Langkah Cara Pembuatan Visa USA untuk Tujuan Wisata di Amerika

Pembuatan visa USA memang sangat dibutuhkan ketika kamu ingin berkunjung ke negara Amerika. Namun visa Amerika ini tidak mudah untuk didapatkan terlebih jika hanya untuk wisata saja.

Hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor finansial saja namun juga menjadi kekuatan pada sebuah paspor sehingga bisa dipercaya oleh suatu negara atau tidak. Pasalnya belakangan ini banyak sekali WNI yang memilih Amerika untuk tujuan studi ataupun hanya sekedar untuk liburan saja.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Kirim Uang Ke 60+ Negara

Langkah Cara Membuat Visa USA yang Mudah

Langkah Cara Pembuatan Visa USA untuk Tujuan Wisata di Amerika

Bagi kamu yang masih bingung mengenai cara pembuatan visa untuk bepergian ke Amerika maka bisa mengikuti langkah berikut ini:

1. Menentukan Jenis Visa yang Akan Dibuat

Pada saat membuat visa Amerika maka kamu harus memilih jenis dari visa yang akan kamu buat untuk kunjungan ke Amerika. Dalam hal ini terdapat 2 jenis visa Amerika di antaranya visa imigran dan juga visa non imigran.

Jika kamu ingin bepergian untuk kunjungan liburan maka pilih jenis visa non imigran. Berdasarkan dari UU Amerika bahwa dari pihak pemohon visa harus segera memastikan tidak menetap dan kembali ke negara asalnya jika kunjungan yang dilakukan sudah selesai.

2. Membayar Biaya Aplikasi Visa

Setelah kamu memutuskan pada pemilihan jenis visa USA maka harus membayarkan sejumlah biaya untuk membuat visa melalui EFT atau Electronic Funds Transfer dalam bentuk maka uang rupiah. Pastikan bahwa rekening bank yang kamu gunakan itu mempunyai layanan EFT ataupun kamu bisa membayar aplikasi visa melalui CIMB Niaga.

Biaya untuk permohonan dalam mengajukan visa sebesar $160 ataupun sekitar Rp 2,3 juta dan nominal tersebut tidak akan kembali jika permohonan yang diajukan ternyata ditolak. Kamu dapat mengajukan permohonan atas visa untuk 5 orang sekaligus jika ingin bepergian bersama.

3. Mengisi Formulir

Langkah berikutnya dalam permohonan pengajuan visa yakni dengan mengisikan formulir pendaftaran untuk visa Amerika atau DS-160 yang dilakukan secara online. Formulir tersebut harus kamu buat secara lengkap dan benar sebab jika sudah tersimpan maka formulir tidak dapat diperbaiki lagi.

Formulir pengajuan visa USA bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui situs resmi id.usembassy.gov. Selain itu untuk nomor formulir DS-160 yang nantinya digunakan untuk melangsungkan tahapan wawancara.

4. Membuat Profil

Dalam pembuatan visa yang dilakukan secara daring maka kamu harus membuat profil melalui situs web di cgifederal.secure.force.com. Ikutilah petunjuk dan lengkapi data yang dibutuhkan pada kolom yang tersedia seperti halnya nomor paspor, bukti pembayaran visa dan juga 10 angka nomor konfirmasi formulir DS-160.

Semua tahapan tersebut harus kamu lewati agar proses pembuatan visa disetujui. Lalu kamu dapat meneruskan pada langkah pembuatan visa USA ke tahapan wawancara.

5. Melakukan Wawancara

Pilihlah waktu yang nantinya digunakan untuk melakukan wawancara, dengan demikian kamu bisa datang langsung ke kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat yang ada di Jakarta ataupun kantor konsulat.

Pada tahapan ini kamu harus melengkapi pesyaratan dokumen seperti halnya:
• Paspor yang memiliki masa berlaku selama 6 bulan setelah kamu selesai kunjungan dari Amerika
• Pas foto dengan ukuran 5 x 5 cm sebanyak 1 lembar dengan background putih dan diambil maksimalnya dalam waktu 6 bulan terakhir
• Bukti melakukan pembayaran pada pembuatan visa USA
• Nomor konfirmasi formulir DS-160 yang telah dicetak dalam kertas ukuran A4
• Bukti dari penghasilan dalam bentuk rekening koran selama 3 bulan terakhir
• Surat keterangan pegawai jika ada
• Perencanaan perjalanan ke Amerika

6. Menerima Visa

Terdapat ketentuan secara khusus pada proses wawancara yang dilakukan di kedutaan besar. Pemohon pengajuan visa paling cepat selama 30 menit sebelum ataupun paling lambatnya selesai jadwal wawancara berlangsung.

Untuk membuat visa Amerika maka akan ditentukan warna sebagai berikut:

1. Putih: pengajuan visa Amerika telah diterima lalu akan dijelaskan cara untuk melakukan pengambilan visa tersebut
2. Hijau: pihak pemohon akan diminta untuk memberikan informasi mengenai kebutuhan dokumen tambahan, sebelum keputusannya final dan dapat melakukan pengambilan visa
3. Kuning: dalam permohonan masih membutuhkan proses tambahan untuk beberapa hari sampai beberapa bulan dan dengan waktu maksimalnya 60 hari
4. Merah: permohonan atas visa Amerika ditolak oleh kedutaan
5. Biru: permohonan berkas masih belum lengkap dan pihak pemohon harus melengkapinya terlebih dahulu.

Baca Juga Artikel Tentang Gaji TKI dan Gaji TKW Lainnya dari Transfez

Gaji TKI dan TKW di Dubai
Gaji TKI dan TKW di Kanada
Gaji TKI dan TKW di Jerman
Gaji TKI dan TKW di Polandia
Gaji TKI dan TKW di Mesir

Tips Mendapatkan Visa Amerika

Guna antisipasi hal yang terjadi di kemudian hari maka ketahui cara di bawah ini untuk mendapatkan visa Amerika:

1. Daftarkan Diri Jauh-Jauh Hari

Jika kamu ingin mendaftarkan visa untuk kunjungan ke Amerika maka alangkah baiknya telah mempersiapkan pendaftarannya ini jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan.

Hal ini dikarenakan jadwal untukk oppointment guna melakukan wawancara biasanya sudah penuh setengah atau 1 bulan berjalan, terlebih proses dalam pembuatan visa sudah tidak bisa dipastikan cepat atau lambat.

2. Mengatur Jam Kosong untuk Wawancara

Pada umumnya kamu telah dimudahkan dalam melakukan pendaftaran visa Amerika. Sebab bisa menentukan sendiri waktu yang menurutnya senggang supaya tidak terganggu dengan kegiatan lain.

3. Menyiapkan Kelengkapan Dokumen

Terdapat beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk wawancara seperti halnya lembar jadwal wawancara, bukti pembayaran visa, pas foto, lembar konfirmasi DS-160 serta dokumen penunjang yang lain. Hal ini bisa berupa KTP, ijasah, akta kelahiran, bukti pajak, surat nikah, surat rumah hingga NPWP.

4. Buku Rekening Tabungan

Jika ingin liburan ke Amerika maka pastikan memiliki tabungan minimal Rp 70 juta. Meskipun memang tidak wajib namun biasanya akan dilakukan pengecekan.
Dengan demikian pastikan keuangan kamu cukup untuk digunakan di Amerika selama berhari-hari. Terlebih bagi dengan tujuan wisata maka akan jauh lebih menguras tabungan.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai visa USA yang banyak diminati oleh warga negara Indonesia. Visa Amerika ini banyak digunakan dengan tujuan wisata.