biaya kuliah dan biaya hidup di spanyol

Selain terkenal dengan sepak bola dan matadornya, Spanyol juga cukup dikenal dengan pendidikannya yang memiliki biaya cukup terjangkau. Oleh sebab itu, banyak calon mahasiswa di dunia yang ingin melanjutkan pendidikan di Negeri Matador tersebut.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Untuk Kamu yang mencari tahu berapa biaya kuliah dan biaya hidup di Spanyol, simak ulasannya di bawah ini.

Daftar biaya kuliah di Spanyol

1. University of Barcelona

University of Barcelona
University of Barcelona

University of Barcelona merupakan universitas negeri sekaligus menjadi pusat penelitian universitas terkemuka di Spanyol. Bahkan University of Barcelona menjadi tolak ukur Eropa saat akan ada kegiatan penelitian baik dalam jumlah program analisis yang dilakukan dan juga keunggulan yang sudah dicapai.

Universitas yang sudah berdiri sejak abad ke-15 di Catalonia, Spanyol ini mempunyai lebih dari 60 ribu siswa, 73 program sarjana EHEA, 151 program gelar master universitas, 48 program doktor, 273 program master, 215 Pascasarjana, dan 5.715 profesor, dosen hingga peneliti. Biaya untuk kuliah di sini adalah sekitar 3.000 EURO pertahun.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

2. University of Granada

University of Granada
University of Granada

University of Granada juga merupakan salah satu universitas negeri lainnya yang berada di kota Granada, Spanyol. Berdiri sejak tahun 1531 oleh Kaisar Charles V, universitas ini berpusat pada pengajaran Logika, Filsafat, Teologi, dan juga hukum Canon.

Universitas ini menawarkan 90 program sarjana termasuk 14 gelar ganda, 12 gelar ganda internasional, 100 gelar master, dan 28 program doktor. Biaya kuliah di universitas ini ada di kisaran 760 EURO per tahun.

3. Complutense University of Madrid

Complutense University of Madrid
Complutense University of Madrid

Universitas ini berdiri sejak abad ke-13 dan pada abad ke-16 hingga ke 17 menjadi terkenal sebagai pusat keunggulan akademik terbesar. Selain itu, Complutense University of Madrid ini menciptakan perguruan tinggi khusus bagi mahasiswa asing, sekaligus universitas pertama yang memberikan gelar doktor untuk mahasiswa perempuan.

Complutense University of Madrid juga merupakan lembaga terkenal yang didirikan di Spanyol dan salah satu lembaga tertua di dunia. Biaya kampus ini ada di kisaran 2.700 EURO per tahun.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

4. European School of Economics Madrid

European School of Economics Madrid
European School of Economics Madrid

European School of Economics Madrid ini merupakan lembaga swasta pendidikan tinggi yang menawarkan program sarjana dan master UK pada bidang bisnis. Berdiri sejak tahun 1994, kampus ini berkembang dan berada di berbagai negara seperti London, New York, Roma, Milan, Florence, dan Madrid.

Universitas ini memberikan penawaran Gelar Bachelor of Science dalam Manajemen Bisnis, Program Gelar Master of Science untuk bidang keuangan, pemasaran dan manajemen, hingga Master of business Administration. Biaya kuliah untuk program Sarjana ada di kisaran 15.000 hingga 20.000 EURO, untuk Magister ada di kisaran 17.000 hingga 30.000 EURO per tahun.

5. University of Valencia

University of Valencia
University of Valencia

University of Valencia juga dikenal sebagai Universitat de Valencia merupakan universitas di Spanyol yang berada di kota Valencia. Universitas ini sudah berdiri sejak tahun 1499 setelah Paus Innosensius IV atas perintah James I sang Penakluk mengesahkan pembentukan Estudis Generalis.

University of Valencia menawarkan program studi seperti Ilmu Data, Teknik Elektronik Telekomunikasi, Teknik Elektronik Industri, Teknik Komputer, Teknik Multimedia, Teknik Kimia, Teknik Telematika, Ilmu Politik, dan masih banyak lagi. Biaya di kampus ini ada di kisaran 2.600 EURO per tahun.

6. University of Seville

University of Seville
University of Seville

University of Seville ini berdiri sejak tahun 1505 oleh Catholic Royalty di Seville, Spanyol. Berawal dari sekolah kecil, kini menjadi salah satu universitas riset terbaik dalam hal seni rupa di Spanyol dan juga dikenal karena program yang sangat baik untuk Penelitian teknologi serta sains.

University of Seville menawarkan Sarjana, Master, Doktor, dan program penelitian pada siswa di bidang Hukum, Teknik, Filsafat, Seni Rupa, Sains, Teknologi, Komputer, Jurnalisme, dan masih banyak lagi. Biaya kuliah di kampus ini sekitar 1.000 EURO per tahun.

7. University Of Malaga

University Of Malaga
University Of Malaga

University of Malaga atau bisa juga disingkat sebagai UMA merupakan lembaga pendidikan tinggi Eropa yang mempromosikan penelitian dan pengajaran terbaik di sana. Universitas ini mengikuti model pendidikan untuk promosi pengajaran yang kompetitif, berkualitas tinggi, dan berorientasi pada pekerjaan yang terakreditasi di Eropa.

UMA menawarkan 65 gelar Sarjana, 64 gelar magister, 21 program doktor yang semuanya dikombinasikan dengan kursus kualifikasi internal, kursus bahasa, kursus musim panas, dan program universitas senior. Biaya kuliah di universitas ini ada di kisaran 1.500 EURO per tahun.

8. University of Salamanca

University of Salamanca
University of Salamanca

University of Salamanca merupakan salah satu universitas tertua yang ada di dunia, yakni sudah ada sejak tahun 1134. Selama bertahun-tahun, universitas ini berkembang pada bidang keamanan finansial dan juga aturan organisasi.

Universitas ini menawarkan Sarjana, Magister, Doktor, dan program kursus spesialisasi pada bidang Seni dan Humaniora, Ilmu Pengetahuan, Ilmu Kesehatan, Ilmu Sosial dan Hukum, Teknik dan Arsitektur. Biaya di universitas ini ada di kisaran 2.560 EURO per tahun.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Biaya Hidup di Spanyol

Setelah kita melihat perkiraan biaya kuliah di poin sebelumnya, kini kita simak rincian biaya hidup di Spanyol sebagai berikut.

1. Biaya Tempat Tinggal di Spanyol

Untuk tinggal di Spanyol Kamu bisa menyewa apartemen sesuai dengan anggaran dan juga kebutuhan. Rinciannya bisa Kamu lihat di bawah ini:
• Apartemen 1 kamar tidur di pusat kota : 450 -1.000 EURO ( diluar pusat kota : 350-750 EURO) perbulan
• Apartemen 3 kamar tidur di pusat kota : 685 – 1.600 EURO ( diluar pusat kota : 500 – 1.500 EURO) perbulan.

2. Biaya Utilitas

Setelah Kamu menemukan apartemen yang cocok untuk ditinggali, kini siapkan anggaran untuk biaya utilitas seperti listrik, air, sampah, dan masih banyak lagi, rinciannya adalah sebagai berikut.

• Biaya listrik, penghangat ruangan, air, sampah : 75-200 EURO perbulan
• Pulsa telepon untuk satu ponsel : 0,06-021 EURO
• Internet dengan kecepatan 60 MBPS atau lebih, unlimited data : 25-60 EURO perbulan.

3. Biaya makanan dan Minuman

Kebutuhan pokok lainnya yang harus Kamu perhatikan saat tinggal di Spanyol adalah makanan dan minuman, rinciannya bisa dilihat di bawah ini.

• Makan di restoran murah : 8,00-16 EURO per porsi
• Makan di restoran menengah : 28-65 EURO per porsi
• Makan di Mcdonalds : 7-8 EURO per porsi
• Air mineral (0,33 liter botol) : 1-2 EURO perbotol

Jika Kamu ingin makan dengan harga yang lebih terjangkau sebaiknya membeli bahan makanan dan memasak sendiri.

4. Biaya transportasi

Saat Kamu bepergian di Spanyol bisa menggunakan kendaraan umum hingga sewa mobil, rincian harganya sebagai berikut:

• Harga tiket sekali jalan menggunakan transportasi lokal: 1,10-2,30 EURO
• Taksi tarif normal :2,40-5 EURO (tarif 1 km : 0,82 -2 EURO)
• Sewa mobil seharian : 18.000-25.000 EURO
• Bensin/liter : 1-1,4 EURO

5. Biaya hiburan

Di Spanyol, Kamu bisa rekreasi secara gratis ke taman bermain atau juga ke perpustakaan. Sedangkan untuk pergi menonton film di bioskop, tarif tiketnya sekitar 6,6 – 10 EURO per kursi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Dari ulasan di atas kita bisa melihat bahwa biaya kuliah dan hidup di Spanyol ada yang terjangkau, namun tidak sedikit juga yang cukup mahal. Sekarang tinggal bagaimana Kamu bisa mengatur pengeluarannya agar dapat bertahan hidup saat belajar di Spanyol.

Instagram