Tips Kuliah di Jurusan Akuntansi

Memilih jurusan untuk kuliah memang bukan suatu perkara yang mudah, terlebih banyaknya jurusan yang membuat calon mahasiswa menjadi pusing memikirkannya. Tidak perlu bingung kenali saja apa yang menjadi minat bakat kamu, jika kamu suka dengan dunia penghitungan angka bisa memilih akuntansi.

Tips kuliah akuntansi bisa kamu pelajari di bawah ini untuk mematangkan pilihan sebelum memutuskan. Akuntansi menjadi salah satu jurusan dengan banyak peminat mengingat peluang kerjanya cukup luas.

Apa itu Jurusan Akuntansi

Jurusan Ilmu Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang mengkaji tentang ilmu perhitungan angka. Di dalamnya akan membahas tentang proses mencatat, mengukur, mengklasifikasikan, mengolah serta mengkaji data.

Data yang dimaksudkan berupa keuangan di dalam perusahaan ataupun instansi dan dapat menjadi tolak ukur atas performanya. Tidak hanya itu saja, jurusan akuntansi juga bisa membahas keuangan perusahaan yang menjadi alat kontrol utama.

Spesialisasi Kuliah Jurusan Akuntansi

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi serta ekonomi mampu membawa banyak pengaruh untuk perkembangan ilmu akuntansi. Dengan begitu ilmu akuntansi juga mendatangkan banyak spesialisasi seperti halnya :

  • Akuntansi keuangan
  • Akuntansi pemeriksaan
  • Akuntansi pajak
  • Akuntansi biaya
  • Akuntansi anggaran
  • Akuntansi internasional
  • Akuntansi lembaga nirlaba
  • Akuntansi pemerintah atau sektor publik
  • Sistem akuntansi

Sertifikasi Bidang pada Spesialisasi Akuntansi

Ilmu akuntansi di dalam kuliah menghadirkan banyak spesialisasi yang dapat diambil pada satu bidang. Sangat dianjurkan untuk kamu mengambil spesialisasi tersebut dalam meningkatkan skill.

Hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi diri kamu ketika akan melamar pekerjaan setelah lulus. Terdapat sertifikasi yang cukup populer pada bidang akuntansi seperti halnya CIA atau Certified Internal Auditor, CFP atau Certified Financial Planner, CMA atau Certified Management Accountant,  CISA atau Certified Information Systems Auditor dan CPA atau Certified Public Accountant.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Tips Kuliah Akuntasi Sesuai Dengan Karakter Kamu

Untuk kamu yang tertarik mengambil jurusan akuntansi dalam pendidikan di perguruan tinggi maka perlu memperhatikan tips berikut. Namun bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa juga bisa menerapkan tips kali ini agar lulus tepat waktu.

Teliti dan detail

Memilih jurusan akuntani maka kamu akan dihadapkan dengan banyak jenis transaksi serta teknik dalam pencatatan serta pelaporan secara baik dan benar. Hal seperti ini akan melibatkan jumlah uang yang memang nilainya tidak sedikit maka penting bagi kamu mempunyai karakter teliti dan detail.

Sehingga bisa meminimalisir terjadinya kesalahan yang timbul akibat salah perhitungan. Jika di dunia kerja kamu salah dalam melakukan perhitungan maka akan berpengaruh bagi perusahaan itu sendiri.

Perfeksionis

Dalam mengambil jurusan akuntansi maka akan dituntut untuk bisa melakukan analisa seperti halnya dokumen, slip, nota dan lain sebagainya. Angka yang ada dalam jurnal ataupun neraca semuanya harus mempunyai nilai yang balance dan juga rapi agar mudah untuk dibaca dan dimengerti.

Hal ini juga membutuhkan sikap perfeksionis, sehingga nantinya pengerjaan laporan keuangan dapat selesai dengan rapi dan teratur. Sebab karakter perfeksionis selalu menuntut semua hal pekerjaan menjadi sengat sempurna bukan asal-asalan.

Mempunyai kemampuan hitungan matematis

Untuk kamu yang ingin memilih jurusan akuntansi harus mempunyai banyak pertimbangan salah satunya kemampuan dalam menghitung. Kemampuan hitungan matematis sangat dibutuhkan untuk menghitung berbagai macam aspek keuangan bisnis maupun instansi.

Sehingga bagi kamu yang akan memilih dan menjalani kuliah jurusan ini harus menyukai dunia hitungan karena menjadi salah satu poin yang sangat berharga. Tanpa kamu menyukai dunia menghitung maka justru membuat kamu tidak nyaman dan terhambat dalam mencapai perkembangannya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Mempunyai ketertarikan pada bidang ekonomi bisnis

Akuntansi bukan hanya perkara soal kemampuan menghitung angka saja. Namun jurusan akuntansi juga sangat erat hubungannya dengan ekonomi ataupun bisnis.

Bagi kamu yang memang sudah tertarik dengan dunia bisnis maka sangat tepat untuk memilih jurusan akuntansi. Dengan masuk di jurusan akuntansi maka kamu bisa belajar untuk mengatur keuangan pada perusahaan ketika sudah di dunia kerja, keadaan ekonomi dunia serta ekonomi bisnis yang lain.

Mampu bersikap kritis

Sebagai mahasiswa akuntansi juga penting mempunyai sikap kritis, tidak hanya pada jurusan yang lain saja. Sebab dalam membuat laporan keuangan ataupun perhitungan keuangan membutuhkan analisa dengan baik serta rasa keingintahuan yang tinggi dari dana perusahaan.

Untuk kamu yang mempunyai karakter ini juga sangat tepat masuk di jurusan akuntansi. Sikap kritis tidak hanya diperuntukkan bagi jurusan sosial politik saja.

Cara Menjadi Mahasiswa Akuntansi Berprestasi saat Kuliah

Setiap mahasiswa yang ada di perguruan tinggi memiliki kesempatan sama untuk bisa berprestasi. Tentu hal ini akan mengharumkan nama kamu, almamater dan jurusan.

Inilah cara untuk kamu bisa menjadi mahasiswa berprestasi menurut Brilliani Dwi Harnawan Putri:

Have List of Target

Penting bagi kamu mempunyai target untuk mencapai mimpi yang sudah kamu buat. Jika sudah ada target maka fokuskan untuk bisa mencapai tujuan tersebut dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Bergabung pada organisasi seawal mungkin

Kamu tidak hanya harus mempelajari teori yang ada di dalam kelas namun juga softskill di luar kelas dengan gabung di organisasi. Organisasi mempunyai jaringan sosial atau networking yang cukup luas dan nanti akan berguna ke depannya.

Mengetahui cara kamu belajar untuk kuliah

Setiap mahasiswa memiliki cara belajarnya sendiri yang mana semuanya sangat berbeda, maka penting bagi kamu untuk mengenali diri sendiri. Jika kamu sudah mengetahui bagaiman acara belajar maka mudah untuk memahami setiap prosesnya.

Having fun tapi tahu waktu

Sebagai mahasiswa berprestasi bukan berarti tidak boleh having fun seperti yang lainnya. Jika kamu sudah merasa jenuh bisa refreshing namun jangan terlalu sering yang akan menyita banyak waktu kamu.

Mengikuti kompetisi di luar kampus

Presentasi akademik dan non akademik memang kesatuan yang harus dimiliki sebagai mahasiswa. Namun hal itu juga perlu diimbangi dengan prestasi di luar kampus dengan mengikuti ajang kompetisi.

Itulah tadi pembahasan tentang kuliah jurusan akuntansi. Jurusan akuntansi yang secara umumnya berisi tentang pembahasan perhitungan angka laporan keuangan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram