Perbedaan Marketing dan Branding untuk Mengenalkan Produk Perusahaan

Perbedaan marketing dan branding yang ada di dunia bisnis terbilang sangat signifikan karena keduanya tidak bisa dipisahkan guna melakukan kegiatan pemasaran produk ataupun jasa. Tanpa adanya kegiatan tersebut sebuah bisnis tentunya tidak akan bisa berkembang hingga dikenal oleh banyak orang.

Maka dari itu sebagai pelaku bisnis tentunya kamu harus wajib untuk mengetahui apa pembeda antara marketing dan branding supaya ke depan bisa menjalankan bisnis dengan lancar. Dengan kamu mengetahui antara marketing dan branding maka bisa mengambil langkah yang tepat dalam kegiatan promosi atau pengenalan produk dan jasa ke orang lain.

Perbedaan Marketing dan Branding untuk Mengenalkan Produk Perusahaan

Pengertian Perbedaan Marketing dan Branding dalam Bisnis

Pada dasarnya marketing dan branding merupakan dua hal yang berbeda namun keduanya ini saling membutuhkan dalam hal membangun citra yang bagus untuk produk yang dijual. Branding merupakan cara untuk pembangunan citra perusahaan sementara marketing adalah mengajak konsumen untuk menggunakan produk jualnya.

Mengingat belakangnya ini banyak pesaing yang ada di dunia bisnis tentunya bisa membuat para pelaku bisnis untuk berlomba dalam menyajikan keunggulan dari segi produknya. Dalam hal ini kamu akan dituntut untuk memikirkan berbagai macam cara supaya produk memiliki nilai dan lebih bermanfaat dibandingkan dengan nilai kompetitor.

1. Apa Itu Marketing

Dengan memahami perbedaan marketing dan branding tentunya pelaku bisnis bisa mengambil langkah yang tepat untuk kelangsungan perkembangan bisnis tersebut. Marketing merupakan kegiatan untuk pengenalan produk ataupun jasa ke khalayak lebih luas melalui berbagai macam strategi.

Strategi tersebut dibangun oleh pelaku bisnis guna menarik perhatian minat konsumen. Berikut ini beberapa jenis strategi yang biasanya digunakan oleh orang marketing ketika menjalankan sebuah bisnis:

• Close range marketing merupakan sebuah tindakan untuk mengajak khalayak lebih luas supaya melakukan langganan informasi produk terkait penawaran khusus dan biasanya terdapat pop up yang nantinya bisa muncul saat kamu belanja di website online

• Online marketing merupakan salah satu strategi yang dapat memanfaatkan dunia digital guna melakukan pemasaran produk yang dilakukan secara online. Hal ini tentunya bisa dilakukan dengan cara pembayaran AdSense, pembuatan konten yang berkualitas hingga tindakan yang mampu menarik perhatian konsumen

• Email marketing merupakan sebuah strategi dengan cara memanfaatkan email konsumen sebagai media untuk menjalankan pemasaran. Dalam hal ini perusahaan akan mengirimkan sebuah promosi atau penawaran produk yang dikirimkan melalui email

• Search engine marketing sebagai tindakan marketing guna meningkatkan visibilitas website yang ada di halaman pencarian Google dan membayarkan traffic

• Content marketing sebagai usaha yang dilakukan untuk membuat konten secara relevan dan memiliki nilai tinggi kemudian disajikan pada berbagai macam media yang dilakukan secara rutin

2. Apa Itu Branding

Dengan mengetahui perbedaan marketing dan branding tentunya akan memberi gambaran untuk langkah ke depan supaya bisa mengembangkan bisnis yang telah dikelolanya saat ini. Branding merupakan kegiatan perusahaan dalam proses pembangunan kepercayaan khalayak pada brand sehingga masyarakat bisa memiliki cara pandang yang bagus pada brand yang kamu jual.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Perusahaan yang tengah membangun branding akan berusaha untuk tetap menjaga konsumen supaya terus ingat dengan brand tersebut dan bahkan bisa melekat di benaknya. Branding sangat dibutuhkan pada perusahaan baru yang belum dikenal oleh masyarakat luas dengan menciptakan first impression, berikut langkah tepat yang bisa dilakukan untuk membuat branding supaya diingat oleh konsumen:

• Menggunakan nama brand yang lebih efektif dan mudah untuk diucapkan. Jika perbedaan marketing dan branding terletak pada cara atau tindakannya, branding bisa memberikan pengaruh terhadap perilaku masyarakat untuk mengingat nama brand dan menghindari penggunaan nama brand yang lebih dari 3 kata.

• Membuat logo sebagai identitas brand yang menunjukkan ciri khas dan pastikan tidak menggunakan warna ataupun bentuk yang sama dengan merk lain. Kamu harus bisa membuat karakteristik guna mengidentifikasikan bahwa produk tersebut adalah milik kamu.

• Memasangkan iklan melalui baliho ataupun Billboard sebagai bentuk branding yang sangat tepat. Meskipun harganya terbilang sangat mahal namun cara yang satu ini ini bisa membantu brand supaya lebih dikenal lebih luas dan dapat menggunakan media digital sebagai media periklanannya

• Membuat tagline pada brand merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan pemilihan kata yang membuat orang bisa mengetahui bahwasanya brand tersebut adalah milik kamu.

• Rutin untuk mengikuti berbagai macam event ataupun bazar yang dikunjungi oleh banyak orang dan pastikan kamu tidak melupakan untuk memilih lokasi strategis supaya pengunjung bisa melihat brand dengan jelas.

Perbedaan Marketing Dan Branding

Marketing dan branding sebenarnya saling melengkapi antara satu dan lainnya sehingga keduanya ini saling berhubungan. Marketing dan branding memiliki peranan yang sangat penting dan dibutuhkan untuk menjalankan sebuah bisnis akan tetapi keduanya memiliki perbedaan.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Perbedaan dari marketing dan branding tidak hanya dari deskripsi ataupun tujuannya saja. Berikut ini beberapa perbedaan yang cukup terlihat antara kegiatan marketing dan branding pada proses pengembangan bisnis:

• Branding merupakan salah satu strategi yang sangat menarik sementara itu marketing merupakan strategi pendorongnya

• Branding memiliki sifat untuk jangka panjang dan marketing sifatnya jangka pendek

• Mengenali diri kamu dengan branding dan memperkenalkan diri kamu melalui marketing

• Membangun sebuah loyalitas dengan menggunakan branding dan kamu akan mendapatkan respon melalui kegiatan marketing

• Branding memiliki sifat yang strategis sementara itu marketing sifatnya dalam hal taktik

• Menciptakan sebuah nilai melalui branding namun hasilnya dari nilai tersebut dari marketing

• Branding bisa mempengaruhi emosi sementara itu marketing akan mempengaruhi alasan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait perbedaan marketing dan branding yang bisa kamu ketahui ketika menjalankan bisnis dan ingin melakukan pengembangan. Marketing dan branding merupakan dua hal yang sangat penting untuk mengenalkan bisnis pada masyarakat yang lebih luas.