Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Mastercard

Perkembangan zaman sekarang ini banyak alat untuk memudahkan transaksi, salah satunya kehadiran kartu kredit. Kartu yang banyak digunakan oleh orang dengan bentuk hutang dan akan dibayarkan tagihan dalam waktu tertentu.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Keberadaan kartu tersebut sudah banyak beredar dan tidak sulit untuk menemukannya. Hampir semua bank yang ada di Indonesia mengeluarkan kartu dalam bentuk kredit.

Apa Itu Kartu Sistem Kredit?

Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Mastercard

Salah satu bentuk instrumen hutang yang telah dikeluarkan oleh pihak bank dan mempunyai nilai pinjaman untuk dikembalikan pada bank penerbit dalam jangka waktu tertentu. Kartu ini menjadi hal sangat berguna bagi mereka yang sudah mengetahui cara memainkannya, namun akan merugikan jika tidak mengetahui cara menggunakannya.

Kartu ini memudahkan transaksi yang dilakukan pihak pemegang kartu akan dibayar pihak bank. Sehingga bank lebih dulu membayarkan transaksi dan akan menjadi hutang yang harus dibayarkan pada akhir bulan.

Penggunaan Kartu

Keberadaan kartu kredit ini pastinya berbeda sekali dengan kartu debit yang dipegang pada umumnya. Di mana penerbitnya kartu akan meminjamkan nasabah uang terlebih dahulu, sehingga tidak mengambilnya dari uang rekening atau uang tabungan.

Kartu kebanyakan mempunyai bentuk dan ukuran yang sama pula dari setiap bank berbeda sekalipun. Seperti halnya yang telah dispesifikasikan oleh standar ISO 7810.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu

Kartu dalam bentuk kredit memiliki kekurangan dan kelebihan dalam kehidupan bagi penggunanya. Kelebihan dari kartu tersebut yakni memberikan berbagai macam fasilitas seperti halnya promo, cicilan, selalu melakukan pembayaran tagihan minimum dan bisa melakukan tarik tunai untuk keperluan mendesak.

Sementara itu kekurangan pada kartu ini bisa membuat penggunanya lebih boros dan bisa terkena bunga yang tinggi jika melakukan tarik tunai. Selain itu akibat dari pengguna membayar tagihan minimun membuat hutangnya makin tinggi tanpa disadari.

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Dari kedua kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank ini mempunyai perbedaan tersendiri. Berikut inilah perbedaan dari keduanya yang dapat kamu ketahui:

Perbedaan dalam penggunaan kartu untuk bertransaksi

Untuk kartu debit sendiri bisa terjaga dari risiko boros ataupun melakukan belanja yang melampaui batas uang tersebut. Sebab kebebasan untuk melakukan transaksi telah dibatasi dengan adanya jumlah uang yang tersedia pada kartu debit.

Sementara itu untuk kartu bentuk kredit memiliki potensi boros dan belanja diluar hal yang memang dibutuhkan. Seperti halnya limit kartu sekitar Rp 50.000.000, kamu bisa saja menghabiskan setengah dari batas nominal limit kredit tersebut.

Kenyamanan yang berbeda dari kedua kartu

Kartu debit memberikan kenyamanan seperti halnya kredit tanpa harus meminjam uang dan membayarkan fee setiap kali melakukan belanja. Pemilihan debit adalah hal yang sangat bagus dalam pengelolaan uang kamu serta membantu tetap hidup sesuai dengan kebutuhan.

Di lain sisi, kartu kredit menawarkan jaminan tambahan ketika berbelanja. Selain itu juga diberikan kemudahan untuk meminta uang bisa kembali, akan tetapi biasanya sebagian perusahan akan mengurangi keuntungan seperti ini.

Perbedaan Kartu Kredit VISA dan Mastercard

Kedua provider ini memang tampak serupa dan sudah dikenal banyak oang. Keduanya juga memberikan fasilitas yang sama untuk melakukan transaksi dengan mudah.

Sebelum kamu memilih penggunaan kartu, simak apa saja perbedaan dari kartu VISA dan Mastercard:

1. Perusahaan Provider

Perbedaan yang jelas dapat diketahui dengan mudah yakni perusahaan induk dari kedua provider. VISA merupakan produknya Visa International Service Association yang mana berlokasi di Foster City, California dan sudah ada sejak 1955.

Sementara itu Mastercard adalah produknya MasterCard Worldwide, sebuah korporasi yang berdiri tahun 1966 berlokasi di Purchase, New York. MasterCard itu saingannya dari VISA sebagai provider terbesar di dunia.

2. Popularitas dan Jangkauan

VISA dan MasterCard bisa berlaku di merchant yang telah bekerjasama dengan kedua provider tersebut. Namun keberadaan VISA lebih populer di kalangan masyarakat Asia, sementara itu MasterCard populernya di Amerika dan Eropa.

Jenis Kartu Bentuk Kredit

Kartu tersedia beberapa jenis baik itu VISA ataupun Mastercard. Perbedaan kartu kredit VISA dan MasterCard terletak pada keuntungan untuk nasabahnya.
Berikut terdapat beberapa jenis kartu VISA dan Mastercard

VISA

VISA hadir dengan membawa beberapa jenis kartu yang memiliki keuntungan berbeda dari setiapnya. Pastikan kartu juga disesuaikan dengan keuangan untuk setiap bulannya.

Jenis dari kartu VISA terdiri dari:

• VISA Signature
• VISA Infinite
• VISA Classic
• VISA Gold
• VISA Platinum

Kartu Kredit MarterCard

Tidak jauh berbeda dengan VISA, MasterCard juga hadir dengan berbagai pilihan jenis untuk kebutuhan pengguna. Inilah beberapa jenis dari kartu Mastercard:

• World MasterCard
• World Elite MasterCard
• MasterCard Classic
• MasterCard Gold
• MasterCard Platinum

Cara Memilih Penerbit Kartu

Sekarang ini kamu telah diberikan kemudahan untuk melakukan perbandingan penawaran dari kartu bak satu dengan yang lain. Terdapat beberapa hal yang dapat kamu perhatikan ketika memilih penerbit kartu bentuk kredit:

• Memastikan tingkat bunga yang harus kamu bayarkan setiap bulannya
• Berapa besaran biaya serta denda dari ketentuan aturan bank
• Perhitungan minimum pembayaran tagihan pada setiap bulannya
• Kelengkapan fitur yang dimiliki oleh kartu bentuk kredit seperti halnya fitur keamanan, fitur kenyamanan untuk melakukan transaksi dan fitur lain yang menguntungkan nasabahnya.

Cara Melakukan Pembayaran Kartu

Penting sekali tips untuk membayar tagihan dari kartu, kamu diharuskan untuk membayar tagihan sebesar mungkin pada setiap bulannya dengan tepat waktu. Pastikan kamu sudah menjaga pengeluaran sesuai dengan kemampuan pada keuangan dan bertransaksi sesuai limit kartu untuk kebutuhan kamu.

Jika kamu mempunyai lebih dari 1 kartu maka harus mempertimbangkan cara pembayaran:

• Membayar terlebih dahulu tagihan kartu yang mempunyai tingkat bunga lebih tinggi
• Lunasi tagihan terkecil dari kartu agar bisa meminimalisir pembayaran biaya dan bunga
• Usahakan untuk menggunakan satu kartu saja jika dibutuhkan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah beberapa penjabaran dan penjelasan tentang kartu kredit. Dari uraian di atas kamu dapat memahami perbedaan kartu VISA dan MasterCard.

Instagram