Cara Menghasilkan dan Mendapatkan Uang dari Youtube

Di era serba digital saat ini, orang harus mampu belajar dengan cepat seiring dengan perkembangan teknologi yang dapat mempermudah kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi, dapat membantu dalam mencari informasi dan juga peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Cara Menghasilkan dan Mendapatkan Uang dari Youtube
Unsplash/NordWood Themes

Hanya mengandalkan internet yang terhubung ke beberapa sosial media, kamu dapat menghasilkan uang, seperti para Youtuber ternama. Jika kamu tertarik untuk mendatangkan rupiah melalui internet, salah satunya dengan mengambil uang dari Youtube.

Youtube

Youtube adalah alat yang digunakan untuk mengunggah konten berupa video yang dapat diakses oleh seluruh orang di dunia. Lalu, kamu dapat memperoleh informasi maupun hiburan apapun.

Youtube dapat dikoneksikan ke GoogleAdsense, untuk memberikan peluang bagi kamu dalam menghasilkan uang yang didapat dari pengunjung ataupun subscriber. Memperoleh uang dari Youtube ada hal yang harus diperhatikan dan mempengaruhi monetisasi video yang diunggah dan harus mempunyai akun Google.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Syarat mencairkan uang dari Youtube

Bagi kamu yang ingin mengambil uang dari Youtube ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi diantaranya, yakni:

• Video Youtube yang telah diunggah melalui kanal Youtube kamu harus sudah di monetisasi terlebih dahulu, menggunakan GoogleAdsense milik kamu. Jika belum punya, maka harus daftar akun Adsense terlebih dahulu.
• Hubungkan channel Youtube kamu menggunakan akun Adsense.
• Akun Google Adsense yang sudah kamu daftarkan harus terverifikasi terlebih dahulu.
• kamu baru bisa mendapatkan uang minimal sudah mengumpulkan 100 dolar atau sekitar 1,4 juta rupiah.

Untuk menerima penghasilan dari Youtube, dana akan dicairkan melalui akun GoogleAdsense. Biasanya penghasilan yang didapat akan ditransfer langsung ke akun Adsense setiap bulannya, dan bisa dilakukan setiap tanggal 21 sampai 25 setelah pengiriman pembayaran dikonfirmasi oleh pihak Google.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Syarat pengambilan uang di YouTube

Bebeberapa syarat yang harus kamu penuhi adalah video YouTube kamu harus lebih dulu sudah dimonetisasi menggunakan akun Google Adsense kamu. Untuk dapat dimonetisasi, kamu juga harus memenuhi persyaratan 4.000 jam tayang dan memiliki 1.000 subscribers terlebih dahulu.

Lalu syarat kedua adalah channel YouTube kamu sudah dikaitkan dengan akun Google AdSense. Lalu pastikan juga bahwa akun Google AdSense kamu sudah diverifikasi.

Cara Menghasilkan dan Mendapatkan Uang dari Youtube
Pixabay/SAM-RIZ44

Cara mengambil uang melalui GoogleAdsense

Apabila kamu telah mendapatkan konfirmasi pembayaran ke GoogleAdsense yang telah dipasang ke channel Youtube milik kamu, selanjutnya bisa dicairkan dengan beberapa cara berikut:

1. Penghasilan dari Youtube bisa diambil melalui Western Union
2. Penghasilan bisa menggunakan cek, biasanya cara ini lebih dikhususkan bagian tinggal atau berdomisili di Amerika.
3. Mencairkan lewat transfer antar bank atau transfer kawat

Penghasilan yang diterima bisa dicairkan, apabila sudah memenuhi batas minimum yang ditentukan oleh Google. Terdapat dua jenis Adsense yang ada di Indonesia dan bisa kamu gunakan yaitu AdsenseUS dan Adsense IDR.

Mencairkan dana menggunakan Western Union

Cara mencairkan dana dari Youtube menggunakan Western Union tanpa harus memiliki rekening bank dan menyertakan syarat sebagai berikut:

1. Kartu identitas bisa KTP atau SIM yang harus sesuai dengan nama yang digunakan pada akun Adsense.
2. Mengisi formulir Western Union yang bisa didapatkan di agen resmi.
3. Cetak bukti pembayaran yang diterima dari Google pada akun Adsense, terdapat kode mtcn atau pin yang digunakan untuk pencairan dan harus dirahasiakan.
4. Kemudian, pengambilan data dapat dilakukan melalui indomaret kantor pos pegadaian ataupun agen Western Union.

Jadwal Menerima Uang dari Youtube

Nah, untuk penghasilan uang yang sudah kamu dapatkan dari video YouTube, nantinya bisa kamu cairkan melalui akun Google AdSense kamu. Biasanya Google AdSense akan transfer pembayaran pada tanggal 21 sampai 26 tiap bulannya, setelah kamu mendapatkan informasi dari pihak Google bahwa pembayaran telah dikirim.

Durasi Video yang tepat

Sebagai salah satu langkah cara mendapatkan uang dari YouTube dengan cepat, durasi video merupakan salah satu faktor krusial. Umumnya video yang ideal untuk ditonton adalah sekitar 10 sampai 15 menit.

Perhatikan juga elemen video yang lain seperti kejernihan gambar, background music, dan transisi video yang apik. Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut penonton akan lebih betah berlama-lama di channel kamu.

Cara mendapatkan uang dari Youtube

Menghasilkan uang dari Youtube dapat dibilang susah susah gampang, namun simak beberapa cara membuat channel Youtube yang dapat menghasilkan uang berikut ini.

1. Membuat Youtube channel

Cara pertama untuk mendapatkan uang dari Youtube, yaitu membuat aku terlebih dahulu jika belum memilikinya. Lalu, buatlah channel kamu hanya memikirkan nama apa yang menarik bagi saluran Youtube.

2. Monetisasi Youtube channel

Cara monetize untuk sebenarnya tidak terlalu rumit caranya itu:
• Pilih menu Account Information dan terletak di sebelah kanan atas
• Klik Creator Studio
• Pilih channel dan klik Status And Features
• Pilih Enable Monetization
• Kemudian, setujui agreement yang ada
• Channel Youtube kamu sudah bisa menghasilkan uang

3. Sambungkan Youtube channel ke Adsense

Setelah mengaktifkan monetisasi pada channel, maka kamu perlu melakukan Associated And Approved AdsenseAccount Youtube yang kamu miliki. Nanti akan tersedia Youtube analytics yang dapat digunakan untuk melakukan trik penghasilan kamu.

4. Promosikan toko online melalui video

Cara mendapatkan uang dari Youtube berikutnya terkait dengan conversion rate. Apabila kamu bertanggung jawab untuk suatu perusahaan atau bisnis tertentu, maka kamu dapat menjadikan saluran Youtube sebagai suatu kesempatan untuk meningkatkan conversion rate kamu.

5. Mengarahkan traffic ke link afiliasi

Dibandingkan hanya mengandalkan blog yang ada, untuk mengarahkan orang ke affiliate link maka cobalah membuat saluran untuk kamu yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Nah, itulah dia cara bagaimana menerima uang dari Youtube dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. kamu juga dapat melakukan live streaming di Youtube dan menarik sponsorship agar kamu semakin terkenal dan sukses di internet, sehingga kamu akan menghasilkan uang lebih banyak.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan elemen dan faktor pendukung agar karir kamu sebagai Youtuber bisa berjalan dengan lancar.

Instagram