Memahami Pengertian Apa Itu Disbursement Dalam Perbankan

Dunia perbankan memiliki banyak istilah yang menarik. Namun sering kali ada istilah yang tidak diketahui oleh orang awam. Salah satunya masih cukup banyak yang tidak mengetahui apa itu disbursement dan seperti apa hal tersebut bekerja di dunia perbankan. Karena sebagian besar masyarakat berpikir bahwa disbursement adalah sesuatu hal yang sering kali terkait dengan pembiayaan dalam bidang usaha.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Rupanya bila ditinjau dari sisi perbankan ini adalah hal yang sedikit berbeda. Oleh sebab itu sebaiknya jangan sampai salah memahami pengertian istilah tersebut. Agar tidak keliru memahami istilah ini, simak artikel berikut yang akan memberikan pandangan lebih mendalam terkait dengan apa itu disbursement dalam dunia perbankan.

Pengertian Apa Itu Disbursement

Apa itu Disbursement

Jika berusaha dipahami secara umum, disbursement ini diartikan sebagai pembayaran. Namun bila diartikan dari sisi perbankan, maka maknanya akan sedikit berbeda. Meskipun pada akhirnya bisa jadi dilakukan untuk tujuan yang sama. Akan tetapi di dunia perbankan, yang dimaksud dengan apa itu disbursement tidak lain adalah proses pencairan dana yang dilakukan suatu pihak dari rekening miliknya di dalam bank tertentu. Entah itu pihak personal maupun pihak perusahaan, pencairan dana tersebut dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan dukungan persyaratan administrasi tertentu.

Disbursement Dalam Perbankan

Dalam dunia perbankan, disbursement artinya uang pemilik rekening akan didistribusikan ketika dibayarkan dari suatu dana. Setiap kali modal ditransfer dari suatu entitas ke entitas lain, baik itu anggaran operasional perusahaan, pinjaman peminjam, atau dividen pemegang saham, maka seluruh prosesnya akan disebut dengan distribusi. Pencairan dana dalam hal ini juga bisa mengacu pada dana yang dibayarkan melalui perantara, misalnya ketika pengacara membayar pihak ketiga atas nama kliennya.

Memastikan dan Memantau Arus Kas Dalam Proses Disbursement

Arus kas suatu perusahaan juga merupakan salah satu hal yang termasuk pengeluaran terkait disbursement. Pahami bahwa melacak pengeluaran rutin adalah hal yang penting. Salah satu indikator kebangkrutan yang akan datang pada perusahaan umumnya adalah arus kas negatif yang terjadi ketika pengeluaran melebihi pendapatan. Sehingga tidak ada salahnya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berbagai bentuk pembayaran termasuk terkait apa itu disbursement dalam perbankan.

Bagaimana Disbursement Dalam Perbankan Bekerja

Tentunya setelah memahami pengertian apa itu disbursement tadi, akan lebih menarik jika mengetahui sebenarnya bagaimana disbursement tersebut bekerja dalam dunia perbankan. Nah, pasti banyak yang belum mengetahuinya secara detail. Sehingga tertarik untuk mendapatkan informasi semacam ini. Tidak perlu khawatir, karena sebenarnya proses disbursement bekerja secara sederhana di dalam perbankan. Pada prinsipnya, berikut ini beberapa informasi mengenai langkah kerja disbursement secara nyata pada dunia perbankan.

Pemahaman Tentang Disbursement di Perbankan

Dalam konteks pembukuan, pencairan dana pada perbankan mengacu pada pembayaran yang diberikan oleh perusahaan dalam bentuk kas atau setara kas selama jangka waktu yang telah ditentukan, seperti seperempat atau satu tahun penuh. Seorang pemegang buku bertanggung jawab untuk mencatat setiap transaksi dan mempostingnya ke satu atau lebih buku besar, antara lain termasuk buku besar dan catatan pengeluaran kas.

Informasi Pada Saat Melakukan Disbursement atau Pencairan

Semua informasi berikut ini disertakan dalam entri pencairan: tanggal, nama penerima pembayaran, jumlah yang didebit atau dikreditkan, cara pembayaran, dan alasan pembayaran. Setelah itu, saldo kas perusahaan secara keseluruhan diperbarui sehingga memperhitungkan penerimaan pembayaran.

Jurnal dan buku besar yang digunakan untuk pengeluaran adalah catatan uang yang keluar dari perusahaan. Catatan ini mungkin berbeda dengan keuntungan atau kerugian sebenarnya yang dimiliki perusahaan. Misalnya saja, sebuah perusahaan yang menerapkan metode akuntansi akrual mencatat pengeluarannya pada saat pengeluaran tersebut terjadi, bukan pada saat pengeluaran tersebut dibayar, dan mencatat pendapatannya pada saat pengeluaran tersebut dilakukan, bukan pada saat pengeluaran tersebut dilakukan. telah diterima.

Penggunaan Jurnal dan Buku Besar Terkait

Buku besar digunakan oleh manajer untuk melacak dan mengetahui berapa banyak uang yang telah didistribusikan. Misalnya, dibandingkan dengan pengeluaran lainnya, manajemen mungkin mengamati jumlah uang yang digunakan untuk persediaan. Manajer juga dapat memeriksa cek yang hilang atau dilaporkan secara tidak akurat di buku besar, yang melacak jumlah cek yang dikeluarkan. Sehingga peranan dari buku besar pada proses disbursement suatu bank atau lembaga keuangan cukup penting.

Jenis-Jenis Disbursement Perbankan Secara Umum

Pada perbankan, ada dua jenis disbursement secara umum yang dapat dilakukan oleh masyarakat awam. Keduanya yaitu controlled disbursement dan delayed disbursement. Tentu saja keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Controlled Disbursement

Salah satu layanan yang diberikan bank kepada klien bisnisnya untuk mengelola arus kas mereka adalah disbursement terkendali atau controlled disbursement. Mereka dapat menggunakannya untuk memeriksa dan menjadwal ulang pembayaran lewat pencairan dana setiap hari. Dengan begitu, nasabah dapat memanfaatkan potensi untuk memperoleh bunga maksimal atas uangnya dengan menunda saat yang tepat saat dana tersebut dikurangkan dari rekeningnya.

Delayed Disbursement

Pencairan tertunda atau disebut juga delayed disbursement adalah dengan sengaja menunda proses pembayaran dengan cara membayar dengan cek yang ditarik pada bank yang terletak di daerah terpencil. Pada saat bank hanya dapat memproses pembayaran ketika cek kertas asli telah diterima, hal ini dapat menunda pendebetan ke rekening pembayar selama beberapa hari kerja. Sehingga dianggap jauh lebih aman dari resiko yang mungkin terjadi pada akun nasabah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Itulah sedikit informasi mengenai apa itu disbursement baik dari sisi pengertian di dunia perbankan hingga bagaimana hal tersebut bekerja sepenuhnya secara umum. Sehingga bagi yang akan menghadapi proses tersebut tentu dapat memahami bagaimana hal ini nantinya bekerja. Dengan memahami proses disbursement pada perbankan, tentunya tidak akan merasa kesulitan saat harus menjalankan hal ini sendiri selaku pebisnis atau pemilik rekening usaha.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 19 Februari 2024