pengertian, manfaat dan cara menggunakan kartu debit

Kartu debit. Di jaman modern sekarang sudah banyak orang yang tidak membawa uang cash ataupun membawa uang cash seperlunya nya di kantong atau di dompetnya, karena kebanyakan orang menyimpan sebagian besar uang mereka di bank karena bisa memudahkan mereka untuk transaksi online maupun offline dan keamanan uang tersebut sudah terjamin.

Jadi di era modern ini sudah tidak heran jika di dompet-dompet mereka, berisi kartu-kartu yang berbeda warna dan berbagai jenis, bukan lembaran uang ngumpul.

Kartu yang biasa digunakan di era ini adalah kartu debit. Karena kartu ini dapat memudahkan dalam mengurus pengelolaan uang dan memudahkan bertransaksi.
Lantas apa sih yang dimaksud dengan kartu debit?

Pengertian Kartu Debit

pengertian, manfaat dan cara menggunakan kartu debit

Kartu debit adalah alat atau kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh bank, dengan aman, cepat dan tanpa uang cash.

Kartu debit berbeda dengan kartu kredit, kartu debit mengurangi uang langsung dari rekening tabungan di bank, sehingga nasabah tidak meminjam pada bank, karena uang di dalam kartu debit tersebut adalah uang milik sendiri.

Nasabah bisa menggunakan uang yang di dalam kartu debit dan bisa mengaksesnya melalui ATM (mesin Anjungan Tunai Mandiri)

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Perbedaan Antara Kartu Debit dan Kartu Kredit

Di saat bertransaksi dengan kartu debit uang yang diambil adalah uang sendiri yang sudah ada di tabungan, bukan mengutang ke bank atau badan keuangan lainnya, karena kartu ini menggunakan uang yang langsung dari rekening untuk melakukan transaksi pembelian ataupun penarikan di ATM.

Sedangkan apabila bertransaksi dengan kartu kredit bukan uang sendiri yang di ambil, melainkan bertransaksi dengan uang bank atau berhutang kepada bank.

Cara Menggunakan Kartu Debit

Di saat bank memberikan kartu debit atau kartu ATM kepada nasabah, kemudian nasabah akan diminta untuk membuat berbagai kombinasi Personal Identification Number(PIN) sebanyak 6 digit angka.

Ketika mengatur PIN, pastikan PIN tidak mudah ditebak oleh orang lain demi keamanan dan kenyamanan.

Dan harus pastikan nomor PIN tersebut tidak mudah terlupakan, karena jika salah memasukan nomor PIN sebanyak 3 kali, maka dengan otomatis kartu debit akan terblokir.

Setelah proses pembuatan selesai, dari mengatur PIN dan persyaratan-persyaratannya, maka bisa langsung melakukan transaksi, maupun itu transaksi pembayaran ataupun menerima uang. Transaksi online dan offline, maupun transaksi cashless.

Yang pasti saldo tabungan akan berkurang sesuai jumlah transaksi saat melakukan pembayaran ataupun saat melakukan transfer.

Sebagai pemilik kartu debit apabila ingin berbelanja secara online, maka kartu debit ini bisa digunakan sebagai metode pembayaran.

Caranya harus mendaftarkan kartu debit ke Dompet digital maupun kea kun E-niaga. Apabila sudah terverifikasi, langkah selanjutnya harus mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada di Dompet digital maupun akun E-niaga tersebut.

Pastikan saldo yang ada di kartu debit mencukupi untuk melakukan transaksi pembayaran tersebut, pastikan selalu menyimpan bukti transfer atau bukti pembayaran tersebut, untuk mengetahui arus keuangan.

Cara Bertransaksi dengan Kartu Debit

Selain membutuhkan PIN kartu debit juga biasanya membutuhkan tangan, karena kartu debit bisa dijadikan alat pembayaran, maka dari itu membuat kartu debit membutuhkan otoritas.
Tujuan otoritas adalah sebagai bukti bahwa pemilik sah dari kartu debit tersebut.
Setelah mesin EDC memproses kartu debit dan akan diminta tangan maka artinya transaksi yang dilakukan telah setujui.

Jadi setelah kartu digesek dan memasukan pin, selanjutnya akan dimintai tanda tangan di struk pembayaran. Biasanya cara ini digunakan di toko-toko.
Dan ada pula yang hanya membutuhkan PIN saja. Sehingga hanya cukup memasukan PIN setiap kali transaksi.

Tentunya cara ini lebih praktis. penggunaan PIN jauh lebih aman karena hanya yang mengetahui nomor PIN. Sedangkan tanda tangan bisa saja dipalsukan.

Manfaat Utama dari Kartu Debit

1. Tabungan Bergerak

Kartu debit berfungsi seperti tabungan yang bisa dibawa kemanapun pemiliknya mau. Dan juga bisa menarik uang tabungan melalui ATM.

Dan untuk memudahkan ketika berbelanja, Pemilik juga bisa langsung menggesek kartu debit tersebut melalui mesin EDC yang ada di toko tempat mereka belanja, restoran atau merchant lainnya juga biasa nya menyediakan mesin EDC.

Namun perlu diingat, harus dilakukan pengecekan saldo di kartu debit mencukupi atau tidak, karena ketika bertransaksi pembayaran, akan secara otomatis saldo yang ada di rekening tabungan akan berkurang sesuai jumlah transaksi.

2. Tidak dikenai bunga atau denda

Tidak seperti kartu kredit yang akan dikenai bunga atau denda, ketika menggunakannya atau pun telat membayar. Kartu debit tidak akan dikenakan bunga dari pembelanjaan maupun sisa tagihan yang belum terbayarkan.

Karena ketika menggunakan kartu debit untuk transaksi, maka secara otomatis akan mengurangi saldo di rekening tabungan. Biaya admin kartu debit lebih kecil dibandingkan kartu kredit yang mencapai ratusan ribu rupiah.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

3. Lebih aman, dan Praktis

Menggunakan kartu debit pastinya akan lebih aman dibandingkan membawa uang cash, apalagi harus membawa uang cash dalam jumlah banyak.

Disaat harus membayar belanjaan dalam jumlah yang banyak, hanya harus memasukkan uang ke rekening dengan jumlah yang diinginkan, dan ke tempat belanja hanya membawa kartu debit saja.

Memang prosesnya agak ribet jika belum terbiasa, tapi dengan menaruh uang di kartu debit, nasabah atau pemilik kartu debit akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti perampokan atau penjambretan karena tidak terlihat mencolok membawa uang dengan jumlah banyak.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah Informasi mengenai kartu debit yang bisa kamu ketahui dari pengertian serta contoh penerapannya. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram