Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi

Bagaimana cara mengelola gaji 10 juta untuk menabung? Seringkali setelah mendapatkan gaji bulanan nyatanya hanya lewat saja untuk memenuhi banyak kebutuhan. Tidak jarang para pekerja ini kurang mahir dalam mengelola gaji bulanan meskipun mempunyai angka yang begitu tinggi.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Jika begini dilakukan secara terus-menerus maka kamu akan kesulitan menabung dan bahkan untuk masa depan pun tidak mempunyai tabungan yang dapat diandalkan. Maka penting bagi kamu menerapkan cara menabung yang tepat dan mengatur pendapatan bulanan.

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Menabung dengan Mudah

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi

Menabung tidak hanya untuk memperkaya diri namun bisa memenuhi kebutuhan di masa depan. Selain itu menabung juga bisa digunakan sebagai dana darurat untuk hal-hal yang terjadi di luar dugaan kamu.

Inilah beberapa cara yang dapat kamu gunakan agar bisa menyisihkan gaji 10 juta untuk ditabung:

1. Menyisihkan tabungan minimal 30 persen dari total pendapatan gaji

Jika kamu belum mempunyai tabungan sekarang ini maka mulailah untuk mengisinya. Jumlah yang disarankan untuk mengisi tabungan yakni sebesar 10 hingga 20 persen dari total gaji yang didapatkan.

Namun mengelola gaji 10 juta akan lebih baik menyisihkan 30 persen agar tabungan terkumpul lebih banyak. Dengan begitu kamu bisa menabungnya dan dijadian sebagai dana darurat serta keperluan di masa mendatang.

2. Membuat laporan keuangan setiap hari

Cara efektif untuk membuat anggaran dana yang lainnya yakni dengan membuat laporan keuangan harian. Hal ini bisa berguna untuk kamu mengetahui kemana saja pengeluaran kamu setiap hari dan jika mencapai batasan maka bisa dikurangi.

Hal ini juga bisa membantu kamu untuk melakukan analisis pada barang yang memang sebenarnya tidak berguna dan tidak perlu kamu beli. Maka dengan begitu kamu bisa menguranginya dan lebih detail dalam mengeluarkan dana.

3. Membuat anggaran dana bulanan

Cara mengelola gaji sejumlah 10 juta ini bisa dengan membuat anggaran bulanan. Membuat daftar pengeluaran untuk setiap bulannya dapat dibagi menjadi dua hal yakni kebutuhan primer seperti halnya makan, tagihan listrik, tagihan air, cicilan rumah, biaya bekerja dan lain sebagainya.

Sementara itu kebutuhan tersier yakni anggaran untuk belanja, travelling atau sekadar hangout bersama teman. Dari anggaran bulanan yang kamu buat ini bisa diperkirakan banyaknya kebutuhan setiap bulan dan bisa disesuaikan dengan pendapatan tiap bulan.

4. Membayarkan tagihan tepat waktu

Setelah kamu gajian maka buatlah anggaran mengelola gaji untuk biaya tagihan kebutuhan tetap setiap bulan antara lain cicilan, tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon maupun kebutuhan lain. Hal ini menjadi sangat penting agar tidak merasa menggangu keuangan bulanan kamu.

Dengan kamu memisahkan anggaran untuk biaya tagihan dan membayarkannya tepat waktu maka menjadikan hidup lebih tenang. Jika kamu tidak membayarkan tepat waktu maka pasti akan mendapatkan denda dan justru menggangu keuangan untuk kebutuhan yang lain.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

5. Mempunyai dua rekening dengan bank yang berbeda

Penting bagi kamu untuk membuka 2 rekening dengan bank yang berbeda. Gunakanlah rekening pertama untuk melakukan berbagai macam transaksi dan untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Sementara itu untuk rekening yang kedua dapat digunakan secara khusus menabung dari pendapatan gaji setiap bulan sebanyak 30 persen. Lakukan hal seperti ini sebagai kewajiban yang harus kamu penuhi setiap bulan dan rasakan manfaatnya untuk masa depan.

6. Mengelola gaji untuk kegiatan investasi

Selain menabung, cara lain mengatur gaji agar tidak cepat habis untuk hal yang tidak penting yakni dengan kegiatan investasi. Sekarang ini investasi sudah sangat mudah dilakukan seperti halnya mengikuti asuransi, reksadana ataupun dengan membeli emas, logam mulia yang mempunyai nilai jual tinggi.

Tentunya memang berbeda dengan menabung yang dapat diambil setiap saat namun kondisi uang tidak dapat bertambah banyak. Investasi memang tidak dapat diambil kapan saja sebab hal ini berlaku untuk pengambilan jangka panjang dan membuat dananya makin bertambah.

7. Menyisihkan gaji untuk dana pensiun

Selain investasi dan menabung juga jadikan sebagai dana darurat yang dapat digunakan ketika sedang butuh di masa mendatang. Gaji juga dapat disisihkan sebagai dana pensiun yang nantinya dapat kamu manfaatkan secara maksimal.

Dana pensiun ini sangat penting untuk dipersiapkan sejak sekarang dan bisa membantu dalam membangun kehidupan tua yang terjamin. Jika kamu menyisihkan dana pensiun maka bisa mengikuti program asuransi masa tua yang banyak menawarkan benefit bermanfaat.

8. Bijak dalam memanfaatkan gaji

Mengelola gaji yang tepat dengan memanfaatkan pada kebutuhan penting dan mematuhi aturan anggaran. Menggunakan yang secara bijak merupakan salah satu cara kamu untuk menghargai usaha serta kerja keras selama ini.

Sehingga uang tidak habis hanya untuk kebutuhan yang tidak penting. Sebab banyak orang yang gajinya besar justru terlena dan berfoya-foya tanpa memikirkan nanti ke depannya bagaimana.

9. Membuat anggaran untuk membayar hutang

Jika kamu selama ini mempunyai hutang yang belum selesai maka pentingkanlah untuk membayar hutan. Dengan begitu kamu harus mengurungkan niat untuk melakukan pembelian barang yang tidak begitu penting saat ini.

Hutang tidak hanya dalam bentuk uang saja namun juga bisa angsuran kredit rumah setiap bulan. Sehingga pastikan jika berhutang sesuai dengan kemampuan finansial kamu agar tidak keteteran saat membayarnya.

10. Membuat anggaran dana untuk usaha

Mempunyai gaji 10 juta memang terlihat begitu banyak dan lebih dari UMK di setiap daerah di Indonesia. Maka dari itu penting bagi kamu membuat anggaran untuk membuka dan menjalankan sebuah usaha.

Usaha yang dimulai dari kecil ini bisa membawa manfaat yang cukup banyak. Selain untuk mengalokasikan dana gaji agar tidak habis juga bisa menguntungkan dan menjadi penghasilan tambahan yang menjanjikan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Itulah tadi beberapa daftar dari cara penggunaan pendapatan dan mengelola gaji dengan tepat. Melakukan pengelolaan dana bisa membuat gaji kamu tidak mudah habis.

Instagram