik (warga negara Australia) dan siswa internasional dan salah satunya pada segi pembiayaan. Siswa internasional atau yang berasal dari luar negara Australia dapat kuliah di Australia dengan pembayaran mandiri maupun memperoleh beasiswa dari pemerintah setempat. Setiap program yang diambil memiliki dana yang berbeda.

Biaya SPP secara bulanan maupun semester dapat berbeda-beda besarannya tergatung dari universitas yang dipilih dan jurusan yang diambil.

Biaya Kuliah di Australia

Dikutip dari laman resmi pemerintahan Australia, berikut adalah biaya SPP rata-rata per tahun untuk siswa internasional yang kuliah di Australia:

  • Gelar Master: AUD 20.000 – 37.000 (IDR 209 – 387 juta)
  • Gelar Doktor: AUD 14.000 – 37.000 (IDR 147 – 387 juta)

Biaya diatas tidak berlaku untuk jurusan medis dan dokter hewan yang secara garis besar lebih mahal dibandingkan dengan program jurusan lainnya di Australia.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Berikut rangkuman dari biaya kuliah rata-rata dari beberapa lembaga pendiidkan tinggi di Australia.

  • Pendidikan formal: AUD 7.800 – 30.000 (IDR 82 – 314 juta) per tahun.
  • Studi bahasa Inggris: AUD 300 (IDR 4 juta) per minggu bervariasi sesuai lamanya kursus yang diambil.
  • Pendidikan dan pelatihan kejuruan (sertifikat I-IV, Diploma, Dimploma Lanjutan): AUD 4.000 – 22.000 (IDR 42 – 230 juta) per tahun.
  • Gelar Sarjana: AUD 15.000 – AUD 22.000 (IDR 157 – 230 juta) per tahun.
  • Gelar Magister Pascasarjana: AUD 20.000 – AUD 37.000 (IDR 209 – 387 juta) per tahun.
  • Gelar Doktor: AUD 14.000 – AUD 37.000 (IDR 147 – 387 juta) per tahun.

Australian National University (ANU) adalah salah satu universitas yang mempublis biaya perkuliahan di website resminya. Universitas ini menempati peringkat 24 sebagai universitas terbaik se-Australia. Jika kamu tertarik untuk menempuh pendidikan di ANU, berikut rincian biaya dari tiap program jurusan yang disediakan di untuk siswa internasional.

  • Sarjana Seni mencapai AUD 36.400 (IDR 380 juta) per tahun
  • Sarjana Ilmu Kesehatan mencapai AUD 31.380 (IDR 328 juta) per tahun
  • PhD mulai dari AUD 41.280 (IDR 431 juta) per tahun
  • Doktor mulai dari AUD 80.136 (837 juta) per tahun

Selain ANU, ada juga banyak universitas atau tempat kuliah di Australia yang memiliki biaya terjangkau tetapi tetap mengutamakan kualitas sempurna. Berikut kami rangkum beberapa universitas terbaik di Australia beserta rata-rata biaya SPP per tahun buat kamu yang berencana untuk kuliah di Australia

kuliah di australia gimana caranya lur
Photo by Fidel Fernando on Unsplash

University of Divinity

Universitas ini adalah salah satu universitas di Australia yang memiliki spesialisasi dalam ilmu keilahian dan digadang sebagai universitas dengan biaya yang paling terjangkau, khususnya pada program jurusan teologi, dan filosofi.

  • Biaya pendaftaran: AUD 300 (IDR 4 juta)
  • Biaya SPP: AUD 14.688 (IDR 154 juta)

University of Southern Queensland

Universitas ini terkenal dengan program hukum, kesehatan, teknik, ilmu alam, bisnis, pendidikan, dan seni. USQ merupakan kampus yang mungkin tidak terlalu besar secara fisik tetapi menawarkan pendidikan dengan standar internasional.

  • Biaya pendaftaran: –
  • Biaya SPP: AUD 24.000 (IDR 251 juta)

University of Queensland

UQ adalah universitas negeri yang menduduki peringkat 48 dengan reputasi terbaik sedunia dan merupakan kampus dengan basis penelitian (research) sebagai mayor utama.

  • Biaya pendaftaran: AUD 100 (IDR 1.1 juta)
  • Biaya SPP: AUD 25.800 (IDR 270 juta)

Univesity of Sunshine Coast

Universitas ini terletak di Queensland dan menawarkan program jurusan bisnis (Sarjana dan Magister), IT, tourism, pendidikan komunikasi dan lainnya yang bisa kamu pilih sebelum mendaftar kuliah di Australia.

  • Biaya pendaftaran: –
  • Biaya SPP: AUD 26.600 (IDR 278 juta)

University of Canberra

Buat yang ingin kuliah di Australia tepatnya di Canberra, kamu bisa memilih UC. UC adalah universitas negeri yang berada di Bruce, Canberra dan menawarkan sejumlah program jurusan seperti pendidikan (Sarjana dan Magister), ilmu alam, teknologi, kesehatan, seni dan desain, dan lainnya.

  • Biaya pendaftaran: –
  • Biaya SPP: AUD 26.800 (IDR 280 juta)

Charles Darwin University

CDU adalah universitas negeri yang menawarkan berbagai program untuk jenjang pendidikan tinggi dan kejuruan, beserta pelatihan kursus dengan pilihan waktu yang fleksibel. Universitas ini menyediakan pembelajaran secara offline maupun online.

  • Biaya pendaftaran: –
  • Biaya SPP: AUD 26.760 (IDR 280 juta)

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Southern Cross University

SCU adalah universitas negeri yang sangat terkenal dengan program MBA-nya yang diberi bintang 4 dari 5 oleh lembaga GMAA.

  • Biaya pendaftaran: AUD 30 (400 ribu)
  • Biaya SPP 27.600 (IDR 288 juta)

Victoria University

Buat yang ingin kuliah di Australia tepatnya di daerah Victoria kamu bisa memilih VC. VC adalah universitas negeri yang berada di Melbourne. Selain program umum untuk sarjana dan pascasarjana, VC juga menyediakan program TAFE (pendidikan teknologi lanjutan).

  • Biaya pendaftaran: AUD 127 (1.4 juta)
  • Biaya SPP AUD 28.600 (IDR 299 juta)

University of New England

UNE adalah universitas negeri yang terletak di New South Wales. Setiap tahun UNE mengadakan beasiswa dan hadiah bagi mahasiswa baru maupun lanjutan.

  • Biaya pendaftaran: AUD 100 (IDR 1.1 juta)
  • Biaya SPP: AUD 29.400 (IDR 307 juta)

James Cook University

Universitas ini menyediakan jurusan pada mayor research untuk mahasiswa internasional pada bidang ilmu kelautan, keanekaragaman hayati, pengelolaan lanjutan dari ekosistem tropis, perawatan kesehatan tropis, tourism, dan teknik.

  • Biaya pendaftaran: AUD 100 (IDR 1.1 juta)
  • Biaya SPP: AUD 28.000 (IDR 293 juta)

Biaya Hidup di Australia

Beberapa kampus di Autralia menyediakan rincian biaya pendidikan dan biaya hidup sekaligus, namun ada beberapa yang membiarkan siswa internasional untuk merincikan pengeluarannya secara mandiri. Rata-rata biaya hidup yang diperlukan adalah sekitar AUD 20.290 (IDR 212 juta) per tahun.

Namun pemerintah merekomendasikan kepada para imigran untuk menyediakan sekitar AUD 85 – 440 (IDR 887 ribu – 4.6 juta) per tahun. Budget ini sudah termasuk jenis akomodasi yang dipilih (tinggal di dekat kampus atau atau di apartemen), biaya makan, penggunaan trasnportasi umum, hiburan, dan kebutuhan lainnya.

Berikut adalah budget mingguan yang perlu kamu sediakan jika berkuliah di Australia.

  1. Belanja makanan: AUD 80 – 280 (IDR 834 ribu – 3 juta)
  2. Gas dan listrik: AUD 35 – 140 (IDR 365 ribu – 1.5 juta)
  3. Pulsa dan kuota internet: AUD 20 – 55 (IDR 209 ribu – 574 ribu)
  4. Transportasi publik: AUD 15 – 55 (IDR 157 ribu – 574 ribu)
  5. Hiburan (pakaian dan shopping): AUD 80 – 150 (834 ribu – 1.6 juta)

Itulah beberapa universitas atau tempat kuliah di Australia yang mungkin menjadi salah satu impianmu. Jadi, siapkah kamu untuk berkuliah dan tinggal di Australia?

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram