mengatur keuangan

Gajian merupakan saat yang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh setiap orang, tanpa terkecuali dengan Anda. Tentunya Anda pun akan sangat merasa bahagia ketika hari gajian tiba. Semua hasil kerja keras selama sebulan pun akan terbayarkan dalam bentuk nominal di rekening bank Anda.

Akan tetapi, Anda tetap tidak boleh berpuas diri secara berlebihan dengan menghabiskan semua uang gaji tersebut. Ingatlah bahwa masih ada 30 hari kedepan sebelum hari gajian tiba lagi. Tentunya Anda harus bisa mengelola keuangan gaji Anda dengan baik agar tidak cepat habis.

Terlebih lagi jika selama ini Anda selalu tergiur untuk membeli barang mahal yang sudah lama menjadi incaran. Percayalah, bahwa keinginan tersebut hanya bersifat semu semata. Pasalnya, ada banyak kebutuhan hidup lain yang perlu Anda rencanakan untuk masa depan nanti.

Nah, agar gaji Anda tidak cepat habis dan bisa bertahan hingga satu bulan kedepan, bahkan Anda pun bisa menabung dan berinvestasi untuk masa depan, maka silahkan Anda simak saja tips mengatur keuangan gaji berikut ini.

Buatlah Prioritas

Ketika Anda menerima gaji, maka prioritaskan hal-hal yang wajib Anda penuhi terlebih dahulu. Anda bisa membuat prioritas pengeluaran selama satu bulan kedepan. Mulai dari mencatat prioritas tagihan sehari-hari, membayar cicilan, dan mencaatat kebutuhan gaya hidup Anda.

Semua hal tersebut memang harus dicatat dengan baik agar Anda bisa dengan mudah mengelola keuangan gaji selama satu bulan kedepan.

Atur Pengeluaran

Pengeluaran memang seringnya akan menjadi hal yang tidak terelakkan dalam sebuah manajemen finansial Anda. Perhatikan dengan baik setiap pengeluaran yang selama ini telah Anda lakukan.

Cermati juga, apakah pengeluaran tersebut termasuk sehat atau tidak. Tanda jika keuangan Anda sehat adalah dimana pengeluaran yang terjadi tidak lebih besar dari pendapatan Anda.

Mengatur keuangan gaji memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, semua itu akan bergantung pada Anda sendiri. Memang ada banyak sekali godaan setelah gaji Anda terima, terlebih di era digital seperti saat ini yang apapun itu bisa dilakukan secara online, termasuk belanja online.

Bahkan, tidak sedikit e-commerce yang memberikan segudang promosi menarik, mulai dari gratis ongkir, fitur paylater, flash sale, hingga cicilan 0%.

Mengatur pengeluaran dengan baik bukan berarti Anda tidak bisa menikmati hidup dengan gaji hasil kerja keras Anda selama ini. Namun, Anda tetap perlu menyesuaikannya dengan kemampuan Anda.

Buat Laporan Keuangan Sederhana

Belajarlah untuk mulai membuat laporan keuangan bulanan sederhana. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran, termasuk dengan pengeluaran makanan, transportasi, hingga belanja online.

Cara ini memang terdengar sepele, namun jika Anda bisa membiasakan diri untuk mencatat laporan keuangan sedetail mungkin, maka akan membuat Anda bisa lebih menghargai setiap uang yang sudah Anda keluarkan.

Bahkan, untuk bisa memudahkan Anda dalam mengatur keuangan gaji ini, maka Anda bisa menyimpan struk belanja dengan rapi sebagai riwayat pembelanjaan. Buatlah manajemen keuangan yang tidak memberatkan Anda.

Miliki Tabungan

Menabung memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk keuangan masa depan Anda. Untuk tabungan ini, minimal Anda perlu menyisihkan 10 persen dari total gaji setiap bulannya. Pastikan juga bahwa Anda menggunakan rekening tabungan dengan baik.

Mulailah Investasi

Pada zaman yang serba digital seperti saat ini, Anda tentu perlu untuk meningkatkan penghasilan dengan cara berinvestasi. Hal ini sudah terbukti, bahwa memang investasi bisa meningkatkan kesejahteraan finansial dimana mendatang. Untuk investasi ini, Anda bisa rutin menyisihkan minimal 5 sampai 10 persen dari total gaji Anda.

Mulailah menentukan target pada usia berapa Anda akan bebas finansial, lalu Anda bisa mempelajari produk investasi yang tengah ditawarkan di pasaran. Namun, sebelum Anda mulai berinvestasi, makka pahami terlebih dahulu keuntungan dan risiko investasi.

Miliki Dana Darurat

Dana darurat ini tentunya akan sangat berguna untuk Anda dalam memfasilitasi jika terjadi hal-hal yang tidak terduga sebelumnya. Salah satu contoh adalah ketika ada anggota keluarga yang sedang sakit, maka Anda bisa memberikan dana darurat tersebut untuk pengobatan.

Setiap hari gajian tiba, maka jangann lupa untuk menyisihlan uang alokasi dana candangan atau dana darurat secara rutin. Secara idealnya, dana darurat yang perlu Anda miliki adalah sekitar 3 sampai 6 bulan dari pengeluaran rutin yang dilakukan, khususnya bagi yang belum menikah. Untuk Anda yang sudah berkeluarga, maka dana darurat yang perlu dimiliki adalah sekitar sampai 12 bulan pengeluaran.

Miliki Asuransi

Dengan adanya asuransi, maka Anda bisa memproteksi keadaan finansial Anda ketika nantinya terjadi hal-hal yang tidak terduga. Ada beragam jenis asuransi yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan bermotor, asuransi perjalanan, hingg asuransi untuk rumah Anda.
Demikianlah beberapa cara dalam mengatur keuangan bisnis perusahaan yang perlu Anda ketahui dan terapkan. Semoga dengan cara ini Anda bisa lebih menghargai setiap pengeluaran yang sudah Anda lakukan selama ini agar bisa mengatur keuangan dengan baik.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram