Disbursement Ricefield

Tertarik mengetahui hal tentang cash disbursement adalah bagian dari akuntansi keuangan perusahaan? Mulailah dengan memahami bahwa komponen penting dalam mempelajari pelacakan arus kas adalah kebutuhan setiap bisnis untuk memiliki metode yang efektif dan tepat dalam memantau pengeluaran kas. Apalagi aspek penting dari akuntansi pada dasarnya adalah memantau arus kas. Karena hal ini memberikan gambaran yang lebih tepat tentang kesehatan perusahaan dibandingkan dengan piutang dan hutang saja.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Akan tetapi mengelola arus kas dan melacak arus keluar keuangan bisa jadi sangat sulit. Misalnya saja, masalah pengeluaran berupa gaji terbukti telah membuat 61% eksekutif perusahaan mengalami kesulitan. Hilangnya peluang, hilangnya pendapatan, ketegangan hubungan dengan staf dan pemasok, dan mungkin penutupan usaha adalah konsekuensi dari arus kas yang buruk.

Kabar baiknya semua itu masih dapat ditolong dengan pelacakan arus kas yang akurat. Dimana berkat hal tersebut Anda dapat memperluas perusahaan Anda, memanfaatkan kondisi pasar yang terus berubah, mengembangkan produk inovatif, dan menarik pelanggan baru. Untuk itu, mari kita simak proses cash disbursement dalam kaitannya dengan sistem arus kas perusahaan. Pelajari apa itu cash disbursement, manfaatnya, serta cara membuatnya dengan benar untuk keuntungan Anda.

Pengertian Cash Disbursement Adalah

Pengertian Cash Disbursement Adalah

Pertama-tama, sebaiknya memahami lebih dulu pengertian dari cash disbursement secara umum. Adapun cash disbursement adalah pada dasarnya pembayaran yang dilakukan dari satu pihak ke pihak lain sebagai bagian dari pengeluaran kas dalam akuntansi. Pembayaran tersebut bisa berupa pembayaran digital, cek elektronik, Automated Clearing House (ACH), dan metode pembayaran lainnya. Bahkan bisa juga dalam bentuk pembayaran pencairan yang dapat diterima, yang juga dikenal sebagai pembayaran tunai.

Penggajian, hutang dagang, dividen, perlengkapan kantor, pinjaman perusahaan, inventaris, dan jenis pembayaran lainnya yang tidak menggunakan rekening kredit atau kartu kredit dapat diselesaikan dengan sistem cash disbursement tersebut. Jenis pencairan lainnya dari cash disbursement adalah dana yang dikirim melalui perantara, seperti misalnya saat pengacara Anda membayar orang lain atas nama Anda.

Manfaat Cash Disbursement

Tentu saja cash disbursement adalah salah satu bentuk transaksi keuangan yang dilakukan karena memiliki berbagai manfaat. Oleh sebab itu tidak heran jika hal ini tercatat dalam transaksi keuangan bisnis serta menjadi bagian dari akunting perusahaan. Adapun berikut ini adalah lima manfaat dari cash disbursement dalam akuntansi.

1. Pengelolaan Keuangan yang Efisien Berkat Cash Disbursement

Cash disbursement adalah mekanisme yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola keuangan dengan lebih efisien. Dengan cara ini, perusahaan dapat memastikan bahwa pembayaran kepada pemasok dan karyawan dilakukan tepat waktu. Sehingga resiko keterlambatan dapat dihindari dan resiko kerugian pada pihak terkait juga bisa diminimalkan.

2. Salah Satu Mekanisme Pemantauan Arus Kas

Cash disbursement adalah salah satu cara untuk membantu perusahaan dalam memantau arus kas secara efektif. Dengan cara ini, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka memiliki cukup likuiditas untuk memenuhi kewajiban keuangan mereka. Sehingga nantinya arus kas dapat lebih terpantau secara seksama dalam proses akuntansi perusahaan.

3. Mencegah Kecurangan

Adapun melalui cash disbursement yang terdokumentasi dengan baik, tentu saja hal ini dapat membantu mencegah kecurangan pada keuangan perusahaan. Dengan cara ini, perusahaan dapat memastikan bahwa dana hanya digunakan untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Tidak ada resiko penyelewengan dana keuangan perusahaan untuk hal-hal yang tidak semestinya dilakukan.

4. Sistem Pelacakan Pengeluaran

Manfaat lain dari cash disbursement adalah memungkinkan perusahaan untuk melacak pengeluaran mereka dengan lebih baik. Dengan cara ini, perusahaan dapat memastikan bahwa pengeluaran mereka sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Sehingga resiko kelebihan anggaran yang bisa merugikan keuangan perusahaan bisa dihindari lebih baik dan lebih awal.

5. Memenuhi Kewajiban Pajak

Berikutnya cash disbursement yang terdokumentasi dengan baik dapat membantu perusahaan memenuhi kewajiban pajak mereka. Manfaat dari cash disbursement tersebut merupakan salah satu langkah agar perusahaan dapat memastikan bahwa mereka memiliki catatan yang akurat untuk melaporkan pengeluaran mereka kepada otoritas pajak. Sehingga resiko terhadap tindakan yang tidak sesuai dengan hukum pajak bisa dihindari.

Membuat Sistem Arus Kas Perusahaan Cash Disbursement

Setiap kali seorang karyawan menulis cek, membayar dengan uang tunai, atau memulai transfer uang elektronik (ACH), maka aktivitas ini termasuk di dalam cash disbursement. Adapun membuat cash disbursement adalah salah satu aktivitas penting untuk memastikan bahwa setiap transaksi keuangan tercatat dengan baik pada akuntansi perusahaan terkait. Oleh karena itu sebaiknya pemahaman tentang cara membuat cash disbursement yang baik dan tepat dipahami sejak awal. Bagi yang belum memiliki pandangan seperti apa cara membuatnya, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

Tanggal Transaksi

Pertama yaitu mencatat tanggal transaksi keuangan terkait. Seperti misalnya tanggal berapa pembayaran dilakukan atau tanggal berapa tagihan akan jatuh tempo. Sehingga tanggal penting terkait transaksi keuangan untuk cash disbursement tercatat dengan baik.

Penerima Dana

Kemudian catat juga pihak yang menerima dana secara rinci. Misalnya perusahaan atau perorangan yang akan mendapatkan dana yang dikirimkan. Supaya jelas peruntukan dari aktivitas cash disbursement nantinya.

Jumlah Dana

Catat juga informasi mengenai jumlah dana atau uang yang dibayarkan melalui cash disbursement. Jangan sampai berbeda dengan kondisi aktualnya.

Cara Pembayaran

Adapun cara pembayaran cash disbursement adalah poin penting lainnya yang juga harus dicatat pada sistem akuntansi perusahaan secara lengkap.

Alasan Pembayaran

Terakhir pastikan untuk memberikan informasi mengenai alasan dari cash disbursement yang telah dilakukan. Supaya jelas peruntukan dari transaksi keuangan tersebut pada sistem akuntansi perusahaan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Semua pengeluaran bisnis untuk kas memang harus dicatat dengan baik. Cash disbursement adalah salah satunya yang harus selalu tercatat benar. Melalui penjelasan manfaat dan cara pembuatan di atas, tentunya setidaknya para pelaku bisnis memiliki pandangan seperti apa cash disbursement dalam akuntansi perusahaan.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 19 Februari 2024