mengatur keuangan ala orang jepang

Jika Anda berbicara mengenai bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik, maka jawabannya adalah dimana Anda bisa menggunakan konsep keuangan ala Jepang bernama Kakeibo. Kakeibo sendiri merupakan sebuah seni untuk mengatur keuangan ala masyarakat Jepang.

Sebagai salah satu negara berteknologi tinggi, masyarakat Jepang seharusnya memiliki gaya hidup yang tinggi. Namun pada kenyataannya, hal tersebut tidak pernah terjadi karena masyarakatnya lebih senang hidup sederhana. Bahkan hal ini sudah menjadi kebiasaan sjak lama.

Konsep hidup sederhana ala Jepang ini tentunya tidak datang begitu saja. Salah satu faktor pencetusnya adalah dimana peberapan kakeibo ini dilakukan oleh setiap ibu rumah tangga yang ada di Jepang, dengan tujuan agar bisa mengatur keuangannya.

Lantas, bagaimana sih cara yang tepat dalamn mengatur keuangan ala Jepang ini? Yuk, silahkan Anda simak saja penjelasannya berikut ini.

Fokus Terhadap Pengeluaran

Cara menerapkan kakeibo yang pertama adalah dengan fokus terhadap pengeluaran, bukan terhadap uang yang akan Anda simpan. Pasalnya, filosofi kakeibo sendiri mengatakan bahwa proses menabung akan berlangsung dengan baik apabila Anda bisa membelanjakan uang dengan baik juga.

Mengingat bahwa Anda sudah bekerja keras untuk bisa menghasilkan uang, maka Anda juga harus menikmatinya agar hidup terasa lebih indah. Nah, Anda bisa menggunakan hal tersebut sebagai sebuah prinsip dalam menabung agar lebih semangat.

Catat Seluruh Pemasukan

Selain fokus pada pengeluaran, Anda juga harus mencatat semua pemasukan, baik yang berasal dari pekerjaan utama atau dari pekerjaan sampingan Anda. Pada intinya, semua jenis penghasilan yang Anda miliki tersebut haruslah tercatat semua di buku khusus pengeluaran.

Cara ini sangat penting dalam menerapkan konsep kakeibo, karena Anda bisa mengetahui dengan pasti nominal pendapatan yang bisa Anda dapatkan setiap bulannya.

Catat Semua Kebutuhan Pokok

Mencatat seluruh pemasukan memang penting untuk dilakukan. Namun, mencatat berbagai jenis kebutuhan yang sesuai dengan kategori juga tidak kalah pentingnya.

Dengan metode kakeibo ini sendiri, maka jenis pengeluaran akan dibagi menjadi 4 kategori, diantara adalah survival yang sifatnya adalah pokok, optional yang bersifat sekunder, culture yang sifatnya menambah wawasan, dan extra yang merupakan pengeluaran tidak terduga.

Keempat kategori tersebut tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengelompokkan pengeluaran. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih mudah mellihat berapa uang yang tersisa.

Pilah Antara Kebutuhan dan Keinginan

Cara menerapkan konsep kakeibo selanjutnya adalah dengan memilah antara kebutuhan dan keinginan Anda atas uang yanng tersisa tersebut. Dengan Anda melakukan hal tersebut, maka Anda akan lebih memahami apa yang sebenarnya Anda butuhkan.

Kelompokkan Setiap Kategori Pengeluaran

Setelah semua pengeluaran sudah tercatat dengan baik, maka hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memasukkan uang tersebut ke dalam sebuah amplop yang bisa Anda sesuaikan dengan kategorinya.

Pembuatan konsep ini tentunya akan lebih mempermudah Anda dalam mengambil uang yang sesuai dengan jenis kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengawasi berapa banyak uang yan sudah Anda keluarkan dari masing-masing kategori tersebut.

Minimalisir Penggunaan Kartu Kredit

Mengurangi penggunaan kartu kredit nyatanya bisa menjadi salah satu cara jitu dalam menerapkan konsep kakeibo. Jika Anda berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, makaa peluang untuk Anda berbelanja hal lain yang kurang penting sangatlah besar.

Maka dari itu, Anda tidak dianjurkan untuk berbelanja dengan menggunakan kartiu kredit. Sebaiknya, Anda tarik tunai saja uang di awal bulan, lalu lakukan beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya hingga akhirnya uang dikelompokkan menjadi 4 bagian kategori tersebut.

Jika memang nantinya Anda membutuhkan uang tersebut untuk membeli beberapa hal, maka Anda bisa mengambilnya sesuaid dengan kategori yang sudah ada. Dengan begitu, maka peluang Anda membeli barang yang kurang penting bisa diminalisir.

Lakukan Evaluasi

Cara penerapan kakeibo yang terakhir adalah dengan cara melakukan evaluasi di setiap akhir bulan. Dimana Anda harus berkutat lagi dengan jurnal penganggaran Anda, dengan tujuan ntuk bisa melihat pengeluaran selama satu bulan terakhir.

Dari jurnal ini, Anda pun bisa menilai apakah pengeluaran Anda pada bulan ini sudah rapi atau masih harus diperbaiki lagi kedepannya.

Jika memang sudah rapi, maka mungkin saja sisa dari uang yang Anda miliki saat ini tidaklah terlalu besaar. Namun, jika Anda melakukannya dengan konsisten, maka nantiya Anda tidak akan menyangka, bahkan jika nominalna sudah lumayan besar dari perkiraan sebelumna.

Dan inilah beberapa cara dalam mengatur keuangan ala Jepang yang bisa Anda coba dirumah untuk mengatur laju perkembangan gaji Anda. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk Anda, terlebih bagi Anda yang masih pemula dalam mempelajari konsep kakeibo.

Nantinya, jika Anda sudah pahamdan mahir dalam mengaplikasikan konsep mengatur keuangan bernama kakeibo ini pada keuangan Anda, maka Anda pun akan merasakan semua kemudahan dan manfaatnya untuk Anda dimasa saat ini dan masa depan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri