Biaya Kuliah di University of Sydney, Karakteristik Hingga Syarat Masuk

Salah satu hal yang wajib diketahui saat hendak melanjutkan pendidikan sebagai seorang mahasiswa adalah biaya. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan sekaligus mengatur keuangan dengan lebih baik jauh-jauh hari. Lalu, berapakah biaya kuliah di University of Sydney.

University of Sydney

Kuliah merupakan jenjang pendidikan setelah menempuh sekolah menengah atas. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali kampus bergengsi. Namun hal itu tidak menyurutkan niat pelajar untuk merambah ke dunia baru yaitu luar negeri. Salah satu kampus yang mungkin jadi impian banyak orang adalah University of Sydney.

Pasalnya universitas yang satu ini sangat bergengsi di Australia bahkan masuk dalam 50 top global. Sebagai informasi, kampus ini pertama kali didirikan pada tahun 1850. Itulah kenapa ia menjadi kampus tertua di negara tersebut. Jika melihat gaya bangunannya, siapapun akan terpana dengan konsep klasik Eropa.

Suasana kampus sangat tenang dan nyaman. Bahkan banyak turis yang datang hanya untuk berfoto di beberapa tempat. Sydney sendiri masuk dalam 10 kota paling nyaman untuk ditinggali. University of Sydney adalah tempat bagi 50 ribu lebih mahasiswa mengenyam pendidikan.

Karakteristik University of Sydney

Sebelum melanjutkan pendidikan ke University of Sydney, ketahui beberapa informasi mengenai universitas tersebut. Sebagai kampus ternama di Australia, universitas ini memiliki mahasiswa yang berasa dari 147 negara berbeda. Itulah kenapa, University of Sydney disebut sebagai kampus multikultural.

Selain bangunannya yang klasik dan berkarakter, lingkungan kampus begitu hijau. Ia dikelilingi oleh taman dan pantai di pusat kota. University of Sydney sendiri memiliki 9 kampus yang letaknya berada di Sydney semua.

Di waktu ini University of Sydney berhasil menduduki peringkat pertama kelayakan jurusan di Australia. Oleh sebab itu, untuk menjadi salah satu bagiannya memang tidak mudah. Akan ada seleksi untuk para calon mahasiswa.

Biaya Kuliah di University of Sydney

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan kuliah di luar negeri. Terutama jika tujuan Anda adalah kampus ternama dunia seperti University of Sydney.

Tempat kuliah ini membuka 3 jalur pendidikan mulai dari S1, S2 dan PhD. Sama seperti program kuliah lainnya, untuk bisa mendapatkan gelar sarjana atau strata 1. Mahasiswa harus menempuh pendidikan 3 – 4 tahun. Estimasi pertahunnya hanya untuk kampus adalah AU$ 62.880.

Sedangkan bagi yang akan mengenyam pendidikan Pascasarjana atau S2 membutuhkan budget AU$ 36.720. Selanjutnya untuk program PhD sekitar $ 38.400 pertahun. Bagi Anda yang ingin menempuh program Postgraduate Research Law bisa mendapatkan keuntungan.

Mahasiswa tersebut berkesempatan melakukan pertukaran pelajar ke universitas nomor 1 dunia yaitu Harvard University. Proses pendidikan maksimal ditempuh dalam satu tahun. Tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Syarat Pendaftaran di University of Sydney

Sebagai salah satu kampus ternama dunia, mahasiswa di University of Sydney harus melalui beberapa tahapan seleksi. Lagi pula sebagai pelajar internasional sudah sepatutnya untuk tahu apa saja persyaratan yang wajib dipenuhi. Berikut beberapa syarat masuk ke University of Sydney.

1. Memilih Program Akademik

Sebelumnya Anda telah mengetahui fakultas dan jurusan yang ada di University of Melbourne. Maka pilih salah satu dari banyaknya program belajar tersebut. Pastikan untuk memilih sesuai minat dan kemampuan. Ingatlah bahwa standar pendidikan di Indonesia dan Sydney sangatlah berbeda.

Di sana kualitas pendidikannya tinggi, sehingga calon mahasiswa harus benar-benar memiliki niat kuat agar lulus. Apalagi University of Sydney memang terkenal berkat kelayakan lulusan.

2. Menyiapkan Berkas Pendaftaran

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menyiapkan berkas pendaftaran itu sendiri. Selain terbukti sebagai lulusan sekolah menengah atas, ada beberapa kualifikasi lainnya supaya dapat diterima sebagai mahasiswa. Berikut dokumen persiapan yang harus Anda punya.

  • Transkip nilai: biasanya transkrip nilai disebut juga raport bagi yang ingin menempuh pendidikan Strata 1. Sedangkan untuk program Master, transkrip nilai didapatkan dari instansi sebelumnya.
  • Sertifikat Kelulusan: sebagai bukti bahwa calon mahasiswa telah lulus dan siap menempuh pendidikan tingkat lanjut. Maka wajib menyertakan sertifikat atau ijazah dari sekolah menengah ataupun sarjana
  • Tes IELTS: Sebelum mendaftar ke University of Sydney Anda harus melakukan serangkaian tes, salah satunya adalah IELTS. Dimana tes tersebut digunakan untuk menguji kelayakan atau tingkat berbahasa seseorang yang akan tinggal di lingkungan Inggris. Nilai minimal 5.0
  • Toefl: Anda mungkin sudah tidak asing dengan TOEFL. Yaitu uji kemampuan berbahasa Inggris. Sebab, di Australia menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-harinya. Calon mahasiswanya tentu harus memiliki kemampuan berbahasa yang bagus.
  • Tes PTE: Tes selanjutnya adalah PTE. Di mana tes yang satu ini secara keseluruhan dilakukan oleh komputer untuk menguji kualitas bahasa Inggris seseorang. Minimal Anda harus mendapatkan score 42
  • Riwayat pekerjaan: untuk dokumen yang satu ini khusus untuk mereka yang menempuh program akademik Postgraduate. Anda juga bisa menyertakan dokumen beasiswa jika ada.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

3. Proses Pendaftaran

Setelah melakukan kedua langkah di atas maka selanjutnya Anda bisa langsung mendaftar ke website resmi University of Sydney. Nantinya akan tertera langkah apa saja yang harus dilakukan.

Biasanya universitas tersebut memiliki dua periode penerimaan. Yakni pada semester 1 dan 2. Tiap semester membuka program yang berbeda, sebaiknya Anda cek terlebih dahulu. Kampus yang satu ini memiliki total 16 fakultas. Tiap fakultas memiliki beberapa jurusan.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store   350px appstore

Itulah informasi mengenai biaya kuliah di University of Sydney. Sekaligus karakteristik dan beberapa persyaratan untuk menjadi mahasiswa di sana. Untuk kuliah di luar negeri perlu mental dan biaya yang besar. Apalagi di kampus ternama dunia.